9

Tabel Periodik Unsur Mini (+3)

Bu Etna @gurutematik October 1, 2013

Rekan Guraru, berikut adalah tabel periodik unsur dalam ukuran mini yang diperlukan oleh siswa. Tabel ini merupakan salah satu kunci kimia yang penting. Bukan untuk dihafalkan, namun untuk dapat dinalar setiap saat. Dengan tabel ini siswa dapat membawanya kemana-mana dan dapat dimasukkan di dompet atau langsung di tas. Tabel ini amat praktis dan juga menyenangkan karena berwarna. Siswa dapat mengcopy dan mengubah ukurannya, dalam satu halaman folio bisa dipaste beberapa tabel dan diprint di karton.

Ketika siswa memiliki waktu luang, dimana saja dan kapan saja dapat melihat tabel ini. Insya Allah hari demi hari, dengan membiasakan diri melihat tabel ini, siswa akan dapat menalar keteraturan sifat unsur-unsur penting dengan baik dan benar.

Insya Allah tabel unsur mini ini sedang belajar dengan kurikulum 2013, mereka sangat memerlukannya. Saya pagi hari ini berupaya segera memposting ini karena keluhan pembelajaran dan permintaan mereka untuk mencarikan alternatif solusinya.

 

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (9)

  1. Terimakasih bunda Etna Rufiati atas sharingnya. Bagus sekali bu. Tabel periodik unsur ini akan membantu siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada proses inti ada kegiatan mengamati (pendepatan scientific) maka tabel periodik unsur ini digunakan selain menggunakan video pembelajaran kimia yang lainnya.

    Salam perjuangan,

  2. Sebenarnya tidak perlu dihafal, yang banyak diujikan adalah penalaran. Karena terdapat keteraturan sifat, maka penalarannya tidak tergolong sulit. Jika dibawa terus dan sering berlatih, maka akan hafal. Namun anehnya di Indonesia ini ada beberapa soal yang datanya sengaja tidak diketahui, sehingga anak harus menghafal. Itulah sebabnya maka banyak guru meminta siswanya menghafal sejak kelas X. Runyamnya, kurikulum 2013 ini materi siswa kelas X yang menyangkut tabel periodik unsur tersebut yang dulunya dibagi 2, kelas X dan XI, sekarang tuntas di kelas X, lha kok bertubi-tubi banyak siswa menangis takut nilainya jelek karena harus menghafal tabel tersebut. Hehehe saya sekarang juga ikut kuwalahan melatih nalar dan metoda ilmiah anak-anak yang les. Insya Allah pendidikan kimia di Indonesia segera menyadari hal itu. Terima kasih responnya pak Arif.

  3. Iya pak Sukani, hafal tanpa mengerti sungguh sayang dan kasihan anak didik kita itu. Ketika siswa dapat menalar, dia menjadi paham. Nah Insya Allah konsep itu berada di memori jangka panjang, sehingga mudah diambil atau diingat kembali. Jadi siswa ingat karena paham.
    Terima kasih responnya pak Urip. Namun sayang ya, guru dan siswa yang memiliki gadget banyak yang kurang dimanfaatkan untuk pembelajaran. Insya Allah ke depan makin banyak bangsa kita yang menyadari dan memanfaatkannya. Bagaimanapun motivasi eksternal diperlukan, untuk memberikan suatu anjuran melalui contoh.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar