1

Super Cub – Edukasi Otomotif Lewat Media Film Animasi (0)

AfanZulkarnain May 6, 2021

Penulis : Moch Afan Zulkarnain

Adakah Bapak Ibu yang tergabung dalam komunitas Guraru ini merupakan pecinta anime?

Menurut wikipedia, Anime adalah film animasi dari Jepang  yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Kata anime merupakan singkatan dari “animation” dalam bahasa Inggris, yang merujuk pada semua jenis animasi. Di luar Jepang, istilah anime ini digunakan secara spesifik untuk menyebutkan segala animasi yang diproduksi di Jepang. Anime sendiri terlah menjadi budaya pop negeri matahari terbit.

Anime bukan hanya untuk anak-anak. Bahkan banyak anime yang diperuntukkan untuk orang dewasa, maupun lintas usia. Nah, dalam artikel ini saya akan mencoba merekomendasikan salah satu judul anime yang belakangan sering saya tonton. Anime ini cocok untuk anda para pecinta otomotif.

Super Cub

Kebanyakan anime yang diadaptasi dari komik ataupun video game, Super Cub berbeda. Serial animasi yang tayang di Jepang sejak 7 April 2021 ini, terinspirasi dari sebuah novel ringan yang ditulis oleh Tone Koken dan Hiro. Toshirou Fujii didapuk sebagai sutradara serial yang bekerja sama dengan salah satu merk kendaraan bermotor ini. Sekedar tahu, Toshirou Fujii adalah sutradara anime berdarah dingan yang telah menggarap Boruto : Naruto Next Generation.

Anime Super Cub mengisahkah seorang gadis SMA bernama Koguma. Gadis berambut pendek ini tinggal di sebuah kota bernama Yamanashi seorang diri. Setiap hari ia selalu pergi ke sekolahnya dengan bersepeda. Namun ia kerap kelelahan karena jarak rumahnya dan sekolah sangatlah jauh. Akhirnya, ia memutuskan membeli motor Honda C70 bekas. Dengan motor itulah, Koguma dapat pergi ke sekolah. Semenjak memiliki motor tersebut, hidupnya menjadi lebih berwarna. Ia yang awalnya sangat penyendiri kemudian menemukan teman-teman baru yang memiliki hobi yang sama, yakni mengendarai motor tipe super cub.

Mengapa anime ini begitu menarik untuk saya?

Pertama, cerita yang disuguhkan di setiap episodenya sangat ringan. Alurnya tidak terlalu rumit. Tidak memaksa otak kita untuk berpikir. Namun uniknya, meski ringan tapi ceritanya tak mudah ketebak. Super Cub termasuk anime genre Slice of Life . Genre anime yang ceritanya sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Konflik yang terjadi pun sangat relate dengan permasalahan kita selama ini.

Kedua, penggunaan warna pada animasinya sangat memperkuat cerita. Contohnya pada episode pertama, penonton diajak untuk memahami kehidupan Koguma yang sangat monoton. Warna yang digunakan cenderung kelabu. Suram. Namun semua berubah setelah ia “berkenalan” dengan motornya. Tak lagi kelabu, namun amat berwarna.

Ketiga, anime Super Cub ini menyuguhkan pengetahuan-pengetahuan tentang otomotif. Penonton akan mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara merawat kendaraan bermotor seperti kapan harus mengganti oli mesin, atau bagaimana cara mengganti oli tanpa harus ke bengkel dan masih banyak pengetahuan otomotif lainnya. Permasalahan motor yang kerap kita hadapi dalam kehidupan nyata pun ditampilkan dalam anime ini. Penonton akan diedukasi, tanpa kesan menggurui, untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Secara bekerja sama dengan salah satu merk kendaraan bermotor ternama, informasi dalam anime tersebut dijamin akan sangat berguna. Metode edukasi yang menarik dengan mencampur adukkan lewat cerita dalam film animasi.

Amanat dalam Super Cub

Anime ini secara tersirat memberikan pesan kepada penontonnya untuk mencintai apa yang dimiliki. Mencintai dengan cara merawatnya dengan sepenuh hati dan menjadikannya sebagai bagian dari hidup kita. Seperti halnya yang dilakukan Koguma terhadap motornya.

Super Cub juga mengajarkan kepada penontonnya untuk mandiri. Untuk menyelesaikan setiap permasalahan, tak melulu harus bergantung pada orang lain. Kita harus belajar menyelesaikannya dengan kemampuan kita sendiri.

————————————————————————————————

Bagaimana? Tertarik untuk menonton anime keren ini? Semoga artikel ini bermanfaat.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar