0

Sujud Syukur (0)

Ayuma Sofyati March 9, 2021

Dalam hidup ini pasti kita pernah mendapatkan dan merasakan beragam kenikmatan. Karunia Allah senantiasa dilimpahkan kepada setiap hambanya dengan tidak pilih kasih. Dengan sifat Rahman dan rahimNya,dengan keluasan nikmatNya yang tak terhingga dan tak akan terhitung jika kita mau menghitungnya .

Oleh karena itu maka sepatutnya lah kita  bersyukur atas segala nikmat yang telah di berikan kepada kita besar maupun kecil. Bersyukur atas semuanya, atas segala anugerahNya yang telah di limpahkan kepada kita.

Allah SWT sudah berjanji jika kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmatnya, sebaliknya jika kita kufur maka azab Allah sangatlah pedih .

Allah SWT menerangkan tentang hal ini dalam QS. Ibrahim : 7

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Wa iż ta`ażżana rabbukum la`in syakartum la`azīdannakum wa la`ing kafartum inna ‘ażābī lasyadīd

Terjemah :

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Q.S Ibrahim : 7)

Banyak cara yang bisa kita ungkapan  sebagai rasa suka kita dan rasa syukur kita, salah satunya dengan melakukan sujud syukur Sebagai  bentuk kesyukuran hamba kepada penciptanya, makhluk kepada khaliq-nya . 

Apa itu sujud syukur ?

Sujud syukur merupakan sujud satu kali yang di lakukan oleh seseorang sebagai ungkapan rasa terimakasih kepada Allah SWT Setelah memperoleh dan mendapatkan nikmat atau sesuatu yang menggembirakan bagi dirinya, yang menyenangkannya

Hukum  sujud syukur

Hukum Melakukan sujud syukur adalah Sunnah artinya Jika dilakukan akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan atau tidak dilakukan maka tidaklah berdosa.

Meski demikian alangkah baiknya jika sujud syukur ini kita lakukan kendati hukumnya sunah, karena disamping dapat pahala juga sebagai wujud dari rasa syukur kita kepada Allah SWT karena kita sudah mendapatkan kebahagiaan sebagai karunia yang telah Allah berikan untuk kita.

Dalam sebuah hadits yang di riwayatkan Ahmad menerangkan tentang hal ini

Dari Abdurrahman bin Auf R.A ia berkata: Nabi Muhammad SAW pernah bersujud dan memanjangkan sujudnya itu. Kemudian, beliau mengangkat kepalanya lalu bersabda, ” Sesungguhnya Jibril datang kepadaku dan memberi kabar gembira kepadaku. Maka aku sujud karena berterima kasih kepada Allah”. ( HR.Ahmad )

Sebab- sebab sujud syukur

  1. Lulus ujian
  2. Mendapatkan kesembuhan dari sakit yang cukup lama
  3. Memperoleh keberhasilan dalam usaha
  4. Mendapatkan keberuntungan besar
  5. Terhindar dari mata bahaya dan petaka
  6. Dan lain sebagainya.

Demikian Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga kita senantiasa menjadi hamba Allah yang selalu pandai bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang di limpahkan kepada kita dan semoga kita senantiasa di jauhkan dari sifat kufur nikmat . Aamin Ya Robbal Aalamiin.

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar