1

Sudahkah Kita Menjadi Guru Era Baru? (0)

Wahid Priyono, S.Pd. December 1, 2020

Menjadi guru era baru memang banyak sekali tantangannya ya? apalagi saat Covid-19 sedang melanda di Indonesia, tentu saja semua pembelajaran dilakukan secara daring. Siswa banyak yang diliburkan, bahkan guru juga work from home (WFH) untuk mengajar di rumah.

Pandangan saya tentang guru era baru, adalah guru yang harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Guru tidak boleh stagnan atau diam tanpa inovasi. Karena inovasi ini penting di era digitalisasi, yang semuanya serba digital.

Guru era baru harus memandang sesuatu hal itu luas, jadi dengan begitu, ada banyak hal yang harus diupgrade setiap detik sepanjang hidup. Karena ilmu itu harus dicari kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun kita bisa belajar agar pintar.

Saya sedang belajar simulasi tentang fisika listrik di ruang laboratorium fisika SMA Yadika Natar Lampung Selatan.

Dan yang saya ketahui saat ini adalah memang semua guru belum semuanya melek terhadap perkembangan IT, maka mulailah dari sekarang untuk terus berinovasi dan belajar untuk paham IT. Karena tidak akan ruginya jika semua guru belajar IT. Sebab di era baru saat ini peranan IT sangat dibutuhkan di dunia pendidikan yang serba digital.

IT saat ini berperan penting dalam pembelajaran. Tanpa IT maka pembelajaran daring maupun pembelajaran di kelas akan terasa hambar seperti halnya nasi yang tanpa diberi sayur, lauk maka akan kurang lengkap. Istilahnya IT adalah bumbu yang harus ditambahkan pada makanan agar saat disajikan menjadi lebih nikmat.

Mengajar peserta didik (siswa) di era baru saat ini butuh effort yang kuat dan harus mampu beradaptasi dengan kondisi mereka.

Serunya belajar sepanjang hayat

Jangan sampailah guru kalah IT dengan siswa, setidaknya guru-guru juga sedikit-sedikit bahkan jika bisa harus lebih gaul daripada anak didiknya.’

Saya jauh memandang ke depan bahwa, setiap guru adalah pengajar dan juga sosok pembelajar. Jadi, tidak ada salahnya kan untuk belajar IT secara kontinyu.

Selain IT, kemampuan literasi, tulis-menulis guru juga harus dimulai di era baru ini. Guru harus bisa menulis, desain grafis, mampu membuat video pembelajaran. Jika ketiga hal ini sudah ada pada diri seorang guru, maka tentunya guru akan semakin mumpuni dengan skill handal. Jika skill handal ini ada pada diri guru, maka ke depannya guru akan dipandang sosok yang baik sekaligus multitalent dari bidang yang diampunya saat ini.

Jadi, tidak ada kata terlambat untuk menjadi guru handal di era baru, karena setiap guru ditakdirkan unik, sama halnya dengan siswa yang ditakdirkan unik dengan berbagai bakatnya masing-masing.

Yuk terus belajar menjadi guru era baru yang melek terhadap perkembangan IT dan juga harus mampu menguasai basic-basic lainnya seperti pandai membuat desain grafis, membuat video pembelajaran, dan mau menulis baik di blog personal maupun di website seperti guraru.org yang sangat bermanfaat ini untuk saling berbagi ilmu tentunya.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar