0

Strategi Penguatan Diri untuk Menjaga Energi Positif (0)

Yusmini April 6, 2021

Hai sahabat Guraru-ers. Bagaimana kabar sahabat Guraru-ers? Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah Swt. dan tetap semangat menambah pengetahuan. Kali ini pembahasan artikel kita mengenai “Strategi Penguatan Diri untuk Menjaga Energi Positif.

Kathy Paterson dalam bukunya “55 Teaching Dilemmas” mengemukakan beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk penguatan diri. Mungkin saja para guru merasa sudah kehilangan energi, kehilangan semangat, merasa bosan dengan aktivitas sehari-hari yang monoton, berikut ini adalah beberapa strategi penguatan diri yang dikutip dari Perfecting Your Private Practice karya Dr. Joan Neehall-Davidson:

  1. Di setiap penghujung hari, ingat-ingatlah kembali hal-hal positif yang Anda lakukan hari itu, bahkan jika mungkin Anda mengalami hari yang terburuk sekalipun. Sekecil apapun hal tersebut, akan sangat berharga untuk Anda mengingatnya.
  2. Catatlah semua keberhasilan Anda. Ketika Anda mengalami patah semangat, bacalah kembali catatan-catatan sukses tersebut.
  3. Pusatkan perhatian Anda pada hal-hal yang memerlukan perhatian di kelas, dan sampaikanlah hal tersebut kepada siswa Anda. Mungkin selama ini banyak hal baik yang luput dari perhatian Anda. Misalnya, bila semua siswa akhirnya ingat untuk menuliskan tanggal pada lembar kerja mereka.
  4. Anggaplah akhir dari hari kerja Anda sebagai awal dari hari baru, bahwa waktu tersebut menjadi milik Anda dan keluarga. Pilihlah sikap yang menyenangkan. Misalnya, mulailah tersenyum pada diri sendiri ketika Anda berada di depan cermin.
  5. Pastikan persoalan sekolah tetap tinggal di sekolah, jangan membawa pulang ke rumah. Sebagai perumpamaan, Anda tidak akan mungkin membawa pulang siswa Anda –begitu juga dengan persoalan yang mereka hadapi.
  6. Ingatlah selalu bahwa meski Anda merasa bahwa hari itu Anda merasa gagal mengajar dengan baik, bukan berarti bahwa Anda adalah guru yang buruk. Ingatlah bahwa siswa Anda akan tetap belajar.
  7. Cobalah cari variasi kegiatan sehingga pada jam-jam di luar jam sekolah Anda mempunyai sesuatu yang ditunggu-tunggu. Misalnya, Anda dapat bergabung dengan klub pecinta buku, berkebun, atau melukis.
  8. Patuhilah waktu yang sudah ditentukan. Apabila Anda telah berjanji untuk melakukan kegiatan membaca selama satu jam–tepatilah janji tersebut.
  9. Rencanakan sesuatu yang menyenangkan untuk diri Anda setiap bulan. Misalnya dengan mengirimkan bunga ke sekolah pada hari-hari tertentu setiap bulan. Setiap kali kiriman bunga tersebut tiba, rasanya seperti ada yang mengirim bunga untuk saya.
  10. Mulailah mengobrol santai dengan sesama guru, tetapi cobalah untuk obrolan-obrolan yang tidak ada hubungannya dengan pengajaran.
  11. Siapkan bekal makan siang Anda yang sehat serta air putih yang cukup setiap harinya. Usahakan meletakkan botol air minum di atas meja Anda.   
  12. Lakukan olahraga secara teratur. Misalnya dengan menjadi anggota perkumpulan senam. Hal ini tentunya akan menjadi pendorong Anda untuk ingat berolahraga.  

*Semoga bermanfaat*

Sumber:

Paterson, Kathy. 2007. 55 Teaching Dillemas. Jakarta: PT. Grasindo

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar