3

Strategi Mengajar, Pendekatan , Metode Mengajar Dan Model Pembelajaran (+1)

Andri Wahyono November 24, 2013

 

Mengawali pembahasan mengenai strategi pembelajaran, maka kita kenal beberapa istilah yang kadang-kadang mempunyai pengertian yang hampir sama, dan dalam penggunaannya kadang-kadang kita rancu, yaitu pengertian tentang strategi, metode, pendekatan, model serta teknik dalam pembelajaran.

Ruseffendi (1980) mencoba untuk memberikan klarifikasi tentang keempat masalah di atas, menurutnya yang dimaksud dengan :

1.         Strategi mengajaradalah seperangkat kebijaksanaan yang terpilih, yangtelah dikaitkan dengan faktor yang menentukan warna atau strategi tersebut, yaitu :

a.    pemilihan materi pelajaran (guru atau murid)

b.    penyaji materi pelajaran (perorangan kelompok, atau belajar mandiri)

c.    cara materi pelajaran disajikan (induktif atau deduktif, analitis atausintetis, formal atau non formal)

d.    sasaran penerima materi pelajaran (kelompok, perorangan, heterogin atau homogin)

2.         Pendekatanadalah jalan atau arah yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana materi itu disajikan. Misalnya memahami suatu prinsip dengan pendekatan induktif atau deduktif, atau mempelajarai operasi perkalian dengan pendekatan ganda Cartesius, demikian juga bagaimana siswa memperoleh, mengorganisasi dan mengkomunikasikan hasil belajarnya lewat pendekatan ketrampilan proses (process skill)

3.         Metode mengajaradalah cara mengajar secara umum yang dapat ditetapkan pada semua mata pelajaran, misalnya mengajar dengan ceramah, ekspositori, tanya jawab, penemuan terbimbing dan sebagainya.

4.         Teknik mengajaradalah penerapan secara khusus suatu metode pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan kebiasaan guru, ketersediaan media pembelajaran serta kesiapan siswa, sebagai misalnya teknik mengajarkan perkalian dengan penjumlahan berulang.

5.         Model pembelajaranmempunyai pengertian yang amat dekat dengan strategi pembelajaran. Menurut Ismail (dalam Rachmadi, 2006:5) yang membedakan model pembelajaran dengan strategi maupun metode adalah dimilikinya empat ciri khusus, yaitu:

a.    rasional teoritik yang logis yang disusun penciptanya

b.    tujuan pembelajaran yang hendak dicapai

c.    tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut berhasil

d.    lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran tercapai

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar