9

Stop, Berkata Bodoh pada Anak ! (+4)

Usep Saefuddin April 17, 2015

Hakikat anak itu unik, berbeda satu sama lain. Perbedaan ini tampak dari setiap individu, baik dari sisi fisik, psikis, sosial dan dimensi perkembangan lainnya. Jangankan berbeda individu, dengan saudara kembarnya saja, meskipun banyak persamaan, selalu ada sisi perbedaan.

Pembelajaran 2

Gambar 1. Perbedaan Individual Anak

Seringkali terhadap anak yang mengalami kesulitan belajar, kita menyebut dengan istilah “bodoh”. Padahal, pada hakikatnya tidak ada anak bodoh, karena satu sama lain memiliki keunggulan potensi masing-masing. Anak yang senang dengan hitungan, belum tentu bahasanya bagus, anak yang hitungan dan bahasanya bagus belum tentu menggambarnya bagus, tetapi memang ada anak yang secara merata unggul di setiap aspek kecerdasannya. Howard Gardner melalui teori multiple intellegence, mengungkapkan bahwa setiap anak memiliki keunggulan kecerdasan masing-masing, meliputi:

1. Kecerdasan Lingustik (linguistic ability)

Kecerdasan ini berkaitan dengan keterampilan berbahasa yakni menyimak, membaca, menulis dan berbicara serta apresiasi sastra. Contoh orang yang memiliki keunggulan kecerdasan ini yaitu: Toni Morisson, Victor Hugo, HB Jassin, WS Rendra dll.

Toni Morison

Gambar 2. Toni Morisson

2. Kecerdasan Logika Matematika (logic mathematic ability)

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan berhitung, mengidentifikasi kode, dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan logika. Contoh orang yang memiliki keunggulan kecerdasan ini ialah: Albert Einstein, Al Jabar, Van Hiele, Yohanes Surya dll.

Albert Einstein

Gambar 3. Albert Einstein

3. Kecerdasan Spasial (Spatial ability)

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan menggambar, mengamati objek dan membuat animasi. Contoh orang yang memiliki keunggulan kecerdasan ini yaitu: Leonardo Da Vinci, Pablo Picasso, Ridwan Kamil dll.

Leonardo Da Vinci

Gambar 4. Leonardo Da Vinci

4. Kecerdasan Musikal (Musical Ability)

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan bermain musik, bernyanyi, mengidentifikasi dan mengaransemen notasi lagu. Contoh orang yang memiliki keunggulan kecerdasan ini yaitu: Doris Day, Beatles, Ahmad Dhani dll.

Doris Day

Gambar 5. Doris Day

5. Kecerdasan Kinestetik (Kinesthetic Ability)

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan melakukan gerak fisik, motorik dan ketangkasan. Contoh orang yang memiliki keunggulan kecerdasan ini yaitu: Diego Maradona, Rudi Hartono, Taufik Hidayat dll.

Diego Maradona

Gambar 6. Diego Maradona

6. Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Ability)

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan dalam memotivasi diri dan memanfaatkan peluang.  Contoh orang yang memiliki keunggulan kecerdasan ini yaitu: Bill Gates, Steve Job, Anthony Robbins, Mario Teguh dll.

Bill Gates

Gambar 7. Bill Gates

7. Kecerdasan Interpersonal (Interpersonal Ability)

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan bergaul, bekerja sama dan bernegosiasi. Contoh orang yang memiliki keunggulan kecerdasan ini yaitu: James Garfield, Barack Obama, Susilo Bambang Yudhoyono dll.

James Garfield

Gambar 8. James Garfield

8. Kecerdasan Naturalis (Naturalistic Ability)

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan mengenal dan mengkategorikan fenomena alam, spesies flora dan fauna serta alam sekitar. Contoh orang yang memiliki keunggulan kecerdasan ini yaitu: Isacc Newton, Thomas Alva Edison, Charles Darwin dll.

Thomas Alva Edison

Gambar 9. Thomas Alva Edison

Dari uraian di atas, berhentilah berkata bodoh pada anak, karena anak dikaruniai kemampuan masing-masing sesuai dengan keunggulannya. Tugas kita sebagai guru hanya mengenali dan mengembangkan potensinya sehingga menghasilkan prestasi yang optimal. Bukan tidak mungkin, kelak anak tersebut akan sukses di bidangnya masing-masing….

Comments (9)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar