0

Sistematika Penyusunan Struktur Kurikulum Merdeka (0)

Pengelola Guraru August 20, 2022

Pada tahun 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengeluarkan kebijakan terkait pengembangan Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022-2024. Kebijakan ini nantinya akan dikaji ulang oleh Kemendikbud Ristek pada tahun 2024 terkait kurikulum nasional berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

Sebelum terjadinya pandemi Covid-19, satuan pendidikan menggunakan Kurikulum 13 yang kemudian disederhanakan menjadi Kurikulum Darurat agar memberikan kemudahan untuk mengelola pembelajaran dengan substansi materi yang esensial. 

Di masa pandemi ini, akhirnya pemerintah merancang Kurikulum Merdeka sebagai upaya perbaikan dalam proses pembelajaran yang diuji coba kepada Sekolah Penggerak (SP) dan SMK Pusat Keunggulan (PK). Lalu, bagaimana sistematika penyusunan struktur Kurikulum Merdeka di sekolah? Berikut penjelasan lebih lengkap.

Konsep Kurikulum Merdeka

Sebelum membahas mengenai struktur Kurikulum Merdeka, ada baiknya Anda memahami konsep Kurikulum Merdeka terlebih dahulu. Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga proses pembelajaran bisa disesuaikan dengan minat dan bakat siswa.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana pembelajaran materi ajar akan lebih optimal karena siswa memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dilansir dari laman https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/, berikut karakteristik utama Kurikulum Merdeka:

  1. Pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila.
  2. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  3. Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Baca juga: Strategi Membangun Tim Pengembangan Sekolah yang Unggul

Struktur Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka terbuka untuk digunakan oleh satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, Pendidikan Khusus, dan Kesetaraan. Struktur Kurikulum Merdeka terdiri dari kegiatan dalam kurikulum, proyek peningkatan Profil Pelajar Pancasila, dan kegiatan ekstrakurikuler. Satuan pendidikan menentukan pilihan berdasarkan Angket Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang mengukur kesiapan guru, tenaga kependidikan, dan satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum. 

Pilihan yang telah ditentukan akan mengacu pada kesiapan satuan pendidikan tersebut. Implementasi Kurikulum Merdeka akan lebih efektif jika sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan. Berikut struktur Kurikulum Merdeka pada tiap jenjang pendidikan yang perlu disimak:

1. Struktur Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Struktur tingkatan PAUD (TK/RA/BA,KB,SPS,TPA) terdiri dari kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

2. Struktur Kurikulum SD/MI

Kurikulum dibagi menjadi 3 fase, yaitu fase A untuk kelas I dan II, fase B untuk kelas III dan IV, dan fase C untuk kelas V dan VI. Proses pembelajaran dalam kurikulum SD/MI dapat menggunakan pendekatan mata pelajaran atau tematik. Proporsi beban belajar terbagi menjadi 2, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 20% beban belajar per tahun.

3. Struktur Kurikulum SMP/MTs

Kurikulum hanya terdiri dari 1 fase, yaitu fase D untuk kelas VII, VIII, dan IX. Proporsi beban belajar terbagi menjadi 2, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 25% beban belajar per tahun.

4. Struktur Kurikulum SMA/MA

Kurikulum dibagi menjadi 2 fase, yaitu fase E untuk kelas X, fase F untuk kelas XI dan XII. Proporsi beban belajar terbagi menjadi 2, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 30% beban belajar per tahun.

5. Struktur Kurikulum SMK/MAK

Perubahan Kurikulum SMK/MAK diawali dengan penataan ulang Spektrum Keahlian yang meliputi dunia usaha, dunia industri, badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, instansi pemerintah atau lembaga lainnya serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

6. Struktur Kurikulum SLB

Kurikulum SLB mengacu kepada struktur kurikulum SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang disesuaikan untuk siswa berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual. Penyesuaian struktur kurikulum dilakukan terhadap keterampilan fungsional dan mata pelajaran yang menunjang kebutuhan kondisi peserta didik.

7. Struktur Kurikulum Kesetaraan (Program Paket A, B, dan C)

Kurikulum pendidikan kesetaraan terdiri dari mata pelajaran kelompok umum, pemberdayaan, dan keterampilan berbasis Profil Pelajar Pancasila. Kelompok umum memuat mata pelajaran yang disusun mengacu pada standar nasional pendidikan dan sesuai jenjang pendidikan formal serta merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan untuk semua peserta didik.

Pelaksanaan kurikulum ini memerlukan perhatian terhadap pencapaian kemampuan siswa pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Keberhasilan dapat tercapai dengan menentukan tujuan pembelajaran terlebih dahulu, dengan memberikan kebebasan pada guru untuk menentukan kriteria pencapaian tujuan, karakteristik, dan kemampuan kegiatan pembelajaran. Selain itu, siswa dapat pindah ke kelas yang lebih tinggi sesuai dengan gambaran pencapaian tujuan belajar.

Baca juga: Solusi Jelajah Ilmu Agar Komunikasi Guru dan Orang Tua Berjalan Lancar

Selain dukungan tenaga pendidik, dukungan orang tua juga berperan penting untuk menyukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Orang tua perlu memahami kemampuan serta menjadi sahabat belajar anak. Menurut guru, faktor apa lagi yang akan menyukseskan program Kurikulum Merdeka?

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar