0

Terinspirasi Finlandia dan Norwegia, Berikut Sistem Pendidikan Yang Bisa Kita Perbaiki Untuk Indonesia. (0)

Pengelola Guraru March 9, 2022
Sistem Pendidikan Finlandia dan Norwegia yang Bisa Dicontoh

Untuk bisa memiliki sistem Pendidikan yang baik di Indonesia memang tidak mudah, tapi tidak ada kata tidak mungkin. Kita bisa mengambil contoh beberapa sistem Pendidikan di dunia yang dinilai berhasil misalnya di Finlandia dan Norwegia.

Rahasia suksesnya sistem pendidikan di Finlandia adalah adanya dukungan pemerintah atas persamaan hal bagi warga negaranya untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik, tidak dibedakan atas latar belakang sosial, budaya, maupun wilayahnya.

Sementara pemerintah Norwegia memberikan support dan menyiapkan berbagai fasilitas pendukungnya. Sebagai contoh, siswa difabel tetap mendapatkan perlakuan adil dalam pendidikan. Mereka dibekali dengan keterampilan khusus tentang hal-hal yang kemungkinan mampu dikuasai. Apabila sudah menguasai sebuah keterampilan maka siswa tersebut baru diperbolehkan untuk bergabung bersama sekolah umum.

Agar Indonesia bisa memiliki Pendidikan sebaik Finlandia dan Norwegia, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Rencana kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka belajar di Indonesia bisa menjadi salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mewujudkan Pendidikan yang baik di Indonesia.

Kurikulum merdeka belajar yang memberikan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal ini sekilas mirip dengan penerapan sistem pengajaran di sekolah-sekolah di Finlandia dan Norwegia yang juga membebaskan peserta didik sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga Perbedaan Pendidikan di Indonesia dengan Norwegia dan Finlandia


Guraru.org merupakan inisiatif Acer Indonesia untuk pendidikan melalui peningkatan literasi IT di kalangan guru-guru. Komunitas online Guraru merupakan wadah untuk berbagi para guru agar melek teknologi dan saling meningkatkan kompetensi di bidang masing-masing. Komunitas Guraru dimotori oleh guru dari berbagai kalangan. Selain itu, Guraru.org juga didukung oleh kontributor dari kalangan pendidik, praktisi pendidikan, psikolog, serta konsultan pendidikan. Hubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lengkap.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar