0

SISTEM KEKEBALAN TUBUH (0)

Elisa Kristiyanti March 25, 2021

Sistem pertahanan tubuh merupakan sistem pertahanan yang berperan dalam mengenal, menghancurkan, serta menetralkan benda-benda asing atau sel abnormal yang berpotensi merugikan tubuh. Sistem kekebalan atau sistem imunitas merupakan salah satu bentuk pertahanan yang memungkinkan tubuh menghindari atau membatasi berbagai jenis infeksi.

Dalam menginfeksi patogen, sistem kekebalan akan menggunakan reseptor-reseptor yang mengikat molekul-molekul dari sel-sel asing atau virus secara spesifik. Dua strategi umum yang digunakan dalam pengenalan molekul asing, yaitu kekebalan bawaan dan kekebalan yang diperoleh.

Kekebalan Bawaan (innate immunity)

Kekebalan bawaan akan segera aktif apabila setelah terjadi infeksi dan tetap sama, terlepas dari patogen itu pernah dijumpai sebelumnya atau tidak. Kekebalan bawaan mencakup pertahanan penghalang (misalnya : kulit, membran mukus, dan sekresi) dan pertahanan internal (misalnya : sel-sel fagositik, protein antimikroba, respon peradangan, sel-sel pembunuh alami). Sistem kekebalan bawaan memiliki daya respon yang cepat dan mendeteksi berbagai macam patogen. Reseptor kekebalan bawaan akan mengikat satu molekul atau struktur yang dimiliki oleh sekelompok besar mikroorganisme.

Kekebalan yang Diperoleh (acquired immunity)

Kekebalan yang diperoleh disebut juga kekebalan adaptif. Respon-rrespon kekebalan yang diperoleh diaktivasi setelah pertahanan kekebalan bawaan berlangsung dan berkembang lebih lambat. Sistem kekebalan yang diperoleh mendeteksi patogen-patogen yang spesifitasnya sangat tinggi. Kekebalan yang diperoleh dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu respon humoral dan respon yang diperantarai sel. Respon humoral disebut juga imunitas yang diperantarai oleh antibodi yang melibatkan pembentukan antibodi oleh sel plasma (turunan dari limfosit B), sedangkan respon yang diperantarai sel disebut juga imunitas seluler, yang melibatkan pembentukan limfosit T aktif yang secara langsung menyerang antigen.

1 2 3 4 5 6 7

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar