0

SIMPKB, Platform Online Agar Guru Beradaptasi dengan Teknologi (0)

Pengelola Guraru July 1, 2022

Guru berperan aktif dalam menyampaikan ilmu dan pengetahuan bagi muridnya. Guru harus terus mengembangkan diri untuk membuat inovasi pendidikan yang bermanfaat dalam proses belajar mengajar. Di era digital ini, peran guru semakin penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat platform online untuk meningkatkan kualitas guru dan mengembangkan keprofesian yaitu SIMPK Guru. Platform ini wajib diikuti oleh seluruh guru di Indonesia untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi tiap guru.

Lalu, sebenarnya apa itu SIMPKB Guru? Apakah efektif untuk meningkatkan kualitas guru di Indonesia? Simak info SIMPKB selengkapnya di bawah ini.

Pengertian SIMPKB Guru

Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau yang biasa disingkat SIMPKB adalah program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas profesi guru agar terciptanya mutu pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Melalui SIMPKB, guru diajak untuk adaptif terhadap berbagai perubahan yang terjadi khususnya dalam bidang teknologi.

SIMPKB telah ditetapkan di tahun 2015 dan diatur dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2008 tentang pendidikan di mana guru diharapkan memiliki kompetensi pedagogik, personal, sosial, dan profesional demi menghasilkan guru pembelajaran yang kompeten di sekolah dan madrasah.

Menurut Kemendikbud, kriteria guru yang dapat mengikuti SIMPKB diantaranya guru harus mempunyai nilai dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) dengan nilai minimum 65, mulai dari 3 sampai 10 kelompok kompetensi. 

Guru yang belum memiliki nilai UKG harus mengikuti UKG terlebih dahulu. UKG adalah kegiatan untuk menguji dan mengukur kemampuan bidang studi yang dimiliki seorang guru.

Selain itu, guru juga harus terdaftar di dalam komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang ada dalam naungan Kemendikbud. Saat mengikuti program SIMPKB, guru harus memiliki komitmen untuk menyelesaikan 2 kelompok kompetensi dengan nilai terendah selama satu tahun.

Fungsi PKB

Pemerintah membuat sistem SIMPKB sebagai solusi bagi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. SIMPKB merupakan wadah daring untuk menghimpun guru yang telah terdaftar dalam Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). Komunitas GTK ini akan memfasilitasi para guru dalam melaksanakan Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan (PKB). Berikut beberapa fungsi PKB yang Anda harus pahami:

  1. Membantu guru dalam meningkatkan kompetensi guna mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh Undang-undang.
  2. Mengoptimalkan kompetensi guru di tengah perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar bisa menjadi fasilitator pada proses pembelajaran.
  3. Meningkatkan komitmen guru untuk mengemban tugas dan fungsi pokoknya secara profesional.
  4. Menumbuhkan kecintaan akan profesinya sebagai guru.
  5. Mengemban citra, harkat, martabat profesi guru.

Dengan adanya SIMPKB ini diharapkan kompetensi guru mempunyai kualitas yang baik dan selaras dengan perkembangan teknologi. SIMPKB juga berisi berbagai informasi yang dibutuhkan oleh guru terkait info layanan GTK, seminar, pelatihan, Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan, dan lain-lain.

Cara Daftar SIMPKB

SIMPKB adalah layanan online yang bisa rekan guru buka melalui laman website maupun aplikasi Android. Cara daftar SIMPKB terdiri dari dua langkah yaitu mendaftar akun GTK dan mendaftar akun SIMPKB. Jika rekan guru tidak mempunyai akun GTK, maka tidak akan bisa membuat akun pada SIMPKB. Sebelum daftar SIMPKB, baiknya rekan guru harus mengetahui syarat pendaftaran akun berikut ini:

  • Terletak di area yang memiliki akses internet atau mode jaringan online dan online dalam kombinasi.
  • Telah menyelesaikan minimal 2 kompetensi dengan nilai terendah atau 2 modul prioritas yang telah ditentukan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun.
  • Telah mengajukan dan berpartisipasi dalam program PPG terbaru.

Setelah memastikan semua persyaratan telah terpenuhi, rekan guru dapat langsung mendaftar akun GTK melalui cara di bawah ini:

  1. Daftarkan diri melalui laman website https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi. Pastikan memiliki nomor UKG yang bisa didapatkan jika rekan guru sudah terdaftar di Dapodik. Jika rekan guru belum terdaftar di Dapodik silakan menghubungi operator tempat rekan guru mengajar.
  2. Lengkapi formulir yang tersedia.
  3. Klik ‘Saya bukan robot’ dan klik ‘Register’.

Jika proses registrasi berhasil, rekan guru akan mendapatkan file berisi username dan password berupa PDF yang harus diunduh dan bisa digunakan untuk mendaftar SIMPKB. Jika proses registrasi gagal, silakan menghubungi admin PKB di Dinas Pendidikan setempat atau ketua MGMP.

Setelah proses pendaftaran akun GTK berhasil, rekan guru bisa langsung masuk ke laman website SIMPKB guru belajar. Berikut cara login ke laman SIMPKB yang bisa rekan guru simak:

  1. Buka laman website https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi dan masukkan alamat email dan password yang sudah Anda daftarkan dan diberikan oleh Dinas Pendidikan. Password bisa Anda lihat melalui file yang diunduh saat melakukan pendaftaran akun GTK.
  2. Setelah selesai mengisi alamat email dan password klik tombol ‘Login’ untuk masuk ke laman SIMPKB.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan cara mendaftar SIMPKB Guru. Diharapkan program ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Semangat untuk Bapak dan Ibu guru dalam mengabdi memberikan ilmu dan membentuk karakter siswa terbaik demi masa depan.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar