0

Silabus Bahasa Inggris (Descriptive Text About Ourself) (0)

FitriyaniElHasan February 7, 2021

Mata Pelajaran  : Bahasa Inggris Kelas  :  VII

KI 1:    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2:    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4:    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan  ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan  yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KD    :

3.4 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.4  Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.

4.5  Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Materi Pembelajaran : Teks lisan dan tulis untuk  pemaparan jati diri

Fungsi sosial: Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk saling mengenal dan menjalin hubungan antar pribadi dengan teman dan guru.

Struktur teks:

  1. My name is Arif, a-r-i-f. My father is Mr. Zainal. How do you spell your name?Who is she? I have two sisters, Siska and Muti.Is she your friend? dan semacamnya.
  2. My dad is a nurse? He helps the doctors. His father is a gardener. She is the janitor, and she cleans the classrooms.,dan semacamnya.

Unsur kebahasaan:

  • Nama status hubungan keluarga, kekerabatan, teman, tetangga
  • Nama profesi pekerjaan.
  • Kata tanya Who? Which? How?
  • Article a, an, the..
  • Kata kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense: be, have, work, live, dan sebagainya.
  • Penyebutan kata benda singular dan plural (-s), dan children
  • Ucapan, tekanan kata, Intonasi
  • Ejaan dan tanda baca
  • Tulisan tangan.

Topik: Diri sendiri, orang tua, kakak, adik, famili, tetangga, dan orang terdekat lainnya, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, dan kerja sama.

Kegiatan Pembelajaran :

Mengamati: Siswa melihat, mendengar, dan  dan menyaksikan guru memaparkan jati diridalam bahasa Inggris secara benar sesuai kenyataan, untuk dapat dikenal siswa secara lebih dekat, dalam maksimal 6 kalimat, Guru mengulanginya berkali-kali, dan secara interaktif mengajak siswa untuk mengamati secara jelas, kalimat demi kalimat, isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam pemaparan jati diri., Siswa menirukan guru mengatakan setiap kalimat.

Menanya: Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan pemaparan jati diri dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengumpulkan Informasi: Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi pemaparan jati dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb, Siswa mengikuti dan menirukan contoh-contoh interaksi pemaparan jati diri dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar, Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi pemaparan jati diri, Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasi: Siswa membandingkan ungkapan untuk pemaparan diri yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas, Siswa membandingkan antara ungkapan untuk pemaparan diri yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain, Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengkomunikasikan: Siswa menggunakan bahasa Inggris untuk saling memaparkan jati diri agar saling mengenal secara lebih dekat, Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi, Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam memaparkan jati diri dalam bahasa Inggris dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

Penilaian :

  • Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.
  • Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.
  • Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
  • Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.

Cara Penilaian: Tingkat ketercapaian fungsi sosial memaparkan dan menanyakan jati diri, Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam memaparkan dan menanyakan jati diri, Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan, Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan memaparkan dan menanyakan jati diri.

Kinerja (praktik) yaitu Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi dengan memaparkan dan menanyakan jati diri.

Observasi: Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas, Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan, Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri: Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar memaparkan dan menanyakan jati diri, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan memaparkan dan menanyakan jati diri.

Alokasi Waktu : 8  JP

Sumber Belajar: Buku Teks wajib, Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat, Contoh interaksi tertulis, Contoh teks tertulis.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar