3

SHOLAT DAN ZAKAT (0)

Ayuma Sofyati November 20, 2020

Perintah mendirikan sholat dan membayar zakat keduanya di dalam Al-quran selalu bergandengan dan bersandingan dalam satu ayat. Kita bisa temukan di berbagai surat diantaranya :
“ dan laksanakanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk” ( Q.S Al-Baqoroh : 43 )
“ dan laksanakalah sholat, dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya ( pahala) di sisi Allah. Sungguh Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan” ( Q.S Al- Baqoroh : 110 )
“ sungguh, orang –orang yang beriman, mengerjakan kebajikan, melaksanakan sholat dan menunaikan zakat mereka mendapat pahala di sisi tuhannya tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati “ ( Q.S al-Baqoroh : 277)
“ Sesungguhnya penolongmu hanyalah Allah, Rasulnya dan orang – orang yang beriman yang melaksanakan sholat dan menunaikan zakat seraya tunduk ( kepada alllah ) “ ( Q.S Al-Maidah : 55 )
“ dan jika mereka bertaubat, melaksanakan sholat, dan menunaikan zakat, maka ( berarti mereka itu ) adalah saudara-saudaramu seagama . kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang – orang yang mengetahui “ ( Q.S At-Taubah : 11 )
“ sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian , serta ( tetap ) melaksanakan sholat menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apapun) kecuali kepada Alllah, maka mudah-mudahan mereka temasuk orang-orang yang mendapat petunjuk “ ( Q.S At-Taubah : 18 )


Kenapa kedua perintah ini selalu bergandengan dan bersamaan ? tak lain pasti Allah ingin menegaskan bahwa keduanya saling berkorelasi dan urgen.
Sholat dan zakat adalah bagian dari rukun islam sebagai pilar kehidupan beragama . Sholat merupaka hubungan spiritual antara sang pencipta dan seorang hamba ( Hablumminallah ), sedangkan zakat adalah hubungan fisik antar manusia dengan manusia, hubungan sosial, kepedulian , interaksi (hablumminannas ) sebagaimana manusia adalah makhluk sosial saling membutuhkan satu sama lain.


Perintah keduanya selalu berulang sebagaimana yang kita temui dari beberapa surat dan ayat tersebut, ini menandakan perintah ini tetap berlaku sepanjang masa, bahkan keduanya sudah di perintahkan dahulu kala ketika Allah mengambil janji Bani israil ( surat Al- Baqoroh : 83 ) tidak ada istilah masa expired, keduanya tetap urgen dalam rangka membangun relasi dengan tuhan dan manusia


Ibadah sholat menekankan kepada pergerakan ruhani hubungan manusia dengan tuhannya sedangkan zakat adalah menekankan kepada aktifitas jasmani hubungan manusia dengan manusia. Keduanya merupakan bentuk pengabdian seorang hamba kepada tuhannya dan harus dilakukan secara seimbang sebagai tauhid langit dan tauhid bumi sebagai bentuk janji kepada tuhannya dan nikmat yang di berikan Nya


Sempurnanya sholat bisa terlihat dari sempurnanya zakat, keduanya terjadi hubungan timbal balik dan saling memberikan kontribusi. Sholat simbol hubungan dengan tuhan dan zakat simbol hubungan dengan sesama manusia . Mengingkari kewajiban zakat sama saja mengingkari kewajiban sholat karena dalam Al- quran Allah menyebutnya bersamaan


Namun sayang dalam prakteknya kewajiban membayar zakat ini sepertinya kurang mendapat perhatian dan terabaikan ketimbang melakasanakan sholat sehingga kita melihat masih banyak terjadi kemiskinan dimana-mana dan timbul ketidak seimbangan antar keduanya , tentu sangat disayangkan jika sholat tidak bisa atau kurang membentuk jiwa sosial padahal selayaknya bersamaan, karena keduanya memiliki peran yang sama dalam mencapai kridhoan Allah


Kali ini dengan segala duka yang terpampang di depan mata barangkali bisa dijadikan titik tolak awal terpanggilnya rasa kepedulian kepada sesama bagi yang berkecukupan dari harta yang dimiliki dan sudah memenuhi syarat tertentu dari berbagai penghasilan untuk membantu yang membutuhkan dan di berikan kepada 8 Asnaf ( golongan) penerima zakat baik dari zakat maal mapun zakat fitrah melalui badan –badan amil zakat tentu dalam rangka merekatkan silaturahmi, persaudaraan sesama manusia, juga keadilan dan kesejahteraan, karena zakat merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan ketika kemampuan dalam memenuhi kebutuhan tidak sama, sehingga diharapkan bisa meminimalisir angka kemiskinan dan akan tercipta keseimbangan hidup dan kehidupan manusia.


Dapat dismpulkan bahwa sholat dan zakat dua hal yang berhubungan erat dan harus tetap tegak berdiri dalam rangka menjaga kontinuitas hidup dan kehidupan manusia di muka bumi ini karena beribadah yang baik tidak hanya berkaitan dengan tuhan tetapi harus di seimbangkan dengan urusan kemanusiaan. Wallahu A’lam Bissawab

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar