3

Service Komputer Seharga Penghapus Pensil (+4)

Anotherorion March 28, 2014

Memiliki komponen elektronik seperti halnya komputer mengharuskan kita untuk menyediakan waktu perawatan. Baik perawatan secara hardware maupun perawatan secara software. Perawatan secara software pada umumnya lebih disukai karena tidak mengharuskan kita membongkar casing PC dan beresiko terkena aliran listrik statis dari body casing.

Meskipun demikian, ada kalanya kita perlu melakukan maintenance komputer secara hardware. Bisa dengan mengandalkan jasa service center atau melakukannya sendiri dengan metode trial dan error. Salah satu komponen komputer yang sering bermasalah adalah RAM.

RAM atau Random Access Memory adalah tempat penyimpanan data sementara. File komputer memang disimpan di hardisk, tetapi pada saat kita melakukan pengeditan, maka file tersebut diupload ke RAM, dan akan dikembalikan copy/versi terbarunya ke hardisk setelah kita menekan tombol save / CTRL+S. Karena RAM bersifat volatile, saat komputer mati secara tiba-tiba, data hasil editan yang belum disave juga akan hilang.

RAM termasuk komponen komputer yang sering bermasalah, meskipun demikian, perawatan RAM merupakan yang paling mudah diantara komponen komputer lain. Jika RAM kita error, maka kita bisa mengambil modul RAM tersebut dari slotnya kemudian membersihkan ujung konektor di bagian bawahnya yang berlapis tembaga keemasan menggunakan karet penghapus.

gambar dari anotherorion.com

Gosokkan karet penghapus untuk menghilangkan debu dan kotoran yang melekat pada konektor RAM. Setelah tampak mengkilap, pasang kembali RAM tersebut di slot semula. Cukup mudah bukan? Cara seperti ini adalah standar perawatan RAM di setiap service center komputer, yaitu menghilangkan kotoran yang menempel pada konektor RAM dan berpotensi menghalangi transfer data antara RAM dengan motherboard. Itulah mengapa banyak vendor RAM berani memberikan garansi Lifetime, karena memang perawatan RAM memang cukup mudah.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar