5

SERUNYA PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ DI MADRASAHKU (+3)

Rakhmad May 17, 2015

Tanggal 15 Mei 2015 di Madrasahku yaitu  MIN Manisrejo Kota Madiun mengadakan rangkaian acara peringatan Isra’ Mi’raj tidak seperti biasanya. Biasanya tahun-tahun yang lalu diperingati dengan mengelar pengajian, ditahun ini di kemas beda. Kegiatannya yaitu di kampus I dilaksanakan Do’a Bersama dan permohan restu kepada orang tua dan guru oleh kelas 6. Di Kampus II dilaksanakan lomba pembacaan Asma’ul Husna, Kisah Rosul, Nadzom 25 Rosul, Maket Masjid dan Menulis Do’a bagi semua siswa kelas 1 sampai 5.

Do’a Bersama dan Permohonan Restu

Kegiatan do’a bersama dan permohonan restu ini dilaksanakan pukul 06.30 di masjid kampus I. Kegiatan ini sebenarnya dilakukan oleh siswa kelas 6 setiap hari. Dari kegiatan sholat Duha hingga pembacaan Istighotsah. Dihari ini memang beda untuk menambah pemantapan siswa menjelang Ujian Nasional. Kegiatan ini diikuti juga oleh wali murid kelas 6. Di akhir kegiatan semua siswa memohon do’a restu kepada orang tua dan guru atas kesalahan selama ini. Semoga pada saat mengikuti Ujian Nasional bisa berjalan Lancar.

CIMG7020 CIMG7023 CIMG7034 CIMG7030

Lomba pembacaan Asmaul Husna, Kisah rosul dan Nadzhom (Syair) 25 Rosul

Sebelum kegiatan lomba siswa berkumpul di halaman untuk melakukan do’a pagi seperti biasanya. Selanjutnya  salah satu guru menceritakan kisah isra’ dan mi’raj beserta hikmah yang bisa dipetik. Kegiatan lomba ini diikuti 25 kelas, yang setiap kelas pararelnya 5 dari kelas 1 sampai 5. Setiap kelas harus menampilkan semua siswanya dalam lomba ini. Kelas 1 sampai 2 lomba pembacaan Asma’ul Husna, Kelas 3 kisah rosul dan kelas 4 sampai lima lomba Nadzhom 25 Rosul. Perlombaan ini diambil juara 1 dan 2 untuk setiap jenjang kelas.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk melakukan suasana pembelajaran di luar kelas. Diharapkan siswa hafal dengan yang pernah dipelajari dan diaplikasikan setiap hari. Membangun kekompakan, kerjasama, kreasi dan inovasi antar siswa. Membangun  keberanian dan tanggung jawab siswa dalam membangun nama baik kelasnya.

CIMG7074 CIMG7092 CIMG7091 CIMG7096

Lomba membuat Maket Masjid

Dalam lomba maket ini setiap kelas menampilkan satu kelompok beranggotakan 5 siswa. Pembuatan maket ini 50% dikerjakan di rumah dan 50% di madrasah. Kesemuanya ini dikerjakan secara kelompok. Dalam penilaian lomba diawali dari bahan, berapa persen mengerjakan di rumah, kerjasama dan finishing dari maket tersebut. Siswa bergembira sekali dalam kerjasama membuat maket. Di bawah ini beberapa hasil kerja siswa.

CIMG7079 CIMG7048 CIMG7098 CIMG7055

Menuliskan Do’a

Menulis do’a ini di lembaran kertas manila yang di bagi dua untuk setiap kelas. Setiap kelas bisa menuliskan untuk dirinya, orang tua, guru dan kakak kelas 6 yang akan melaksanakan Ujian Nasional. Siswa  berkumpul dengan temannya untuk menuliskan do’a satu persatu. Setelah selesai dikumpulkan di sambung menjadi satu akhirnya menjadi panjang. Do’a-do’a itu di bacakan dan dibentangkan  oleh siswa menjadi panjang. Semoga do’a yang dituliskan siswa terkabulkan. Amiin.

CIMG7039 CIMG7127 CIMG7131 CIMG7123

 

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar