2

Serunya Membuat Bel Listrik dan Cerdas Cermat (+2)

Rakhmad April 18, 2016

Dalam pembelajaran tema 7 sub tema 1 kelas 5 SD/MI siswa-siswi harus memenuhi kompetensi dasar (KD) yaitu mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Kompetensi ini ada pada pembelajaran IPA yang diharapkan siswa mengenal rangkaian listrik sederhana yang bisa dimanfaatkan sehari-hari.

Kompetensi dasar ini memang diharapkan cakap dalam keterampilan, cerdas dalam pengetahuan dan santun dalam sikap. Dalam proses keterampilan siswa-siswi juga bisa dilihat dari sikap sosial, khususnya pada tanggung jawab dan kerjasama.

Pada memenuhi kompetensi dasar di atas, kami mengajak siswa-siswi membuat bel listrik yang selanjutnya digunakan untuk cerdas cermat. Pada materi sebelumnya siswa-siswi sudah mengenal tentang rangkaian listrik maka dalam kesempatan ini tinggal melanjutkan.Dengan pengalaman sebelumnya siswa-siswi sudah siap untuk melakukan langkah langkah praktek membuat bel listrik. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

Pertama, siswa-siswi harus membawa bahan sebagai berikut :
bahan-bahan bel listrik

Kedua, siswa-siswi merangkai bahan-bahan yang sudah dibawa:
Merangkai bel listrik

merangkai bel listrik

merangkai bel listrik

Ketiga, siswa-siswi mencoba hasil rangkaian bel listrik

mencoba 2 ok

mencoba rangkaian listrik 1

mencoba rangkaian listrik 1

Setelah ketiga rangkaian selesai, siswa-siswi menyiapakan tim untuk melakukan cerdas cermat. Kesempatan cerdas cermat ini langsung pada babak rebutan. Disamping mencoba hasil praktek pembuatan bel juga mencoba pengetahuan dari siswa-siswi. Babak-babak demi babap telah terlewati, siswa-siswi merasa senang dan gembira.

Selain siswa-siswi senang, pembelajaran ini juga memiliki kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Siswa-siswi dilatih kerjasama dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Kedua, dalam pembelajaran ini siswa-siswi dilatih kecakapan dalam keterampilan. Ketiga, disamping keterampilan siswa-siswi juga diasah pengetahuan. Keempat, Desain dalam pembelajaran yang mengasyikkan perlu dilaksanakan dan dikembangkan. Selamat mencoba.

foto cerdas cermat 1

foto cerdas cermat 1

Foto Cerdas Cermat 2

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar