6

SENANGNYA MENCARI KPK DENGAN BERMAIN LOMPAT TALI (+3)

mokhamad subakri May 18, 2015

Ide banyak muncul jika kita sering mengamati apa yang dilakukan oleh siswa. Hal-hal baru bisa kita dapatkan saat mengamati kegiatan itu. Permainan yang mereka lakukan juga banyak memiliki makna yang baik untuk kita gunakan dalam proses pembelajaran. Jika permainan yang mereka sukai bisa kita gunakan untuk alat dalam belajar, sudah jelas mereka akan senang melakukan kegiatan belajar tersebut. Berikut ini salah satu ide yang bisa kita cermati tentang permainan siswa yang digunakan untuk belajar matematika pada materi kelipatan.

Bagaimana ide ini muncul? Kita simak bersama kisahnya berikut ini.

Udara pagi masih sejuk. Sudah biasa siswa kelas VI masuk lebih awal. Saat usai mengamati siswa kelas VI berbaris di depan kelas, padanganku tertuju kepada siswa kelas V yang sedang asik bermain lompat tali. Ada ide yang tiba-tiba menyelinap di saraf otak. Usai anak kelas VI bersalaman, aku hampiri anak-anak yang sedang bergembira tersebut.

senangnya-mencari-KPK-dengan-bermain-lompat-tali

membuat mereka belajar tanpa merasa belajar

Pastinya Anda waktu kecil dulu perna bermain seperti ini bukan? Tidak harus perempuan loo … laki-laki sah-sah saja bermain lompat tali ini.

Ide saya tadi begini : kolaborasi kosentrasi melompat (motorik), mengucapkan bilangan (kognitif), dan mengaku kalah jika melakukan kesalahan (afektif)

Jika satu anak yang bermain, maka dia mencari kelipatan dari suatau bilangan. Dua anak yang memegang tali sebagai penilai. Misalkan disepakati mencari kelipatan 4, maka anak tersebut sambil melompat mengucapkan empat, delapan, dua belas, enam belas, dan seterusnya. Anak tersebut dianggap kalah jika salah menyebutkan bilangan atau tali terkait di kakinya.

Boleh juga ada tim juri yang sudah siap dengan tulisan bilangan kelipatan, misalkan permainan disepakati bilangan 1 sampai dengan 20. Jadi tim juri sudah punya data bilangan kelipatan tersebut. Saat pemain belompat mereka mendengar sambil menyimak.

 

Tambah bagus guru menyiapkan daftar kelipatan untuk dipakai siswa. Diperbanyak ditaruh di kelas atau perpustakaan. Jika anak-anak mau bermain tinggal mengambilnya di tempat yang sudah disiapkan.

 

kebersamaan indah tiada tara, membuat belajar semakin bermakna

kebersamaan indah tiada tara, membuat belajar semakin bermakna

Jika dua anak yang bermain. maka permainan bisa untuk mencari KPK. Yang memegang tali menyebutkan 2 angka. Misalkan pemegang pertama menyebutkan 3 dan pemegang ke dua menyebutkan 5, maka dua pelompat mencari KPK dari 3 dan 5. Siswa yang melompat, satu siswa menyebutkan kelipatan bilangan pertama (3), dan satu siswa menyebutkan bilangan yang ke dua (5). Jika siswa tadi bertahan sampai menenumkan kelipatan yang sama maka dia menang.

Permainan untk KPK jadi lebih seru jika tiap kelompok minimal ada 3 siswa. dua anak melompat dan yang satu mengamati angka yang disebutkan temannya.

Untuk KPK dilakukan jika anak-anak sudah terbiasa dengan lompat kelipatan atau yang melompat hanya satu siswa. Apa bisa untuk 3 anak yang melompat. Tentunya sangat bisa dan tambah seru. Yang peting harus dimulai dari bilangan yang kecil dulu agar anak-anak tidak kesulitan.

Bagaimana? Ada yang ingin menganalisis permainan kolabirasi tali dan kelipatan ini?

 

“Dunia anak adalah dunia bermain. Bermain ya belajar, belajar ya bermain. Guru kreatif bisa memasukkan permainan mereka menjadi media belajar”

*** ayo mendidik ***

 

finalis 15 besar guraru

15 finalis guraru 2013

********************************************

guraru

********************************************

ANIMASI AYO MENDIDIK DINAS TERKAIT

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

guraru

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar