0

Senam Ketangkasan Volume 3 : Loncat Harimau, Rangkaian Gerakan (0)

oloan February 14, 2021

Secara teoritis teknik senam lantai loncat harimau ini tidak terlalu jauh berbeda dengan teknik gerakan roll ke depan. Sehingga dalam teknik ini perlu adanya penguasaan gerakan roll depan supaya tidak terjadi cidera dan mempermudah dalam latihan teknik loncat harimau.

Berikut ini cara-cara untuk mempermudah gerakan dalam latihan loncat harimau: Sikap jongkok dengan kedua tangan di depan badan, siku ditekuk dan pandangan ke depan. Selanjutnya, pandangan ke atas bersamaan dengan gerakan loncatan. Cara kedua, yaitu kedua tangan lurus ke depan dan kedua kaki lurus ke belakang. Saat kedua telapak tangan menyentuh matras, secara cepat kedua siku ditekuk dan kepala dimasukkan di antara kedua tangan. Gerakan ini diteruskan dengan gerak menggelinding, yang diawali dari pundak, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang. Gerakan diakhiri dengan kembali ke sikap jongkok lalu berdiri.

Bila belum mampu melakukan semua gerakan, hendaknya didampingi oleh guru atau ahlinya. Tugas pendamping terutama membantu menekuk kepala pelompat, pada saat kedua telapak tangan si pelompat menyentuh matras. Leher si pelompat hendaknya lentur.

1.Rangkaian Gerakan Guling Depan, Lenting Tengkuk, dan Lenting Tangan
Untuk melakukan rangkaian gerakan guling depan, lenting tengkuk, dan lenting tangan, terlebih dahulu harus menguasai teknik setiap gerakan yang akan dirangkaikan, sehingga rangkaian gerakan tersebut benar-benar dapat dilakukan dengan baik.

Cara melakukan rangkaian gerakan guling depan, lenting tengkuk, dan lenting tangan adalah sebagai berikut :

a.Sikap awal :

1.Berdiri tegak

2.Konsentrasi untuk gerakan yang akan dilakukan

b.Gerakannya :

1.Kedua telapak tangan bertumpu pada matras, dagu kenakan ke dada dan tengkuk/pundak kenakan ke matras.

2.Mengguling ke depan mulai dari pundak, punggung, dan kedua kaki mengikuti gerakan badan

3.Waktu punggung mengenai matras, bengkokkan tungkai ke dada, tangan menolak, gerakan berguling diteruskan hingga berakhir sampai sikap jongkok, lalu berdiri, siap untuk melakukan lenting tengkuk.

4.Kedua kaki menolak kembali, kedua telapak tangan bertumpu pada matras, pundak kenakan ke matras dan kedua tungkai lurus.

5.Mengguling ke depan dibarengi dengan lecutan tungkai ke atas depan, kedua tangan menolak, badan melayang dengan bentuk seperti busur.

6.Mendarat dengan kedua kaki rapat, dorong panggul ke depan, badan membusur, kepala dan lengan lurus mengikuti gerakan badan, siap untuk melakukan lenting tangan.

7.Kaki belakang berjingkat, kaki depan ayunkan ke atas disertai ayunkan kedua lengan lurus ke atas.

8.Tolakkan kaki yang berada di depan, lemparkan tungkai yang berada di belakang (yang melakukan jingkatan) ke belakang atas, kedua tangan menumpu selebar bahu, tumpuan tangan ini hanya sebentar, segera kaki tumpu diayunkan ke atas, badan melayang, dan kedua tungkai rapat.

9.Mendarat dengan kedua kaki, badan melenting seperti busur, kedua lengan lurus ke atas.

Latihan rangkaian gerakan seperti ini harus dilakukan berulang-ulang untuk mendapatkan koordinasi gerakan hingga dapat dikuasai.

Demikian materi kita hari ini, salam olahraga

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar