0

Senam Ketangkasan : Sejarah dan Jenis Senam Ketangkasan (0)

oloan February 14, 2021

Senam Ketangkasan adalah salah satu jenis senam yang dalam prakteknya bisa menggunakan alat bantu atau tidak. Senam ketangkasan yang baik untuk kesehatan tubuh juga disebut senam artistik karena bentuknya harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

Senam ketangkasan yang baik pada tubuh ada banyak macamnya. Sebab, senam sendiri adalah bentuk latihan fisik yang bertujuan menjaga atau menambah daya tahan tubuh, kelenturan, koordinasi bagian dalam, membentuk tubuh, dan memelihara kesehatan tubuh.

Senam ketangkasan tercatat berasal dari China kuno sejak tahun 2700 sebelum masehi yang mana diketahui pada saat itu masyarakat disana telah mengetahui beberapa gerakan pada senam ketangkasan, khususnya di biara-biara yang melakukan gerakan ini bukan untuk senam melainkan untuk bela diri dan gerakan pengobatan tradisional.

Selain itu pada peninggalan kitab Kong Hu Cu beserta para muridnya banyak mencatat mengenai gerakan-gerakan senam ketangkasan yang digunakan untuk pengobatan.

Bukan hanya China saja namun Taj Mahal di India juga tidak dapat dilepaskan apabila membicarakan mengenai pengobatan tradisional, disana pengobatan tradisional dilakukan dengan menggunakan teknik penafasan dan gerakan tubuh manusia.

Hal tersebut juga dilakukan berdasarkan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat setempat dimana dipercaya jika kita bernafas dengan menghirup udara maka kita akan dihubungkan dengan kekuatan alam mengandung prana yang merupakan sumber kekuatan alam semesta.

Setelah ditelusuri lebih jauh ada sejarah lain yang mencatat senam ketangkasan ini melalui tulisan dan gambar pada piramida di Mesir.
Dimana di tempat tersebut memang terdapat benyak sekali kisah yang diceritakan oleh nenek moyang Mesir kuno.

Salah satu gambar yang menjadi bukti kuat adalah adanya gambar berupa gerakan olahraga yang sangat mirip dengan gerakan senam ketangkasan, namun peneliti juga menyimpulkan jika gambar-gambar tersebut terlihat mirip pula dengan gerakan Yoga di India dan gerakan Gymnastic di Jerman kuno.

Setelah dilakukan berbagai penelitian diambil kesimpulan bahwa senam ketangkasan ini bukan baru muncul pada abad ke-20an melainkan telah ada sejak bertahun-tahun sebelumnya.

Hingga saat ini senam ketangkasan masih tetap ada dan dilombakan pada ajang kejuaraan olahraga.

Berikut macam-macam Senam Ketangkasan, diantaranya :
A.Senam Alat

1.Latihan Guling Depan di Atas Peti Lompat

Untuk melakukan guling depan di atas peti lompat memerlukan keberanian, karena permukaan peti lompat tidaklah terlalu lebar. Oleh sebab itu, khususnya bagi pemula diperlukan suatu metode tertentu yang benar-benar sistematis agar sasaran akhir, yaitu latihan guling di atas peti lompat dapat tercapai.

Unsur-unsur yang perlu dilatih adalah awalan, tolakan, guling depan di atas peti, dan mendarat.

Teknik guling depan di atas peti lompat adalah sebagai berikut :

a.Awalan dilakukan dengan lari secepat mungkin

b.Menjelang peti lompat menolak dengan dua ujung kaki pada papan tolak, yang dibantu oleh ayunan kedua lengan arahnya ke atas depan menuju permukaan peti lompat.

c.Arahkan kedua tangan ke permukaan peti lompat dengan kedua lengan lurus

d.Setelah kedua telapak tangan menempel pada peti lompat, lakukan gerakan guling depan seperti teknik guling depan pada matras.

e.Mendarat dengan dua kaki pada matras

f.Lakukan berulang-ulang agar teknik gerakannya dikuasai.

2.Latihan Loncat Jongkok di Atas Peti Lompat

Sama halnya dengan latihan guling depan di atas peti lompat, loncat jongkok di atas peti lompat juga memerlukan keberanian. Karena, disamping harus melakukan tolakan yang kuat juga harus mengatur gerakan kedua lengan dan tungkai. Cara melakukannya adalah sebagai berikut :

a.Lakukan awalan dengan lari secepat mungkin

b.Menolak dengan dua kaki pada papan tolak arahnya ke atas depan yang dibantu dengan ayunan kedua lengan

c.Angkat tungkai atas ke dada hingga membuat sikap jongkok

d.Sentuhan kedua tangan pada peti lompat hanya sebentar dan langsung menolak

e.Pada saat badan berada di atas peti lompat/melayang, luruskan kedua tungkai untuk persiapan mendarat

f.Mendarat dengan dua kaki mengeper.

Demikian materi hari ini..Salam Olahraga

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar