5

SEMANGAT GURU DESA DALAM BELAJAR NGEBLOG (+4)

mokhamad subakri May 5, 2015

HP bergetar, nampak di layar kaca, “tadz, di tempat kami pemadaman listrik. Bagaimana pelatihannya?”. “Mudah-mudahan pukul 14.00 nanti sudah menyala. Bismillah”, balasan singkat yang kami kirim ke beliau, ketua panitia pelatihan membangun weblog.

Setelah sekitar 2 km sepeda motor melaju, HP bergetar lagi. “Teman-teman mengusahakan genset tadz”. Wah, benar-benar luar biasa usaha guru-guru swasta pinggiran ini. Niat yang kuat untuk memperbaiki diri benar-benar tertanam dalam guru-guru desa lereng semeru.

ketua panitia membuka acara dilanjuktan motivasi oleh beliau

ketua panitia membuka acara dilanjuktan motivasi oleh beliau

Minggu siang, kami datang di sekolah tersebut pukul 13.30, kurang 1.800 detik acara dimulai (katanya guru saya, guru yang baik datang lebih awal heeeeee ….). Peserta berlahan-lahan mulai datang … satu … dua … tiga …. Kelas maksimal yang kami tentukan 20 guru. Kemungkinan besar karena ada pemadaman listrik mereka mengira kegiatan ditunga. Sehingga peserta tidak sampai 20. Oh iya, saat itu juga bergabung satu guru PNS yang pernah kami tulis dedikasinya di blog ini.

pembacaan puisi oleh salah satu siswi mi kelas 3, mengawali semangat guru

pembacaan puisi oleh salah satu siswi mi kelas 3, mengawali semangat guru

Untuk menyemangati peserta, kami mengawali kegiatan dengan mengingat peristiwa perumusan Pancasila. Pancasila dasar Negara kita hanya dibuat oleh 9 orang yang kemudian hanya ada 3 orang yang menyampaikan usulan 5 sila dasar negara. Luar biasa, dengan jumlah sekecil itu mereka bisa berhasil membuat Dasar sebuah Negara. Peserta saat itu lebih dari 10, jadi sudah lebih dari cukup untuk merubah sekolah-sekolah mereka menjadi sekolah yang berkualitas. Dengan pemikiran,ide, gagasan, dan motivasi yang bisa mereka tuangkan dalam tulisan-tulisan mereka.

Bersamaan berisiknya sura ganset (berisik membawa manfaat) acarapun dimulai, diawali pembukaan oleh ketua panitia (Ust. Udin). Dilanjutkan pembacaan puisi oleh siswi dari MI Pandan Sari. Puisinya bagus banget, tak menyangka perkembangan baca puisinya luar biasa. Acara inti penyampaian materi motivasi blogger dan membangun blog oleh admin ayo mendidik.

salah satu sesi bimbingan di tengah kegiatan pelatihan, nampak admin ayo mendidik membimbing peserta

salah satu sesi bimbingan di tengah kegiatan pelatihan, nampak admin ayo mendidik membimbing peserta

Kegiatan yang diagendakan sampai pukul 16.00, akhirnya harus berakhir sampai pukul 17.15. Peserta masih saja ingin melanjutkan sampai ba’da magrib. Mengingat ada acara pertemuan RW, kami mohon ijin untuk undur diri dari semangat yang mengebu-ngebu ini.

Kami ingin sahabat guru melanjutkan belajar blognya dengan mengikuti panduan di powerpoint yang sudah kami buat. Atau bisa on line di chating atau cara lain. Insyaalah akan berlanjut di pelatihan belog lanjutan.

Prediksi sampai di rumah bisa sholat Isya’ berjamaah akhirnya gagal juga. Tepat di depan rumah, sholat tinggal 1 roka’at. Keterlambatan ini, karena hujan lebat menemani perjalanan menuju rumah kontrakan tercinta. Semoga kegiatan hari itu ada manfaatnya bagi pendidikan kita. Tetap semangat dan semoga barokah. Barokallohufiikum. Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya 🙂

"cita-cita besar itu berawal dari hal benih kecil yang ditanam dan dirawat dengan kesungguha. selamat menabur benih menulis_admin ayo mendidik

“cita-cita besar itu berawal dari benih kecil yang ditanam dan dirawat dengan kesungguhan. selamat menabur benih menulis dan tunggu buah keajaibannya”_admin ayo mendidik

  • Penulis : admin ayo mendidik
  • Fotografer : ust. Imron jalil

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru Untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10″

Acer Indonesia - Guraru Lomba Menulis Hardiknas 2015

 

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar