0

SELALU MERASA CUKUP (0)

Ayuma Sofyati, S.Ag January 26, 2021

Sumber Gambar : Pixa bay 

Merasa cukup dengan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan’

Sudahkah kita merasa cukup dan puas dengan yang sudah Allah beri untuk kita? Bukankah manusia itu selalu merasa kurang dan selalu berharap lebih?

Sifat yang indah dan mulia.  Karena keindahan dan kemuliaannya inilah  maka seakan sulit untuk di raih. Kenapa ? karena  ini merupakan sesuatu yang sangat berat untuk dilakukan, kecuali bagi siapa yang diberikan taufik dan petunjuk serta di jaga oleh Allah dari kejelekan dan keburukan jiwa, kebakhilan   dan juga ketamakannya. Karena manusia diciptakan memang dalam keadan memiliki rasa cinta terhadap kepemilikan harta. Akan tetapi kendati demikian Islam mendorong para pemeluknya untuk berakhlak dengan sifat yang mulia ini,  maka hendaknya kita selalu berdoa agar di karuniakan sifat mulia ini , sebagaimana doa yang sudah di ajarkan oleh Rasulullah SAW

 “Ya Allah berikan aku sikap qana’ah terhadap apa yang Engkau rizkikan kepadaku, berkahilah pemberian itu dan gantilah segala yang luput (hilang) dariku dengan yang lebih baik.” (HR al-Hakim)

Ya Allah, aku meminta kepada-Mu petunjuk (dalam ilmu dan amal), ketakwaan, sifat ‘afaf (menjaga diri dari hal yang haram), dan sifat ghina’ (hati yang selalu merasa cukup atau qana’ah).” (HR. Muslim, no. 2721, dari ‘Abdullah).

Tentang hal yang dimaksud di atas IsIam menyebutnya  sifat ‘qonaah’ ( Rela dan merasa cukup atas pemberian Allah SWT ) . Jika di artikan Secara bahasa qonaah adalah cukup atau rela,sedangkan menurut istilah ialah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan perasaan kurang.

Manfaat Memiliki sifat qonaah

1.        Kaya Hati

 Orang yang sudah tertanam di dalam dirinya sifat qonaah maka ia akan merasa dirinya kaya bahkan dunia dan segala isinya terasa sudah dalam genggamannya kendati yang dia miliki hanya yang tersedia untuk hari ini tapi dia merasa sudah cukup puas

Sebagaimana hadis berikut ini;

 “Sungguh sangat beruntung orang yang telah masuk Islam, diberikan rizki yang cukup dan Allah mengaruniakannya sifat qana’ah (merasa puas) dengan apa yang diberikan kepadanya.” (HR. Muslim, no. 1054).

2. Mendapatkan dunia seluruhnya

Dari Salamah bin Ubadullah bin Mihshan Al Hazhmiy dari ayahnya yang pernah bersahabat dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang di pagi hari dirinya aman, sehat badannya, dan di dekatnya ada makanan untuk hari itu, maka seakan-akan dunia telah diberikan kepadanya.” (HR. Tirmidzi, dan dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

Dari ’Ubaidillah bin Mihshan Al-Anshary radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman di rumahnya (pada diri, keluarga dan masyarakatnya), diberikan kesehatan badan, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul pada dirinya.” (HR. Tirmidzi, no. 2346; Ibnu Majah, no. 4141. Abu ’Isa mengatakan bahwa hadits ini hasan gharib).

3.        Jauh dari sifat iri dan dengki

Orang yang mempunyai sifat qonaah akan jauh dari sifat iri, dengki terhadap kenikmatan dan kesuksesan orang lain ,  tidak melirik dan iri dengan apa yang orang lain  punya yang lebih dari kita , merasa cukup puas dengan apa yang sudah kita miliki . sifat qonaah ini adalah rizki yang tak terkira yang Allah karuniakan kepada hambanya

4.        Selalu mudah bersyukur

            Sifat qonaah ini berkaitan dengan rasa syukur. Apapun yang Allah beri besar maupun kecil banyak maupun sedikit selalu bersyukur menerima pemberian Allah dengan lapang dada. qonaah adalah buah dari rasa syukur hingga  membuat hati merasa tenang dan tidak suka mengeluh dan tidak dibenturkan dengan sesuatu yang tidak dapat  di raih , dia selalu menerimanya dengan rasa syukur, apapun itu

Sebagaimanan yang firman  Allah dalam QS Ibrahim : 7

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS Ibrahim : 7 )

 “Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Muslim, no. 2963).

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat  tentang indah dan mulianya sifat qonaah ini.

            Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan bagi kita semua  . Terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini. Dan semoga Allah merahmati dan mengkaruniakan kita semua untuk bisa menggapai sifat qonaah yang dimaksud. Aamiin

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar