4

Sejuta Manfaat Situs Sangiran Untuk Dunia Pendidikan Indonesia (0)

oloan December 11, 2020

Museum dapat menjadi tempat pendidikan, penelitian, dan pusat kesenangan bagi generasi muda maupun bagi para guru yang berkolaborasi dalam mewujudkan pendidikan yang berkarakter di era kekinian.

Salah satu museum yang bisa dijadikan etalase dalam mewujudkan Pendidikan Karakter Bangsa, dimana salah satu point pentingnya adalah mewujudkan Generasi Penerus yang mampu tetap meninggikan apresiasi terhadap budaya sendiri, cinta tanah air, serta menghormati keberagaman budaya, suku, dan agama, baik yang sifatnya lokal maupun global, adalah Museum Manusia Purba Sangiran.

Apa manfaat yang dapat diambil dari Museum Manusia Purba Sangiran untuk Generasi Muda Bangsa kita? Sangat banyak tentunya!
Museum Purba Sangiran adalah sebuah situs manusia purba dari kala plestosen yang paling lengkap dan paling penting di Indonesia, bahkan di Asia. Luasnya 59 Km2, terletak di Kabupaten Sregen dan Karanganyar, Jawa Tengah adalah Warisan Budaya Dunia yang berperan penting dalam proses pembentukan sebuah ekosistem Pendidikan Indonesia Menuju Generasi yang Seutuhnya.

Tentunya Situs Sangiran ini memiliki sejuta manfaat bagi generasi muda bangsa kita, pun untuk orangtua sangat penting dalam proses pengenalan evolusi manusia, budaya, fauna, dan lingkungan bagi anak-anak, sehingga kita dapat semakin menghargai diri kita, sesama, dan lingkungan sekitar kita.

Potensi kandungan yang ada di Situs Sangiran membuka sejarah panjang peradaban manusia yang dapat kita pelajari dan kita kenalkan hingga anak cucu kita.

Bermula dari temuan ilmuwan muda kelahiran Jerman, G.H.R von Koenigswald tahun 1934, yang menemukan sejumlah alat serpih dari batu kalsedon dan jaspis yang terletak di permukaan tanah pada salah satu bukit (bukit Ngebung) yang diindikasikan pada bagian atas Formasi Kabuh (Prasetyo, 2011:25). Temuan ini kemudian terkenal dengan nama Industri Serpih Sangiran (Sangiran flakes industry), yang membuat nama Sangiran terkenal hingga ke dunia internasional sebagai pusat budaya manusia purba dan lingkungannya.

Sangiran juga menjadi lokasi penemuan fosil purba yang memiliki nilai teramat penting bagi khazanah ilmu pengetahuan dan peradaban manusia, apalagi kalau bukan penemuan fosil Homo Erectus dan fosil fauna purba yang beragam jenisnya. Ada banyak pengetahuan yang bisa kita gali dari Sangiran.

Sejarah evolusi manusia selama lebih dari 1 juta tahun, dapat kita pelajari dari Sangiran, seperti temuan lebih dari seratus individu fosil Homo Erectus, tiga tipe Homo Erectus, juga berbagai fosil fauna dari masa purba dengan habitat lingkungan laut, rawa-rawa, dan darat yang diantaranya saat ini telah punah maupun mengalami perubahan ukuran fisik.

Semua perubahan evolusi fauna selama lebih dari dua juta tahun dapat kita temukan di museum besar fosil manusia purba Sangiran ini. Tidak hanya itu, Situs Sangiran juga memuat pengetahuan tentang budaya yang dapat kita pelajari bersama untuk menambah rasa kecintaan kita akan keberagaman budaya Tanah Air.

Terdapat berbagai jenis benda peninggalan budaya manusia purba jenis Homo Erectus dari kurun waktu sekitar 1,2 juta hingga 180.000 tahun yang lalu di Sangiran.

Dari sini kita bisa belajar secara gamblang bagaimana evolusi atau perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi selanjutnya, baik itu budaya maupun teknologi dari manusia purba sebagai alat adaptasi selama lebih dari satu juta tahun lalu, hingga sekarang.

Dengan berkunjung ke Sangiran, kita akan dipampangkan bentang alamnya yang menampilkan singkapan lapisan tanah atau stratigrafi dari 2,4 juta tahun lalu sampai sekarang tanpa terputus. Pengetahuan akan singkapan tanah yang menggambarkan sejarah pembentukan lahan dan evolusi lingkungan selama lebih dari 2 juta tahun lalu.

Keberadaan fosil, artefak maupun contoh singkapan tanah purba dari Sangiran yang tersimpan rapi di Museum Manusia Purba Sangiran akan sangat memberikan manfaat untuk kita dalam belajar tentang ilmu pengetahuan, sejarah dan budaya yang dapat membentuk karakter dari anak-anak didik kita.

Museum Sangiran harus dapat menjadi agent of change, sehingga mampu membantu dunia pendidikan dalam memoles generasi pembelajar menjadi lebih baik lagi.

Museum Manusia Purba Sangiran adalah sarana pendidikan yang unik dan harusnya mampu memberikan pemahaman kepada semua tingkatan umur untuk belajar tentang evolusi panjang semua mahluk hidup yang ada di bumi ini.

Ada keinginan besar untuk datang ke Sangiran, khususnya membawa peserta didik dari sekolah atau membawa keluarga tercinta untuk datang ke Museum Manusia Purba Sangiran yang telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional sebagai Situs Manusia Purba Paling Penting yang terdaftar dalam World Heritage List UNESCO tahun 1996.

Sehingga kita dapat semakin memperkaya wawasan dan pengetahuan akan budaya dan alam semesta di Negara Kesatuan Republik Indonesia, diharapkan kita semakin mencintai Negara yang sangat luas dan plural ini dengan berbagai kebudayaan, suku, agama dan bahasa.

Harapan saya usai pandemi global covid-19 usai? Mengunjungi Sangiran sebagai Situs Manusia Purba yang memberikan sejuta pengetahuan bagi saya, keluarga atau anak didik yang akan saya bawa kemari! Semoga…

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar