3

SEDERHANA, MEMANFAATKAN FASILITAS GRUP DI FACEBOOK UNTUK ULANGAN HARIAN MATEMATIKA. (+3)

vera June 16, 2014

SEDERHANA, MEMANFAATKAN FASILITAS GRUP DI FACEBOOK UNTUK ULANGAN HARIAN MATEMATIKA.

Dewasa ini sulit untuk dipungkiri bahwa media jejaring sosial ibarat magnet baru yang kekuatannya sangat besar, menarik semua orang bukan hanya sekedar tahu, tetapi akan berakhir dengan ” Kecanduan”. Pengaruhnya sangat besar mengalahkan tayangan-tayangan yang selama ini sangat diagung-agungkan di media televisi baik lokal maupun internasional.

Dikota-kota besar jejaring sosial facebook mungkin sudah tidak lagi membooming, anak-anak sekolah cenderung memilih twitter, BBMan, Instagram dll sebagai media mereka berinteraksi di dunia maya, karena aplikasi-aplikasi ini menurut mereka jauh lebih bersifat privasi..

Khusus di tempat saya (Kabupaten Sinjai), jejaring sosial facebook masih sangat digandrungi. Hampir setiap hari saya mendapatkan siswa sibuk di facebook, bukan hanya sekedar pasang status, upload foto, bahkan memposting berita-berita terbaru hampir dari semua siswa mampu melakukan hal tersebut. Saya melihat keterampilan siswa ini adalah peluang alternative bagaimana sehingga pemanfaatan facebook jauh lebih bernilai positif dan edukatif.

Dengan peluang tersebut, saya mencoba sesuatu yang sederhana di faceook, saya buat group khusus matenatika kelas 7 SMP Negeri 2 Bulupoddo, saya menghimbau semua siswa kelas 7 untuk bergabung dengan group tersebut yang pastinya grup ini adalah grup tertutup sehingga yang menjadi anggotanya hanya siswa kelas 7 saja. Kebetulan semua siswa sudah mempunyai akun facebook, jadi hal ini memudahkan dalam memanage grup tersebut, setela saya pastikan semua siswa telah bergabung, di awal saya mensimulasikan dengan memposting beberapa soal quiz dan berdurasi 2 sampai 3 hari untuk batas pengumpulan jawaban.

Berbicara tentang hal baru, saya menilai sebagian besar siswa sudah mampu menalar alur dari tugas-tugas yang diberikan, namun masih terdapat bebrapa siswa yang mengumpulkan tugasnya melalui pesan ( massage) melewati batas waktu yang telah ditentukan. Namun saya menganggap ini adalah sebuah proses dimana terdapat kendala-kendala yang akan muncul disaat menawarkan sebuah program baru.

Setelah mensimulasikan beberapa kali, maka saya berani untuk memberikan soal ulangan harian melalui facebook, waktunya disesuaikan dengan jadwal di sekolah, jadi siswa sudah siap online untuk mendownload soal hari itu, dengan durasi waktu pengerjaan 2 x 30 menit, dan sisa waktu dari 2 x 40 menit digunakan sebagai bahan refleksi terhadap apa yang telah dilakukan hari itu., jawaban dari siswa diketik dan dikirim melalui pesan, bukan melalui komentar, sehingga kerahasiaan jawaban siswa lebih aman.

Banyak keuntungan dari kegiatan sederhana ini, mulai dari penghematan kertas, keefektifan siswa bekerja karena tingkat konsentrasi dan tanggung jawab dirinya besar, dan yang paling penting adalah bagaimana siswa memanfaatkan teknologi khusunya media jejaring social sebagai wadah untuk berinnteraksi dalam kegiatan akademik. Dari segi penerapan nilai terkait kurikulum 2013 semua aspek nilai terpenuhi,

881. Aspek nilai sikap, yaitu sikap sikap siswa lebih santun dalam menggunakan teknologi, sikap tanggung jawab besar terhadap tugas yang diberikan, serta bersemangat dalam bekerja.

2. Aspek pengetahuan, siswa berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan soal dengan benar sebelum final jawaban yang telah dibuat dikirim ke pesan grup

3. Aspek keterampilan, siswa mampu dengan bijak memanfaatkan alat-alat teknologi termasuk Hp, gadget, tab, dan lainnya dengan baik.

Meskipun banyak keuntungan tetapi tetap saja ada kelemahan-kelamahan yang muncul, misalnya, siswa dari kelas yang berbeda sudah mempunyai gambaran soal karena waktu pelaksanaannya juga berbeda, namun melalui kelemahan yang muncul, sebagai seorang guru adalah sebuah tantangan untuk berpikir bagaimana menjadikan kelemahan-kelemahan yang ada menjadi kekuatan dari setiap program yang ditawarkan. Terima kasih. Semoga kita semua bias maju bersama dengan kemajuan yang ada, karena nilai dari sebuah KESUKSESAN adalah DEDIKASI, KERJA KERAS, serta PENGABDIAN pada hal-hal yang ingin diCAPAI. Wassalam.

Comments (3)

  1. Nah artikel ibu sudah muncul di sini. Sebenarnya ibu tak perlu dua kali menulis artikel, apalagi dengan topik yang sama. Ibu bisa EDIT artikel sebelumnya dengan mengklik tulisan edit di sebelah tulisan new di atas header Guraru itu bu. OK thx sharingnya dan salam menulis.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar