11

Sebuah Aplikasi Android Dari Siswa Untuk Guru (+6)

Amiroh May 20, 2015

Membaca artikel teman-teman Guraru dalam Kompetisi Guru Blogger, Hari Pendidikan Nasional membuat saya semakin sadar betapa para guru berupaya untuk menjadi guru yang profesional dengan terus menerus mengembangkan metode dan kualitas mengajar mereka, terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengajar di kelas.

Saya, yang akhir-akhir ini [merasa] tidak memiliki banyak waktu untuk menceritakan pengalaman mengajar,  tiba-tiba merasa seperti terhipnotis, bahkan takjub dengan tulisan teman-teman Guraru. Begitu banyak pengalaman mengajar yang sangat seru, yang membikin saya menjadi speechless 😀

Merasa ikut menjadi bagian dari Komunitas ini, saya pun tidak bisa menahan diri untuk ikutan menulis dan berbagi pengalaman di tengah kesibukan mengajar saya. Tentu saja, sekedar ingin berbagi pengalaman, disamping.. jujur, saya juga sedikit berharap, bisa membawa pulang Acer One 10!! 😀

Percayalah, bahwa semua itu karena saya merasa yakin bahwa saya akan terlihat keren, jika menggunakan perangkat terbaru dari Acer tersebut dalam setiap aktivitas mengajar saya, baik di depan para siswa maupun guru yang ingin mengembangkan media pembelajaran bersama saya..he..he..

Namun, tak seperti teman-teman guraru lainnya, seperti Pak Subakri Ayo Mendidik, Pak Iwan Sumantri, Pak Umar Thalib, yang selama 2 bulan terakhir ini namanya selalu berada di deretan 3 member Guraru yang paling aktif berinteraksi di Blog Komunitas Guraru.org. Tentu, harapan untuk bisa membawa Acer One 10, bagi saya bisa dibilang.. terlalu berlebihan. Bagaimana mungkin, saya yang notabene jarang (bc. tidak pernah) mengisi blog ini, tiba-tiba bermimpi menginginkan hadiah itu.. Oh God, that would be my selfishness!!

Maka anggaplah tulisan saya ini sebagai salah satu tulisan penggembira saja, syukur-syukur jika tulisan ini bisa menginspirasi teman-teman guraru lainnya. Percayalah.. bahwa saya ikhlas membaginya 😉 Meski diakhir tulisan tetap akan saya beri catatan, bahwa tulisan ini diikutkan dalam Kompetisi Guru Blogger Guraru.org 😀

Kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman saat berkolaborasi dengan siswa dalam project pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis android. Project ini dilatarbelakangi atas maraknya penjualan HP yang memiliki sistem operasi Android  dengan harga yang relatif murah. yang membuat seluruh kalangan masyarakat mulai tingkat bawah, menengah dan atas dapat dengan mudah bisa memilikinya, termasuk para guru dan siswa.

Di sekolah saya sendiri, SMKN 3 Jombang, lebih dari 30 % siswa dan 50% guru SMKN 3 Jombang menggunakan handphone android dalam berkomunikasi sehari-hari. Namun, sampai saat ini perangkat mobile tersebut masih banyak dimanfaatkan hanya untuk berkomunikasi seperti menelpon, mengirim pesan dan mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram atau bermain game.

Menurut saya, penggunaan perangkat mobile tersebut akan lebih berguna apabila dimanfaatkan sebagai media untuk belajar dan mengajar, seperti mengakses materi-materi pembelajaran yang banyak tersedia di internet. Namun, setelah saya amati, ternyata perangkat mobile yang digunakan oleh siswa, tidak selalu disertai dengan paket data internet yang bisa memfasilitasi mereka untuk mengakses konten pembelajaran secara online di internet. Sehingga, menurut saya, solusi yang tepat  adalah membuat sebuah aplikasi pembelajaran yang bisa diakses oleh siswa dan guru melalui hp android secara offline, kapan saja mereka mau.

Ide untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran berbasis android tersebut selanjutnya saya sampaikan kepada pihak sekolah, dan syukur alhamdulillah.. sekolah menyetujui dan memberi support kepada saya untuk mengerjakan project ini. Selanjutnya saya menawarkan kepada siswa saya, khususnya anak bimbingan saya, kelas X TKJ untuk bergabung dalam project pembuatan aplikasi ini.

Semula saya sampaikan kepada mereka bahwa dalam pembuatan aplikasi ini mereka akan saya bimbing mulai dari awal pembuatan aplikasi sampai meng-compile project menjadi file .apk dan kemudian dipasang pada perangkat mobile android. Alhamdulillah, beberapa siswa tertarik untuk bergabung dalam project ini. Maka, jadilah kami mengerjakan project ini bersama-sama.

Project ini kami lakukan selama 2 bulan di luar jam belajar di sekolah dengan timeline sebagai berikut:

Project Timeline Pembuatan Aplikasi pembelajaran berbasis android

Dan jadwal kegiatan per minggu, di luar kegiatan belajar mengajar, sebagai berikut:

Jadwal kegiatan pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis android per minggu

Tujuan akhir dari project ini adalah terciptanya sebuah aplikasi pembelajaran berbasis android untuk Mata Pelajaran Kejuruan/Produktif Teknik Komputer dan Jaringan. Aplikasi ini nantinya akan menjadi media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 3 Jombang.

Aplikasi yang kami gunakan untuk membuat aplikasi ini adalah Google App Inventor. App Inventor merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang bersifat open source sekaligus gratis, yang dikembangkan oleh Google Labs dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).  App inventor memberi kesempatan kepada kita yang awam terhadap bahasa pemrograman, untuk membuat sebuah perangkat lunak (aplikasi) untuk sistem operasi berbasis Android dengan cara yang sangat mudah, tanpa harus melakukan coding, melainkan cukup dengan melakukan drag and drop layaknya kita sedang bermain puzzle.

Script pemrograman yang biasa dituliskan oleh para programmer android untuk memberikan event terhadap sebuah komponen, pada App Inventor diwujudkan dalam bentuk block yang memiliki bentuk dan warna tertentu. Block inilah yang sering disebut sebagai event handler, yang mana dia berfungsi untuk memberikan event pada komponen yang diinginkan. Setiap block mewakili event tertentu yang dipasangkan pada block lain yang sesuai.

Sebuah  block dapat dianalogikan sebagai potongan kata atau kalimat, yang mana apabila kata tersebut disusun dengan benar dia akan membentuk sebuah kombinasi kalimat yang memberikan instruksi kepada handphone anda untuk melakukan sesuatu.

Sebagai contoh, misalnya saya memiliki 3 block berikut:

block

Block editor app inventor

 Maka apabila 3 block di atas disusun, akan membentuk sebuah block baru sebagai berikut:

block2

Block sebuah komponen lengkap

Yang mana apabila diterjemahkan ke dalam sebuah kalimat, berbunyi: “Ketika tombol Ucapkan (Btn_Ucapkan) ditekan, maka bunyikan “Suara” dengan pesan (Text) yang telah diinputkan user pada “Kotak_Teks”.  App Inventor bisa dioperasikan secara online maupun offline.

Tutotial pembuatan aplikasi android menggunakan App Inventor ini dapat dibaca diblog saya http://amiroh.web.id (Promosi blog.. :D)

Saat ini kami masih sedang menyelesaikan pembuatan aplikasi ini, dengan deadline akhir Bulan Mei ini. Namun ada beberapa siswa yang sudah berhasil menyelesaikannya. Berikut hasil aplikasi yang telah berhasil dibuat oleh siswa saya bernama Austin Fascal Iskandar untuk Materi Pelajaran Komunikasi Data Kelas XI.

Video dibuat menggunakan Photo Story 3 for Windows

Jika teman-teman Guraru ingin mencoba file .apk untuk mata pelajaran tersebut, silahkan diunduh di sini. Sedangkan untuk file lainnya masih dalam proses pengerjaan sampai deadline waktu yang telah terjadwal di atas.

Meski menurut sebagian orang pembuatan aplikasi menggunakan App Inventor ini relatif mudah, namun bagi siswa saya (yang sebelumnya telah belajar Visual Basic.Net), menggunakan aplikasi ini ternyata lebih sulit dari pada coding menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net..he..he.. Hal ini mungkin dikarenakan mereka sudah terbiasa dan asyik coding dari pada bermain logika drag and drop.

Apapun itu, tetapi yang jelas dengan mengerjakan project ini mereka bisa belajar dan mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan menciptakan produk yang bisa bermanfaat untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah, terutama untuk mata pelajaran produktif/kejuruan yang memang belum banyak kita jumpai aplikasinya, bahkan di play store sekalipun. Semoga aplikasi buatan Siswa SMKN 3 Jombang ini bisa menginspirasi siswa di sekolah lainnya. Amin 😀

Video dibuat menggunakan Ms PowerPoint 2013

Last but not least, Artikel ini diikutkan dalam lomba menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10. Happy blogging 🙂

Comments (11)

  1. DAN … DAN …. DAN ….. AKHIRNYA ……… datang juga nih SRI KANDI BLOGGER INDONESIA … JUARA GURARU …. dan GURU IT yang luar biasa …..
    VOTE UP dulu …. dengan banyak gelar itu …. IBU AMIROH ADNAN masih mau bergabung …. LUAR BIASA …. 🙂

  2. jadi malu DIKATAKAN 3 ORANG TERAKTIF dan selalu NONGKRONG FOTOnya di atas heeeeee ….
    tapi sebenarnya sama juga dengan pendapat ibu
    =========================================
    disamping.. jujur, saya juga sedikit berharap, bisa membawa pulang Acer One 10!! 😀
    =========================================
    apa lagi ada sedikit RAYUAN
    =========================================
    Percayalah, bahwa semua itu karena saya merasa yakin bahwa saya akan terlihat keren, jika menggunakan perangkat terbaru dari Acer tersebut dalam setiap aktivitas mengajar saya, baik di depan para siswa maupun guru yang ingin mengembangkan media pembelajaran bersama saya..he..he..
    ========================================
    heeeeee … MANTABZ … habis … 🙂
    kalau boleh kami merayu …. yang NONGKRONG 3 di atas juga diberi reward juga yaaaa ….. 🙂 ACER ONE 10 juga dong … setujukan pak umar dan pak iwan ?

  3. GURARU dot ORG … memang tempat bertemu guru-guru berdedikasi seperti bu Am .. sy hanya mengikut di belakangnya heeeee … 🙂
    masalahnya ITnya di bawah KKM 🙂
    kang martho setujut berarti sama2 dapat heeeee …
    papk iwan tidak setuju kayaknya 🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar