7

Searching Pengetahuan …Sebuah Pembelajaranan Yang Menyenangkan (+7)

Dwi Yuliyanti May 20, 2015

Awalnya ketika saya hendak membuat rencana pengajaran materi tentang pola interaksi mahluk hidup dengan lingkungan sempat bingung, karena ketika melihat buku IPA siswa kelas 7 kurikulum 2013, tidak ada penjelasan secara detil tentang apa itu rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida makanan dan simbiosis. Akhirnya tercetuslah ide bagaimana agar materi ini dipahami oleh siswa dan terpikir pula bagaimana agar siswa terangsang untuk membangkitkan rasa ingin tahunya maka saya mendesign pembelajaran tersebut dengan cara berkelompok di bantu dengan media laptop untuk mencari kata-kata kunci pada materi pola interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya.

Pada kegiatan pembelajaran yang saya lakukan pertama saya membentuk kelompok, Masing-masing kelompok menggunakan 1 buah laptop. Kemudian saya meminta siswa untuk mencari lewat internet tentang apa itu rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida makanan dan simbiosis. Ketika siswa mencari materi tersebut melalui internet saya pantau masing -masing kelompok. setiap anggota dalam kelompok tersebut diminta untuk aktif memberikan kontribusi pemikiran terhadap materi yang sedang dipelajari. Alhamdulillah di sesi ini siswa cukup antusias mencari pengetahuan yang sedang dipelajarinya,

Selesai mereka searching melalui internet lalu diskusi dengan anggotanya, setiap kelompok diminta untuk presentasi. Disinilah mereka mengkomunikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan. Pada sesi ini mereka belajar bagaimana menjelaskan pengetahuan dari yang mereka temukan. Selesai mempresentasikan guru dan siswa menyimpulkan bersama tentang materi tersebut agar seluruh siswa memiliki pemahaman yang benar tentang konsep yang sedang dipelajari.

 

 

20150520_08492820150520_085022

Diikut sertakan dalam lomba guru menulis bulan pendidikan

Tagged with:

Comments (7)

  1. Dalam pembelajaran sekarang guru dan siswa tidak cuma bergantung pada buku itu saja, namun diharapkan melakukan pencarian lewat apa saja. Internet merupakan solusi terakhir pencarian pengetahuan siswa.

    keren tulisannya, saya juga merasakannya di saat WARNET makin ramai dikunjungi siswa mencari tugas

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar