2

Saidjah Adinda”, Film yang Paling Ingin Saya Tonton di 2021 (0)

Supadilah S.Si January 20, 2021

Mendengar ‘Saidja Adinda’ tentu langsung lekat pada Lebak, Banten. Sebab roman ini memang berikatan erat dengan daerah di mana Suku Baduy ini berdiam. Maka ketika akan tayang Saidjah & Adinda (Max Havelaar By Multatuli) di tahun 2021 langsung saya berniat akan menontonnya. Tapi di mana? Sebab di Lebak sendiri kemungkinan kecil bioskop sudah beroperasi. Ya, sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak layanan hiburan tutup. Termasuk bioskop.

Bukan saya saja yang ribut. Saat trailernya mondar mandir di grup WA, banyak pula yang penasaran menontonnya.

“Paling yang ada di Tangerang.”

“Jauh, euy. Paling masih PSBB juga,” timpal yang lain.

Saidjah Adinda memang ikonik bagi Lebak. Dua nama itu ada dalam roman yang dikarang oleh Multatuli alias Douwes Dekker. Nama itu pula yang dijadikan nama perpustakaan daerah di kabupaten Lebak. Perpustakaan yang berdekorasi unik itu juga bersanding dengan museum Multatuli.

Lebak sendiri punya iven tahunan yang sangat ramai, kalau tidak di masa pandemi begini, akan ada acara tahunannya. Namanya Festival Seni Multatuli (FSM). Iven ini bahkan didatangi wisatawan manca negara terutama Belanda.

Roman Max Havelaar ini memang melegenda. “Roman yang membunuh kolonialisme,” tutur Pramoedya Ananta Toer. Sejarah Indonesia tentang roman perjuangan rakyat melawan penjajahan Hindia Belanda.

Roman Max Havelaar ditulis oleh Multatuli atau Edward Douwes Dekker di sebuah losmen murah di Belgia selama 1 bulan 1859. Padahal dia menulisnya 4 tahun setelah mengundurkan diri sebagai asisten residen Hindia Belanda.

Lewat kisah cinta Saidjah Adinda, Max Havelaar juga melukiskan dengan kuat berbagai penindasan dan penderitaan yang dialami oleh rakyat Lebak akibat sistem feodalisme.

Bupati Lebak kala itu sewenang-wenang mengambil harta dari rakyat. Lewat kaki tangannya Bupati Lebak merampas kerbau-kerbau warga. Saidjah hendak mempertahankan kerbaunya. Tapi dituduh melawan pada penguasa.

“Kamu berani melarang saya mengambil kerbau ini. Berarti kamu siap melawan saya,” Demang Parungkujang, kepercayaan Bupati Lebak Raden Adipati.

Film ini bakal menarik. Sebetulnya sudah ada film Saidja Adinda (1976) yang lebih dulu ada. produksi bersama PT Mondial Motion Pictures (Jakarta) dan Fons Rademakers Productie B.V. (Amsterdam). Tapi beda teknologi penggarapan sebagai konsekwensi zaman tentu menghadirkan film yang berbeda.

“Aku ingin bebas dan terlepas dari kejamnya para penguasa yang merebut segala yang aku punya,” Saidjah.

Para Pemain

Saidjah akan diperankan Achmad Ali Sukarno, dan Adinda diperankan oleh Rizky Darta. Pemain lain yang ambil bagian dalam film ini ada Chris Leitner, Aliya Abbyasova, DC. Aryadi, beserta aktor senior Indonesia Arswendi Nasution, Nena Rosier, Egi Fedly, Jajang C. Noer, dan Claudio.

Tak hanya soal percintaan, Saidjah Adinda merupakan perjuangan rakyat melawan feodalisme penguasa. Demang bisa berbuat kejam bahkan kepada warganya sendiri.

Namun hal ini dipolitisir oleh sang penguasa, “Rakyat memberikan kerbaunya dengan sukarela karena mereka mencintai saya sebagai bupatinya.”

Saidjah dan Adinda telah berjanji saling mencintai dan memiliki impian untuk menikah, memiliki kerbau baru dan hidup dengan bahagia. Namun karena kemiskinan, mereka harus berpisah. Adinda diminta menunggu 3 kali 12 bulan. Saidjah pergi merantau. Bekerja di Batavia.

“Aku akan pergi selama 3 kali 12 bulan. Tandai lesung ini. Kalau sudah 36 tanda, esok aku akan datang ke sini untuk menjemputmu,”

Film ini juga akan banyak adegan laga yang tak kalah epik. Percakapan bahasa Sunda akan menambah pemaknaan atas film.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar