0

RPP SENI BUDAYA KELAS VII SMP SEMESTER 1 (Materi Menggambar Flora, Fauna dan Alam Benda) (0)

WAHIDYAH NUR IKHSANI April 8, 2021

Perangkat pembelajaran RPP menjadi sebuah kebiasaan yang harus dibuat oleh setiap guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran agar guru memiliki pedoman apa saja yang harus dilakukan ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung. Maka RPP perlu di susun dengan baik dan maksimal. RPP yang saya share kali ini merupakan RPP mater mengenai Menggambar Flora, Fauna dan Alam benda yang merupakan RPP untuk siswa kelas VII SMP Semester 1.

  Gambar merupakan bahasa yang  universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar sudah dikenal masyarakat sejak zaman purba. Pada saat itu, gambar sering dihubungkan dengan aktivitas manusia dan roh  leluhur yang dianggap memberi keberkahan dan perlindungan. Bagi manusia purba, gambar tidak sekedar sebagai alat komunikasi untuk roh leluhur saja, tetapi juga memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat bertahan hidup.
   Menggambar tidak hanya melibatkan aktivitas fisik semata tetapi juga mental. Aktivitas fisik berhubungan dengan keterampilan menggunakan peralatan menggambar sedangkan mental berhubungan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia dalam melakukan aktivitas menggambar memerlukan media, alat serta bahan yang senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

 Proses menggambar sebenarnya dapat kamu mulai dengan cara yang sangat sederhana dan mudah  dilakukan. Biasakan sebelum menggambar buatlah sketsa terlebih dahulu agar gambar memiliki komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik. Beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat menggambar sebagai  berikut:1). Mengetahui bentuk dasar dari objek yang akan digambar2). Mengetahui  bagian-bagian dari objek gambar3). Menyusun atau menyambung bagian per bagian  menjadi gambar  yang utuh4). Memberikan  dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna5). Memberi kesan untuk latar belakang
   Pertama kali menggambar sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa untuk memiliki kemiripan bentuk sesuai dengan objek yang digambar. Kamu harus berlatih dan sabar sampai menguasai bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar. Mulailah berlatih dari bentuk  flora, fauna, dan benda buatan manusia yang paling sederhana dan bisa digambar. 

1.  Teknik Menggambar Flora    Menggambar flora (tumbuh-tumbuhan) dapat memberikan pemahaman tentang keanekaragaman, keindahan,  dan  keunikan objek flora yang ada  di lingkungan sekitar. Flora memiliki banyak jenis dan bentuknya. Bagian-bagian flora dapat  digunakan sebagai objek gambar, misalnya bentuk  daun, bunga, dan buah. Bagian-bagian flora ini dapat digambar secara terpisah atau digabung menjadi satu rangkaian.
  Menggambar bunga kamboja dan bunga jepang memiliki teknik yang berbeda walaupun sama-sama jenis bunga. Perbedaan ini disebabkan karakteristik kelopak bunga yang berbeda.
   Perhatikan langkah-langkah menggambar bunga kamboja jepang di bawah ini:1). Gambarlah bentuk lingkaran untuk pola bunga2). Gambar kelopak bunga sesuaikan dengan bentuk aslinya.3). Berilah warna pada hasil gambar bunga.
   Menggambar bunga mawar lebih sulit dibandingkan dengan menggambar bunga kamboja Jepang. Ada empat tahapan dalam menggambar bunga mawar yaitu:1). Gambarlah objek secara garis besar.2). Gambarlah kelopak dengan cermat sesuai dengan arah melingkar bunga.3). Tentukan titik pusat bunga dan tempat batang yang bertemu dengan kelopak, ini akan  membantu menemukan posisi pusat bunga.4). Berilah arsiran atau warna agar lipatan dan tekstur gambar lebih berkesan hidup

2. Teknik Menggambar Fauna   Fauna (hewan) memiliki jenis yang berbeda-beda, ada yang berkaki empat, seperti sapi, kambing, berkaki dua seperti ayam, bebek. Ada hewan yang hidup di air dan di darat. Hewan juga ada yang bersifat galak dan jinak. Setiap hewan memiliki bentuk badan yang berbeda-beda. Kamu bisa menggambar hewan mulai dari badannya, kemudian berlanjut kepala, kaki atau cakarnya. Bentuk-bentuk geometris akan membantu dalam membuat gambar hewan  agar  lebih mudah dan tentunya diawali dengan sketsa.
   Contoh menggambar itik:1). Buatlah gambar bentuk oval untuk badan.2). Tambahkan bentuk kerucut untuk leher, kepala, dan ekor.3). Berilah arsiran atau warna pada gambar itik.

3.  Teknik MenggambarAlam Benda   Menggambar alam benda disebut juga menggambar bentuk. Alam benda dapat terdiri atas benda buatan manusia dan benda yang sudah terbentuk dari alam. Alam benda buatan manusia dapat berupa kendi, piring, mangkuk, gelas, dan beraneka ragam bentuk lainnya. Alam benda yang terdapat di alam seperti batu, batang kayu, air, dan juga awan.
   Pada saat menggambar bentuk, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini:Proporsi bentuk benda yang akan digambarKomposisi dalam meletakkan bendaCahaya yang menyinari objek gambar dan akan membentuk bayanganPenggunaan arsiran atau warna yang akan membentuk kesan bidang tiga dimensi.Penggunaan latar belakang (background)
   Contoh menggambar piring dan cangkir:1). Gambarlah bentuk  silinder dan oval.2). Buatlah setiap bagian menjadi bentuk cangkir dan piring.3). Sempurnakan gambar dengan menggunakan arsiran atau warna.

Terdapat model pembelajaran Tatap Muka maupun daring pada RPP tersebut. Mengingat kegiatan pembelajaran selama pademi saat ini, maka diperlukan RPP dengan model pembelajaran secara daring atau jarak jauh.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar