3

RPP Matematika Kelas X (persamaan linear) (0)

Tantri January 22, 2021

Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas

                        Mata Pelajaran            : Matematika (Peminatan Matematika dan Ilmu Alam)

Kelas / Semester         : X / 2

Materi                         : Memahami Pertidaksamaan Pecahan dan Irasional

Jumlah Pertemuan      : 2 pertemuan

  1. Kompetensi Inti
  2. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  3. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  4. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  5. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
  6. Tujuan Pembelajaran
  7. Menghayati dan merasakan kebesaran Tuhan melalui materi pertidaksamaan satu variabel.
  8. Mengamalkan kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan toleransi dalam perbedaan strategi untuk menyelesaikan masalah pertidaksamaan satu variabel.
  9. Memahami dan menerapkan konsep pertidaksamaan pecahan dan irasional dalam penyelesaian masalah.
  10. Menerapkan sifat-sifat pertidaksamaan pecahan dan irasional dengan manipulasi aljabar untuk menyelesaikan masalah matematika serta menganalisis daerah penyelesaian.
  11. Mencoba dan menyajikan penyelesaian masalah nyata terkait pertidaksamaan pecahan dan irasional.
  12. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi DasarIndikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.1.1 Peserta didik menghayati kebesaran Tuhan melalui pokok bahasan pertidaksamaan kuadrat satu variabel. 1.2 Peserta didik mengamalkan rasa syukur kepada Tuhan karena diberi kesempatan untuk belajar pertidaksamaan satu variabel.
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerja sama, jujur dan percaya diri serta responsif dalam menyelesaikan berbagai permasalaha nyata. 2.2 Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam. 2.3 Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat.2.1 Peserta didik menerapkan kemampuan bekerja sama, konsisten, dan toleransi dalam mempelajari materi pertidaksamaan satu variabel. 2.2 Peserta didik mengamalkan sikap disiplin dan rasa percaya diri dalam perbedaan strategi untuk menyelesaikan masalah pertidaksamaan satu variabel.
3.7 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep pertidaksamaan dan nilai mutlak dalam menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irasional dan mutlak. 3.8 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep pertidaksamaan pecahan, irasional, dan mutlak dalam menyelesaikan masalah matematika. 3.9 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep dan sifat-sifat pertidaksamaan pecahan, irasional dan mutlak dengan melakukan manipulasi aljabar dalam menyelesaikan masalah matematika. 3.10 Menganalisis daerah penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irasional dan mutlak.3.1 Peserta didik memahami konsep pertidaksamaan pecahan dan irasional dalam penyelesaian masalah. 3.2 Peserta didik menerapkan konsep pertidaksamaan pecahan dan irasional dalam penyelesaian masalah. 4.1 Peserta didik menerapkan sifat-sifat pertidaksamaan pecahan dan irasional dengan manipulasi aljabar untuk menyelesaikan masalah matematika. 4.2 Peserta didik menganalisis daerah penyelesaian pertidaksamaan pecahan dan irasional.
4.6 Memecahkan masalah pertidaksamaan pecahan, irasional dan mutlak dalam penyelesaian masalah nyata.5.1 Peserta didik mencoba menyelesaikan masalah nyata terkait pertidaksamaan pecahan dan irasional. 5.2 Peserta didik menyajikan penyelesaian masalah nyata terkait pertidaksamaan pecahan dan irasional.
  • Materi
    • Pertidaksamaan pecahan
    • Pertidaksamaan irasional
  • Metode Pembelajaran
  • Pendekatan   : pendekatan ilmiah (scientific approach).
  • Metode          : ceramah, diskusi, pemecahan masalah, dan tanya jawab.
  • Media dan Sumber Belajar

       Media Pembelajaran:

Media Presentasi (Power Point)

       Sumber Pembelajaran:

1.    Lingkungan sekitar

2.    Referensi lain:

  1. Wilson, Simangunsong. 2005. Matematika Dasar. Jakarta: Erlangga.
  2. Sulistiyono. 2007. Seri Pendalaman Materi Matematika SMA. Jakarta: ESIS.
  • Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Pendahuluan (15 menit) Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar kepada peserta didik. Peserta didik menjawab salam dari guru secara bersama-sama.Guru mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama.Salah seorang peserta didik memimpin berdoa bersama.Guru dan peserta didik berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Kegiatan Inti (60 menit) Mengamati Peserta didik membaca materi pertidaksamaan pecahan.Peserta didik mencermati penjelasan tentang pertidaksamaan pecahan yang disampaikan guru.Peserta didik mencatat materi yang belum dipahami dari penjelasan yang disampaikan guru. Menanya Peserta didik menanyakan materi tentang pertidaksamaan pecahan yang belum dipahaminya kepada guru.Guru menanyakan materi tentang pertidaksamaan pecahan kepada peserta didik secara acak. Mengeksplorasi Secara berkelompok, peserta didik mencari informasi tentang  pertidaksamaan pecahan dari sumber lainnya (melalui internet). Mengasosiasikan Peserta didik dapat menemukan manfaat mempelajari pertidaksamaan pecahan dalam kehidupan. Mengomunikasikan  Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
Penutup (15 menit)   Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang pertidaksamaan pecahan.Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik tentang pertidaksamaan pecahan.   Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.  

Pertemuan Kedua

Pendahuluan (15 menit) Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar kepada peserta didik. Peserta didik menjawab salam dari guru secara bersama-sama.Guru mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama.Salah seorang peserta didik memimpin berdoa bersama.Guru dan peserta didik berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Kegiatan Inti (105 menit) Mengamati Peserta didik membaca materi pertidaksamaan irasional.Peserta didik mencermati penjelasan tentang pertidaksamaan irasionaldisampaikan guru.Peserta didik mencatat materi yang belum dipahami dari penjelasan yang disampaikan guru. Menanya Peserta didik menanyakan materi tentang pertidaksamaan irasional yang belum dipahaminya kepada guru.Guru menanyakan materi tentang pertidaksamaan irasional kepada peserta didik secara acak. Mengeksplorasi Secara berkelompok, peserta didik mencari informasi tentang  pertidaksamaan irasional dari sumber lainnya (melalui internet). Mengasosiasikan Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan hasil kerja kelompoknya.Peserta didik dapat menemukan manfaat mempelajari pertidaksamaan irasional dalam kehidupan. Mengomunikasikan  Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
Penutup (15 menit)   Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang pertidaksamaan irasional.Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik tentang pertidaksamaan irasional.Peserta didik mengerjakan uji kognitif dan uji kompetensi di akhir kegiatan pembelajaran.Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.  

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar