0

RPP Kelas 7 SMP Pengukuran 5 (0)

Tantri January 31, 2021

Satuan Pendidikan   :   ………………………………………………

Kelas / Semester       :   VII / 1

Mata Pelajaran         :   Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Materi Pokok            :   Objek IPA dan Pengukuran

Sub Materi Pokok    :   Objek Ilmu Pengetahuan Alam

–    Penyelidikan IPA

–    Pengukuran sebagai Bagian dari Pengamatan

Alokasi Waktu          :   ………. x 40 Menit

a.   Kompetensi Inti (KI)

KI-3  :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4  :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

Kompetensi DasarIndikator Pencapaian Kompetensi
3.1.    Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar, serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.3.1.1. Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA 3.1.2. Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA 3.1.3. Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA 3.1.4. Menjelaskan pengertian pengukuran 3.1.5. Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran). 3.1.6. Membandingkan satuan baku dan tidak baku 3.1.7. Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran 3.1.8. Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional) 3.1.9. Menjelaskan pengertian besaran pokok 3.1.10.            Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya 3.1.11.            Menjelaskan pengertian besaran turunan 3.1.12.            Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya
4.1.    Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.4.1.1.  Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil 4.1.2. Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku 4.1.3. Melakukan pengukuran besaran- besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan  sehari-hari 4.1.4. Melakukan pengukuran besaran- besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Pertemuan KE-5 (3 JP)

Besaran Turunan

a.    Materi untuk Guru

Besaran turunan merupakan besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok, seperti luas, volume, konsentrasi, dan laju. Luas diturunkan dari dua besaran panjang, yaitu panjang dan lebar. Volume diturunkan dari tiga besaran panjang, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Konsentrasi larutan diturunkan dari satu besaran mol dan tiga besaran panjang. Laju diturunkan dari satu besaran panjang dan satu besaran waktu. Tidak hanya dalam bidang fisika, besaran turunan dapat ditemukan pada masalah kimia, seperti konsentrasi gula. Begitu pula dengan masalah biologi, seperti laju pertumbuhan tanaman, laju respirasi (penggunaan oksigen), dan lain-lain. Masing-masing besaran turunan dapat dilihat pada Tabel 1.4 berikut.

Tabel 1.4 Contoh-Contoh Besaran Turunan

BesaranLambangSatuanLambang Satuan
Luas Volume Kecepatan Percepatan KonsentrasiA V v a MMeter persegi Meter kubik Meter per sekon Meter per sekon kuadrat Molaritasm2 m3 m/s m/s2 m=mol/m3

Sumber : www.file.upi.edu

Dari tabel 1.4 di atas, dapat diketahui bahwa besaran turunan merupakan besaran yang diturunkan dari beberapa besaran pokok. Jika dijabarkan adalah sebagai berikut.

1) Luas             = Panjang x panjang      = panjang x lebar

2) Volume        = Panjang x panjang x panjang = panjang x lebar x tinggi

3) Kecepatan  = Panjang : waktu

4) Percepatan = (Panjang : waktu) : waktu = Kecepatan : waktu

5) Konsentrasi = mol : (panjang x panjang x panjang) = mol : volume

b.    Kegiatan Pembelajaran

NoKegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
 Untuk menarik perhatian Peserta Didik, guru menunjukkan  selembar kertas, kemudian menanyakan  kepada Peserta Didik bagaimana cara mengukur luasnya. Guru menunjukkan  kembali video motor balap dan menanyakan  bagaimana cara mengukur kelajuannya. Guru membawa Peserta Didik masuk ke dalam topik bahasan  besaran turunan yang berasal dari besaran pokok.
Inti
1.Guru menjelaskan cara mengukur luas benda yang teratur, yaitu pengalian panjang dan lebar, kemudian menunjukkan  bahwa besaran panjang dan lebar merupakan  besaran pokok yang memiliki satuan meter dan meter. Jadi, satuan luas benda adalah m2. Di sini, guru menekankan konsep bahwa besaran turunan berasal dari besaran pokok di mana hal ini mempengaruhi satuan yang digunakan.
2.Guru menunjukkan  sehelai daun, kemudian meminta Peserta Didik melakukan kegiatan pengukuran luas benda yang tidak teratur tersebut pada kegiatan “Ayo Kita Lakukan”.
3.Guru menjelaskan besaran turunan volume yang diperoleh dari besaran pokok panjang, lebar, dan tinggi serta asal-usul satuan yang digunakan. Guru membandingkan pengukuran dan satuan volume benda padat dan benda cair.
4.Guru meminta Peserta Didik menyelesaikan masalah kehidupan  sehari- hari pada kegiatan “Ayo Kita Lakukan” untuk menentukan cara termurah membeli minuman.
5.Guru memberikan contoh sederhana berkaitan dengan konsentrasi larutan, seperti penambahan gula sesuai selera pada minuman yang kita buat. Di sini, guru membawa Peserta Didik menemukan persamaan penentuan konsentrasi larutan yang berasal dari besaran pokok (massa zat terlarut dibagi volume pelarut).
6.Guru menjelaskan cara perhitungan laju pertumbuhan tanaman yang diperoleh dari besaran pokok (panjang dan waktu) serta satuan yang digunakan.
Penutup
 Guru bersama Peserta Didik melakukan review berkaitan dengan kegiatan “Ayo Kita Lakukan” pada akhir bab. Review dapat dilakukan dengan kuis singkat atau tanya jawab.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar