0

RPP Kelas 7 Pengukuran 4 (0)

Tantri January 31, 2021

Satuan Pendidikan   :   ………………………………………………

Kelas / Semester       :   VII / 1

Mata Pelajaran         :   Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Materi Pokok            :   Objek IPA dan Pengukuran

Sub Materi Pokok    :   Objek Ilmu Pengetahuan Alam

–    Penyelidikan IPA

–    Pengukuran sebagai Bagian dari Pengamatan

Alokasi Waktu          :   ………. x 40 Menit

a.   Kompetensi Inti (KI)

KI-3  :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4  :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

Kompetensi DasarIndikator Pencapaian Kompetensi
3.1.    Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar, serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.3.1.1. Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA 3.1.2. Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA 3.1.3. Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA 3.1.4. Menjelaskan pengertian pengukuran 3.1.5. Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran). 3.1.6. Membandingkan satuan baku dan tidak baku 3.1.7. Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran 3.1.8. Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional) 3.1.9. Menjelaskan pengertian besaran pokok 3.1.10.            Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya 3.1.11.            Menjelaskan pengertian besaran turunan 3.1.12.            Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya
4.1.    Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.4.1.1.  Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil 4.1.2. Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku 4.1.3. Melakukan pengukuran besaran- besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan  sehari-hari 4.1.4. Melakukan pengukuran besaran- besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Pertemuan KE-4 (2 JP)

Besaran Pokok

a.    Materi untuk Guru

Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah   ditetapkan terlebih dahulu dan tidak bergantung pada satuan-satuan besaran lain. Dalam Sistem Internasional, ada 7 besaran pokok, yaitu sebagai berikut.

Tabel 1.3 Besaran Pokok dalam Sistem Internasional (SI)

BesaranLambangSatuanLambang Satuan
Panjang Massa Waktu Kuat arus listrik Suhu Jumlah zat  Intensitas cahayaL M T I T N IMeter Kilogram Sekon Ampere Kelvin Mol Candelam kg s A K mol cd

Sumber : www.file.upi.edu

Berikut   ini   akan   diuraikan   definisi   satuan   standar   untuk 3 besaran pokok, yaitu meter untuk besaran panjang, kilogram untuk besaran massa, dan sekon  untuk  besaran waktu.

1) Meter Standar

Satu meter adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam selang waktu 1 sekon. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang adalah meteran, penggaris, jangka sorong, mikrometer sekrup.

2) Kegiatan Pembelajaran

Satu kilogram adalah massa silinder campuran Platina-Iridium yang disimpan di International Bureau of Weight and Measuresdi kota  Sevres  dekat  Paris,  Perancis. Massa standar satu kilogram dipilih sedemikian rupa sehingga sama dengan massa 1 liter air murni pada suhu 4° C. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda padat adalah neraca dua lengan atau neraca tiga lengan.

3) Sekon Standar

Satuan waktu standar ditetapkan berdasarkan jam atom Cesium. Satu  sekon  didefinisikan  sebagai  waktu  yang  diperlukan  oleh atom Cesium-133 (Cs-133) untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali. Alat ukur yang digunakan untuk menghitung waktu adalah stopwatch dan jam tangan.

b.    Kegiatan Pembelajaran

NoKegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
 Untuk memotivasi Peserta Didik, guru mendiskusikan hasil kegiatan kelompok pertemuan kemarin yaitu “Mengamati Penggunaan Alat Ukur”. Guru mengajak Peserta Didik untuk menyimpulkan bahwa alat ukur yang diidentifikasi Peserta Didik sebagian besar mengukur besaran panjang, massa, dan waktu yang merupakan  besaran pokok.
Inti
1.Guru melakukan kegiatan “Ayo Kita Lakukan” untuk menaksir dan mengukur panjang benda. Misal, guru meminta semua Peserta Didik menaksir panjang meja guru, kemudian perwakilan Peserta Didik diminta mengukur dengan menggunakan mistar. Penggunaan mistar untuk pengukuran panjang haruslah benar. Setelah itu, guru membandingkan hasil taksiran Peserta Didik satu dengan lainnya yang mendekati  hasil pengukuran.
2.Guru menjelaskan besaran panjang lebih lanjut beserta satuan yang digunakan dalam SI serta penggunaan alat ukur lain. Seperti jangka sorong dan mikrometer sekrup. Di sini guru dapat pula memodelkan penggunaan dan cara pembacaan jangka sorong dan mikrometer sekrup.
3.Guru menjelaskan besaran massa beserta satuan dasar (kg) serta penggunaan alat ukur neraca lengan untuk menimbang massa benda serta neraca pegas untuk menimbang beban. Setelah dimodelkan oleh guru, Peserta Didik mencoba sesuai kegiatan “Ayo Kita Lakukan” secara berkelompok.
4.Peserta Didik diminta mendiskusikan “Tantangan” dengan teman sekelompoknya, kemudian guru mengklarifikasikan.
5.Guru melanjutkan penjelasan  tentang besaran waktu, satuan dasar serta alat ukur stopwatch yang digunakan.
Penutup
 Guru melakukan review bersama Peserta Didik dengan menjawab beberapa pertanyaan di buku siswa pada “Ayo Kita Latihan”

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar