0

RPP Kelas 7 Pengukuran ( 1 ) (0)

Tantri January 31, 2021

Satuan Pendidikan   :   ………………………………………………

Kelas / Semester       :   VII / 1

Mata Pelajaran         :   Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Materi Pokok            :   Objek IPA dan Pengukuran

Sub Materi Pokok    :   Objek Ilmu Pengetahuan Alam

–    Penyelidikan IPA

–    Pengukuran sebagai Bagian dari Pengamatan

Alokasi Waktu          :   ………. x 40 Menit

a.   Kompetensi Inti (KI)

KI-3  :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4  :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

Kompetensi DasarIndikator Pencapaian Kompetensi
3.1.    Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar, serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.3.1.1. Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA 3.1.2. Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA 3.1.3. Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA 3.1.4. Menjelaskan pengertian pengukuran 3.1.5. Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran). 3.1.6. Membandingkan satuan baku dan tidak baku 3.1.7. Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran 3.1.8. Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional) 3.1.9. Menjelaskan pengertian besaran pokok 3.1.10.            Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya 3.1.11.            Menjelaskan pengertian besaran turunan 3.1.12.            Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya
4.1.    Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.4.1.1.  Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil 4.1.2. Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku 4.1.3. Melakukan pengukuran besaran- besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan  sehari-hari 4.1.4. Melakukan pengukuran besaran- besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Pertemuan KE-1 (3 JP)

Penyelidikan IPA

a.    Materi untuk Guru

Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA, meliputi pengamatan, menginferensi, dan mengomunikasikan. Pengamatan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan pancaindra dan/atau alat ukur yang sesuai. Kegiatan inferensi meliputi merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan, untuk menemukan pola, hubungan, serta membuat prediksi. Hasil dan temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik lisan maupun tulisan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.

Kegunaan mempelajari IPA di antaranya adalah memahami berbagai hal di sekitar kita, menyelesaikan masalah, berpikir logis dan kritis, serta meningkatkan kualitas hidup. Adapun objek IPA adalah seluruh benda yang ada di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola keteraturannya.

b.    Kegiatan Pembelajaran

NoKegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.Untuk memotivasi peserta didik, dapat ditampilkan berbagai macam objek IPA, seperti kekayaan alam berupa keaneragaman flora dan fauna serta berbagai produk IPA, seperti jagung hibrida, rekayasa genetika, komputer, HP, dan berbagai hasil dari kecanggihan teknologi yang dapat disajikan melalui video singkat.
2.Perwakilan dari Peserta Didik diminta maju ke depan kelas dan melakukan pengamatan terhadap ciri-ciri yang tampak seperti tinggi badan, warna rambut, warna kulit sesuai kegiatan “Mengamati Temanmu” pada buku siswa kemudian menginterpretasikan dan mengomunikasikannya.Di sini guru membimbing Peserta Didik serta mengingatkan Peserta Didik untuk menghindari tafsiran yang dapat mempengaruhi hasil pengamatan. Misalnya adalah sebagai berikut. Pengamatan : Andi berambut hitam ikal, berkulit putih, hidung mancung, bibir tipis. Penafsiran    : Andi sombong dan tidak berhati lembut.
Inti
1.Peserta Didik diminta melakukan kegiatan kedua, yaitu “Kerja dalam IPA”. Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih Peserta Didik dalam membuat prediksi dan menguji prediksi.
2.Guru menjelaskan langkah-langkah  metode ilmiah yang harus digunakan pada setiap penyelidikan IPA, yaitu pengamatan, membuat inferensi, dan mengomunikasikan.
3.Bersama Peserta Didik, guru menyebutkan berbagai objek IPA serta kegunaan mempelajari IPA dalam kehidupan.
4.Guru menjelaskan lebih lanjut tentang berbagai contoh peneliti IPA yang menggunakan langkah-langkah  penyelidikan IPA atau metode ilmiah, sehingga menemukan suatu ide atau penemuan baru yang berguna bagi kehidupan  manusia.
Penutup
1.Guru melakukan review bersama Peserta Didik berkaitan dengan materi yang diajarkan. Pada kesempatan ini dapat dilakukan kegiatan tanya jawab.
2.Guru menugaskan Peserta Didik untuk melakukan kegiatan kelompok Penyelidikan IPA yang berkaitan dengan masalah di sekitar mereka. Selanjutnya, guru menugaskan pada Peserta Didik langkah-langkah  apa yang harus diperhatikan dalam penyelidikan IPA.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar