0

RPP K13 Kelas 1 Semester 1 T2 ST2 Pb2 (0)

Alfina Nurcahyani March 16, 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

       KELAS I

Satuan  Pendidikan                    : SDN  Kebraon I

Kelas / Semester                       : 1 / 1

Tema / Sub Tema                      : 2. Kegemaranku / 2. Gemar Bernyanyi dan Menari

Pembelajaran                            : 2

Alokasi Waktu                          : 2 X35 Menit

Hari / Tanggal                           : 20 Agustus 2018

A.  KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan anggota keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptahan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan  pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

NOKompetensi DasarIndikator
3.11Mengenal puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.
4.11Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.4.11.1 Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengarnya.

C. Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan membaca teks puisi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat.
  2. Melalui kegiatan menulis pesan untuk teman, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi yang telah didengar dengan tepat.

D. MATERI PELAJARAN

  • Puisi ungkapan persahabatan

E. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

  • Pendekatan : Scientific, Kolaboratif
  • Metode        : Tanya jawab, Demonstrasi, Kerja kelompok, Diskusi, Penugasan

F. MEDIA/ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR

Media Pembelajaran:

  • Lagu aransemen “Temanku” (dari lagu “Balonku” yang diubah liriknya)
  • Gambar tentang persahabatan
  • Naskah puisi “Sahabat”

Sumber Belajar:

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Tematik Guru Edisi Revisi 2017 Kelas I Tema Kegemaranku. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
  •  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Tematik Siswa Edisi Revisi 2017 Kelas I Tema Kegemaranku. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi Waktu
PembukaKelas dimulai, dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplinan siswa/PPK dan Religious). Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya cita-cita. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membaca Pancasila bersama. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran. (Literasi) Siswa menirukan guru menyanyikan lagu aransemen “Temanku” yang berasal dari lagu “Balonku” yang diubah liriknya. Tanya jawab dengan siswa “Apakah kamu punya teman/sahabat?”, “Bagaimana perlakuanmu pada teman / sahabatmu?” Guru memperlihatkan gambar tentang persahabatan dalam serial kartun Upin Ipin dan melakukan diskusi tentang persahabatan bersama siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang pentingnya menyayangi teman / sahabat. Menginformasikan materi yang akan dipelajari yakni ungkapan persahabatan dalam puisi. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai manfaat pembelajaran yang akan dilaksanakan10 menit
IntiLangkah-Langkah Pembelajaran Siswa mendengarkan guru mendemonstrasikan puisi di depan kelas.Siswa mengamati cara pembacaan puisi yang didemonstrasikan guru seperti pemenggalan kata, intonasi, dsb.Siswa membaca puisi bersama-sama dengan guru.Salah satu siswa mendemonstrasikan puisi di depan kelas. Ayo Berdiskusi Siswa berdiskusi dengan guru tentang persahabatan seperti “Apakah kamu memiliki sahabat di kelas?” “Bagaimana perlakuanmu terhadap sahabatmu?”   Ayo Menulis 6.  Siswa melengkapi kalimat rumpang dengan kata-kata yang tepat dari dalam kotak. 7.   Setelah selesai, guru membahas jawaban siswa.   Ayo Berkreasi 8.     Siswa menulis sebuah kartu ucapan untuk sahabat. 9.  Kartu dapat ditambahkan gambar sesuai kreativitas masing-masing siswa.50 menit
PenutupSiswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya tentang materi yang belum dipahami untuk menambahkan informasi kepada siswa lainnya.Siswa bersama guru membuat kesimpulan pelajaran yang sudah dilaksanakan.Guru memberikan penguatan dan kesimpulan tambahan.Siswa diberikan motivasi agar selalu belajar giat.Salam dan do’a penutup dipimpin oleh salah satu siswa.  10 menit

H. Penilaian Pembelajaran

  1. Teknik Penilaian
    1. Penilaian Sikap (Afektif)

Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

  • Penilaian pengetahuan (Kognitif)

Tes Tertulis (Lembar Evaluasi)

  • Penilaian keterampilan (Psikomotor)
  • Penilaian Keterampilan: Menulis Kartu Ucapan kepada Sahabat
  • Instrumen
  • LKPD                                      : terlampir
  • Lembar Penilaian Keterampilan  : terlampir

Lembar Evaluasi                       : terlampir

https://drive.google.com/file/d/1Cv6lk-kw8VFXJjislpmljsKfMVAKGxeo/view?usp=sharing

Tagged with: ,

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar