1

RPP BERDEFERENISASI Eps. 1 (0)

AQILA INDANA ZULFA February 25, 2021
Title: Graphic PlaceholderRPP BERDIFERENSIASI
Kelas 1 SD
 
Tema 1: Diriku Subtema 2 : Tubuhku       Title: Graphic   
Krisdiana Enrika Puteri, S.Pd Title: Graphic Erna, S.Pd  
CGP Malang- 1 2020  

KASUS

Pak Anto mengajar di kelas 1 Sekolah Dasar dengan jumlah murid 32 orang. Murid-murid di kelas Pak Anto tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Berdaasarkan hasil observasinya, terdapat 2 kelompok murid:

  • Terdapat 6 murid yang belum mampu membaca dan menulis
  • Terdapat 2 anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan penglihatan sedang.

Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh murid di kelasnya berbunyi:

Murid dapat menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata Bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan / atau tulis.

Jika bapak dan Ibu menjadi Pak Anto, maka pembelajaran seperti apa yang akan dirancang untuk memenuhi kebutuhan murid di kelas tersebut?

Silahkan buat perangkat pembelajaran dengan tujuan pembelajaran yang ditujukan untuk membantu murid mencapai kompetensi dasar di atas!

ANALISIS PEMBELAJARAN BERDASARKAN KASUS

  • Pemetaan Kebutuhan Siswa
  • Berdasarkan kesiapan siswa         : 6 dari 32 siswa belum mampu membaca dan menulis
  • Berdasarkan gaya belajar              : 10 siswa memiliki gaya belajar visual, 10 siswa memiliki gaya belajar audiotori, dan 12 siswa memiliki gaya belajar kinestetik (termasuk siswa yang berkebutuhan khusus)
  • Strategi Diferensiasi

Berdasarkan analisis pemetaan kebutuhan belajar siswa tersebut, maka strategi yang digunakan guru dalam kasus tersebut ialah diferensiasi proses pembelajaran. Pada strategi diferensiasi proses, guru merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, maupun kinestetik.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

(RPP DARING)

Satuan Pendidikan  : SD Nusantara

Muatan                      : Bahasa Indonesia

Kelas/semester         : I / 1

Tema                          : 1. Diriku

Subtema                    : 2. Tubuhku

Alokasi waktu           : 1 x 35 menit

  1. Kompetensi Dasar

3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.

4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata Bahasa Indonesia dengan bantuan Bahasa daerah secara lisan dan / atau tulis.

  • IPK

3.4.1 Menjodohkan anggota tubuh manusia sesuai namanya (C1)

4.4.1  Menirukan bacaan nama anggota tubuh manusia (P1)

4.4.2  Menunjukkan letak anggota tubuh manusia (P3)

  • Tujuan Pembelajaran
  • Melalui pengamatan gambar bagian-bagian tubuh manusia, siswa dapat menirukan nama anggota tubuh yang diucapkan siswa lain dengan benar.
  1. Melalui praktik langsung di tubuh masing-masing siswa, siswa dapat menunjukkan letak anggota tubuh sesuai namanya dengan tepat.
  2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjodohkan 10 nama anggota tubuh dan letaknya dengan tepat.
  3. Melalui penugasan, siswa dapat memasangkan 7 kosakata anggota tubuh dan huruf awalnya dengan benar.
  • Materi Pokok Pembelajaran

Kosakata bagian-bagian tubuh manusia

(materi lengkap terdapat pada lampiran)

  • Metode Pembelajaran
  • Pendekatan              : Saintifik (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan

Mengkomunikasikan)

  • Model                         : Discovery Learning (DL)
  • Metode                     : Pengamatan, penugasan, praktik langsung, dan tanya jawab.

  (metode pembelajaran dipilih berbasis diferensiasi proses)

  • Kegiatan Pembelajaran
KegiatanDeskripsi KegiatanSintaks ModelAlokasi Waktu
PendahuluanMelalui group kelas whatsapp, Guru menyampaikan terlebih dahulu Link untuk bergabung dalam kelas google meetSiswa menjawab salam yang diucapkan guruSiswa menjawab pertanyaan guru tentang  kabar mereka hari ini.Siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)Siswa menjawab pertanyaan guru tentang kehadiran peserta didikSiswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” Siswa mendengarkan penyampaian tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran hari ini.Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari.Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang aspek yang akan dinilai selama kegiatan pembelajaran.Siswa mendengarkan penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan yang akan mereka lakukan selama pembelajaran.                        Apersepsi5 menit
IntiSiswa melihat video dua mata saya (untuk anak yang bergaya belajar visual)Siswa melakukan gerakan seperti yang ada pada lagu (untuk anak yang bergaya belajar visual kinestetik)Siswa mendengar dan menceritakan isi video (untuk anak yang bergaya belajar audiotori)Siswa mengeja kosakata yang menyusun nama anggota tubuh yang ditunjuk. (Diferensiasi proses untuk mengakomodir kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar audiotori, serta membantu siswa yang masih kesulitan membaca dan menulis) Siswa menyusun nama anggota tubuh yang ditunjuk Diferensiasi proses untuk mengakomodir kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik, serta membantu siswa yang masih kesulitan membaca dan menulisSiswa memperhatikan gambar manusia dan anggota tubuh yang disajikan guru pada power point. (Diferensiasi proses untuk mengakomodir kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar visual) Siswa menjodohkan anggota tubuh dan namanya yang ada di LKPD 1. (Diferensiasi proses untuk mengakomodir kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik) Siswa menunjukkan hasil tugasnya di layar.Siswa yang lain memberikan masukan hasil pekerjaan temannya. (Diferensiasi proses untuk mengakomodir kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar audio) Siswa menirukan nama bagian tubuh yang diucapkan siswa lain. (Diferensiasi proses untuk mengakomodir kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar audio) Siswa mengerjakan LKPD 2 yang berisi tugas untuk memasangkan kosakata dengan huruf depannya. (Diferensiasi proses untuk mengakomodir kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik, serta membantu siswa yang masih kesulitan membaca dan menulis) Siswa bersama guru membahas hasil jawaban yang dituliskan siswa pada LKPD 2. (Diferensiasi proses untuk mengakomodir kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar audio dan visual) Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru tentang materi yang sudah dipelajari. (Diferensiasi proses untuk mengakomodir kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar audio dan visual)Pemberian rangsangan (stimulation)                       Identifikasi masalah (problem statment)     Pengumpulan data (data colection)                             Pengolahan data (data processing)           Pembuktian (verification)20 menit
PenutupSiswa bersama dengan guru menyimpulkan hasil pembelajaranSiswa menyampaikan kesan-kesan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi yang belum dimengerti.Siswa mengerjakan soal evaluasi melalui aplikasi google form.Siswa menyampaikan saran untuk kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada kegiatan pembelajaran berikutnya.Siswa memperhatikan penguatan dan motivasi yang diberikan guru.Siswa memperhatikan pesan moral yang disampaikan oleh guru dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan.Siswa ditugaskan untuk melakukan kegiatan menjaga kebersihan anggota tubuh.Siswa berdoaSalam PenutupKesimpulan (generalization)     Refleksi   Evaluasi       Penguatan dan Motivasi     Pesan moral     Tindak lanjut    10 menit
  • Media, Alat, dan Sumber Belajar

Media            :   

  • Power point anggota tubuh manusia
  • Video dan lirik lagu “Dua Mata Saya”

Sumber Belajar : 

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Diriku Tema 1 Buku Guru SD/MI kelas I. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (hal.43)
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Diriku Tema 1 Buku Siswa SD/MI kelas I. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (hal.37)
  • Anggota tubuh siswa
  • Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)
  • Lagu “Dua Mata Saya”, https://youtu.be/bvPIqLC3lhk , diakses tanggal 6 Februari 2021
  • Power point materi pembelajaran, https://drive.google.com/file/d/1sx41hiim0AFN062lQ-KmppFZtT2FUNOz/view?usp=sharing , dibuat tanggal 6 Februari 2021
  • Penilaian
  • Penilaian Sikap

Teknik            : Observasi selama kegiatan pembelajaran daring.

Instrumen      : Lembar observasi sikap

  • Penilaian Pengetahuan

Teknik                        : Tes tulis melalui google form (https://forms.gle/a7UYf6kohssCq5eYA)

Instrumen                  : Soal evaluasi, yang mencakup materi:

Bahasa Indonesia   : Menyebutkan kosakata tentang anggota tubuh manusia

  • Penilaian Keterampilan

Teknik                        : Penilaian kinerja

Instrumen                  : Rubrik Penilaian , yang mencakup materi:

Bahasa Indonesia   : Menjodohkan dan menunjukkan letak anggota tubuh manusia

  • Remidial dan Pengayaan

Remidial              : Siswa yang belum dapat menjodohkan dan menunjukkan letak anggota tubuh

dengan tepat diberi bimbingan guru melalui video call pribadi

Pengayaan         : Siswa yang telah mencapai kompetensi yang diharapkan, ditugaskan untuk

menjadi tutor sebaya bagi temannya

Malang, 6 Februari 2021

CGP Malang 1-B                                                                                             CGP Malang 1-A

Erna, S.Pd                                                                                                       Krisdiana Enrika Puteri, S.Pd

NIP. –                                                                                                                 NIP. 19900518 201403 2 002

Mengetahui,

Fasilitator CGP Malang 1

Sriah, S.Pd., M.Pd

NIP. 19671225 199203 2 015

LAMPIRAN:

  1. Materi Ajar
  2. Rancangan Media
  3. Lembar Kegiatan Peserta Didik  (LKPD)
  4. Kisi-kisi Soal Evaluasi
  5. Soal Evaluasi, Kunci jawaban, Pedoman Penskoran
  6. Lembar Pengamatan
  7. Instrumen  Penilaian
  8. Rubrik Penilaian
  9. Rencana kegiatan remidial dan Rencana kegiatan pengayaan
Materi Ajar  

Egg and rabbit backgroundLampiran 1

Lirik lagu “Dua Mata Saya”

Kosakata Anggota Tubuh Manusia


Lampiran 2

RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

  • Bahasa Indonesia
  • Power point anggota tubuh manusia
  •  Video lagu “Dua Mata Saya”

Link : https://youtu.be/bvPIqLC3lhk

   

Text Box: KELAS / SEMESTER	: I / 1
TEMA				: 1. DIRIKU
SUB TEMA			: 2. TUBUHKU
PEMBELAJARAN		: 1
hexagon 1
Hexagonal shapes
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD)  
Down Arrow Callout: Petunjuk Umum:
1.	Berdoalah  sebelum mengerjakan!
2.	Bertanyalah kepada guru jika ada hal yang belum dimengerti!
3.	Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
4.	Tulis nama kalian pada kolom di bawah ini!
Flowchart: Alternate Process: Nama :


Nomor urut:


Hexagonal shapes
Petunjuk Umum  

Folded Corner: Tujuan Pembelajaran:
Menjodohkan 10 nama anggota tubuh dan letaknya dengan tepat
Text Box: KEGIATAN 1
Text Box: PETUNJUK:
1.	Guntingkah kartu kosakata nama-nama anggota tubuh manusia yang telah disediakan
2.	Tempelkan kartu kosakata nama-nama anggota tubuh manusia dengan gambar tubuh yang disediakan.

Kartu kosakata nama-nama anggota tubuh manusia

Folded Corner: Tujuan Pembelajaran:
Memasangkan kosakata anggota tubuh dan huruf awalnya dengan benar
Text Box: KEGIATAN 2
Flowchart: Sequential Access Storage: Nah, sekarang coba pasangkan kosakata anggota tubuh di bawah ini dengan huruf awalnya yang benar !


Lampiran 4

KISI-KISI SOAL EVALUASI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan  : SD Nusantara

Muatan                     : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester        : I / 1

Tema                         : 1. Diriku

Subtema                   : 2. Tubuhku

Pembelajaran           : 1

Alokasi Waktu         : 1 x Pertemuan (1 x 35 Menit)

NOMUPELKDINDIKATORMATERIINDIKATOR SOALBENTUK SOALNOMOR SOAL
1Bahasa Indonesia3.4  Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan3.4.1  Menjodohkan anggota tubuh manusia sesuai namanya (C1)  Bagian anggota tubuh manusiaDisajikan gambar siswa memilih opsi kegiatan sebelum makanPilihan ganda1
Disajikan cerita, siswa dapat menjodohkan gambar alat indra yang digunakan2
Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan manfaat anggota tubuh3
Disajikan maanfaat anggota tubuh, siswa menjodohkan alat indra yang tepat digunakan4
Disajikan gambar alat indra, siswa dapat memilih kata yang tepat5
Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan manfaat anggota tubuh6
Disajikan kalimat, siswa dapat memilih opsi jika menjaga kesehatan mata7
Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan anggota tubuh8
Disajikan kalimat, siswa dapat menyebutkan cara menjaga alat indra9
Disajikan kalimat, siswa dapat memilih opsi yang tepat10

Lampiran 5

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

SOAL EVALUASI

Rounded Rectangle: Nama			: ...................
Nomor urut		:....................
Kelas			:....................

 

Aplikasi CBT:Google Form
Link https://forms.gle/a7UYf6kohssCq5eYA
  1. Sebelum makan kita harus ….
  1. bernyanyi
  2. berdoa
  3. berjalan
  • Edo mendengar ayam berkokok ketika pagi hari. alat indra pendengaran yaitu…
  1. b.

c.

  • Bagian tubuh yang kita gunakan untuk memegang benda adalah ….
  1. Kaki
  2. Tangan
  3. Mulut
  • Panca indra yang digunakan untuk mengecap rasa adalah ….
  1. mata
  2. hidung
  3. lidah
  • gambar di bawah ini jika ditulis dengan benar yaitu…
  • lidah
  • libah
  • lidih
  • anggota tubuh pada gambar di bawah ini digunakan untuk…
  •  makan
  • bernafas
  • melihat
  • saat membaca buku tidak boleh terlalu dekatAgar mata kita tetap ….
  •  Putih
  • Bulat
  • Sehat
  • Gambar di atas adalah ….
  •   Dahi
  • Bahu
  • Mulut
  • Agar tubuh kita tetap sehat maka kita harus makan makanan yang ….
  •   Mahal
  • Banyak
  • Sehat
  1. Tubuh kita diciptakan oleh Tuhan, maka kita harus ….
  2.   Sedih
  3. Tertawa
  4. Bersyukur

 

Nilai   :

KUNCI JAWABAN

  1. B
  2. B
  3. B
  4. C
  5. A
  6. C
  7. C
  8. C
  9. C
  10. C


PEDOMAN PENSKORAN

  • Jumlah seluruh soal : 10

Setiap jawaban benar yang dituliskan siswa skornya = 10

SMI = 10 x 10 = 100

SMA = Jumlah skor yang diperoleh

NH=  X Skala (100)

Text Box: Keterangan :
SMI		: Standar Maksimal Ideal
SMA		: Standar Minimal Aktual
NH		: Nilai Hasil


 

Lampiran 6

LEMBAR PENGAMATAN

  1. Lembar Penilaian Sikap Spiritual
No.NamaPerubahan Tingkah Laku
Berdoa Sebelum BelajarBerdoa Sesudah Belajar
TBTTBT
1ADIRA AYUDIA INARA    
2AI’SAH MAULIDATUL ROHMAH    
3ALZIDAN AHMAD KHOIRON    
4ANGGUN AZKA ZAHROTUL JANNAH    
5ANGGUN FITRIYA SALSABILLA    
6ASKANA RATIFA FAIHA    
7DANANG MAULANA    
8KEISYA PUTRI ANDINI    
9KIRANA CINDY NAURA    
10LAILA NAZWA AULYA RAHMA    
11LAURA ELLISTYA TANATI    
12LEOVITA SILVANA AGUNG ARTAMEVIA    
13MOCHAMAD FATIH AZZUMAN    
14MOCHAMMAD DYON PRATAMA    
15MUCHAMMAD AZKA AZKIYA    
16MUHAMMAD RAFFI AFTABIL    
17NADIA AZ ZAHRA    
18NADIS NANDA SISWANTI    
19NAHDA ANNAIFA MUSTAQFIRIN    
20NUGIE ADITYA PUTRA R    
21PUTRA BINTANG DWILAKSONO    
22RENATA RIZKY ANGGITA    
23REVALLDO RYON PRATAMA    
24REYHAN SYAHPUTERA    
25SHAFIRA LOVENA PUTRI    
26WAHYU ALI IMRON    
27YOFI AMABEL DAMARA ELYSA    
28ZENA ZENITA RAMADHANI    

Catatan: berilah tanda centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria

  • Lembar Penilaian Sikap Sosial
NoNamaPerubahan tingkah laku
TanggungjawabPercaya diri
SBBCPBSBBCPB
43214321
1ADIRA AYUDIA INARA        
2AI’SAH MAULIDATUL ROHMAH        
3ALZIDAN AHMAD KHOIRON        
4ANGGUN AZKA ZAHROTUL JANNAH        
5ANGGUN FITRIYA SALSABILLA        
6ASKANA RATIFA FAIHA        
7DANANG MAULANA        
8KEISYA PUTRI ANDINI        
9KIRANA CINDY NAURA        
10LAILA NAZWA AULYA RAHMA        
11LAURA ELLISTYA TANATI        
12LEOVITA SILVANA AGUNG ARTAMEVIA        
13MOCHAMAD FATIH AZZUMAN        
14MOCHAMMAD DYON PRATAMA        
15MUCHAMMAD AZKA AZKIYA        
16MUHAMMAD RAFFI AFTABIL        
17NADIA AZ ZAHRA        
18NADIS NANDA SISWANTI        
19NAHDA ANNAIFA MUSTAQFIRIN RABBANI        
20NUGIE ADITYA PUTRA R        
21PUTRA BINTANG DWILAKSONO        
22RENATA RIZKY ANGGITA        
23REVALLDO RYON PRATAMA        
24REYHAN SYAHPUTERA        
25SHAFIRA LOVENA PUTRI        
26WAHYU ALI IMRON        
27YOFI AMABEL DAMARA ELYSA        
28ZENA ZENITA RAMADHANI        

Catatan: berilah tanda centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria

  Penilaian =  x 100

  • Lembar Penilaian Pengetahuan
NoNama Peserta DidikSkor Muatan Bahasa Indonesia (3.4)Nilai TotalKetuntasan
1ADIRA AYUDIA INARA   
2AI’SAH MAULIDATUL ROHMAH   
3ALZIDAN AHMAD KHOIRON   
4ANGGUN AZKA ZAHROTUL JANNAH   
5ANGGUN FITRIYA SALSABILLA   
6ASKANA RATIFA FAIHA   
7DANANG MAULANA   
8KEISYA PUTRI ANDINI   
9KIRANA CINDY NAURA   
10LAILA NAZWA AULYA RAHMA   
11LAURA ELLISTYA TANATI   
12LEOVITA SILVANA AGUNG ARTAMEVIA   
13MOCHAMAD FATIH AZZUMAN   
14MOCHAMMAD DYON PRATAMA   
15MUCHAMMAD AZKA AZKIYA   
16MUHAMMAD RAFFI AFTABIL   
17NADIA AZ ZAHRA   
18NADIS NANDA SISWANTI   
19NAHDA ANNAIFA MUSTAQFIRIN RABBANI   
20NUGIE ADITYA PUTRA R   
21PUTRA BINTANG DWILAKSONO   
22RENATA RIZKY ANGGITA   
23REVALLDO RYON PRATAMA   
24REYHAN SYAHPUTERA   
25SHAFIRA LOVENA PUTRI   
26WAHYU ALI IMRON   
27YOFI AMABEL DAMARA ELYSA   
28ZENA ZENITA RAMADHANI   
  • Lembar Penilaian Keterampilan
  • Menirukan nama anggota tubuh yang diucapkan siswa lain
NoNamaAspek yang dinilai
Ketepatan pelafalan
SBBCPB
4321
1ADIRA AYUDIA INARA    
2AI’SAH MAULIDATUL ROHMAH    
3ALZIDAN AHMAD KHOIRON    
4ANGGUN AZKA ZAHROTUL JANNAH    
5ANGGUN FITRIYA SALSABILLA    
6ASKANA RATIFA FAIHA    
7DANANG MAULANA    
8KEISYA PUTRI ANDINI    
9KIRANA CINDY NAURA    
10LAILA NAZWA AULYA RAHMA    
11LAURA ELLISTYA TANATI    
12LEOVITA SILVANA AGUNG ARTAMEVIA    
13MOCHAMAD FATIH AZZUMAN    
14MOCHAMMAD DYON PRATAMA    
15MUCHAMMAD AZKA AZKIYA    
16MUHAMMAD RAFFI AFTABIL    
17NADIA AZ ZAHRA    
18NADIS NANDA SISWANTI    
19NAHDA ANNAIFA MUSTAQFIRIN RABBANI    
20NUGIE ADITYA PUTRA R    
21PUTRA BINTANG DWILAKSONO    
22RENATA RIZKY ANGGITA    
23REVALLDO RYON PRATAMA    
24REYHAN SYAHPUTERA    
25SHAFIRA LOVENA PUTRI    
26WAHYU ALI IMRON    
27YOFI AMABEL DAMARA ELYSA    
28ZENA ZENITA RAMADHANI    

Catatan: berilah tanda centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria

Penilaian =  x 100

  • Lembar penilaian menunjukkan letak anggota tubuh sesuai namanya
NoNamaAspek yang dinilai
Ketepatan bagian tubuh yang ditunjuk dengan instruksi yang diberikan
SBBCPB
4321
1ADIRA AYUDIA INARA    
2AI’SAH MAULIDATUL ROHMAH    
3ALZIDAN AHMAD KHOIRON    
4ANGGUN AZKA ZAHROTUL JANNAH    
5ANGGUN FITRIYA SALSABILLA    
6ASKANA RATIFA FAIHA    
7DANANG MAULANA    
8KEISYA PUTRI ANDINI    
9KIRANA CINDY NAURA    
10LAILA NAZWA AULYA RAHMA    
11LAURA ELLISTYA TANATI    
12LEOVITA SILVANA AGUNG ARTAMEVIA    
13MOCHAMAD FATIH AZZUMAN    
14MOCHAMMAD DYON PRATAMA    
15MUCHAMMAD AZKA AZKIYA    
16MUHAMMAD RAFFI AFTABIL    
17NADIA AZ ZAHRA    
18NADIS NANDA SISWANTI    
19NAHDA ANNAIFA MUSTAQFIRIN RABBANI    
20NUGIE ADITYA PUTRA R    
21PUTRA BINTANG DWILAKSONO    
22RENATA RIZKY ANGGITA    
23REVALLDO RYON PRATAMA    
24REYHAN SYAHPUTERA    
25SHAFIRA LOVENA PUTRI    
26WAHYU ALI IMRON    
27YOFI AMABEL DAMARA ELYSA    
28ZENA ZENITA RAMADHANI    

Catatan: berilah tanda centang (ü) pada bagian yang memnuhi kriteria

Penilaian =  x 100

Lampiran 7

INSTRUMEN PENILAIAN (REKAP)

NoNama SiswaPenilaian SikapPenilaian PengetahuanPenilaian Keterampilan
Bahasa Indonesia (3.4)Bahasa Indonesia (4.4)
1.ADIRA AYUDIA I   
2.AI’SAH M   
3.ALZIDAN AHMAD K   
4.ANGGUN AZKA Z   
5.ANGGUN FITRIYA   
6.ASKANA RATIFA F   
7.DANANG MAULANA   
8.KEISYA PUTRI A   
9.KIRANA CINDY N   
10.LAILA NAZWA AULYA   
11.LAURA ELLISTYA T   
12.LEOVITA SILVANA A   
13.MOCHAMAD FATIH A   
14.M. DYON P   
15.MUCHAMMAD AZKA   
16.MUHAMMAD RAFFI   
17.NADIA AZ ZAHRA   
18.NADIS NANDA S   
19.NAHDA ANNAIFA M   
20.NUGIE ADITYA P   
21.PUTRA BINTANG D   
22.RENATA RIZKY A   
23.REVALLDO RYON P   
24.REYHAN SYAHPUTE   
25.SHAFIRA LOVENA P   
26.WAHYU ALI IMRON   
27.YOFI AMABEL D   
28.ZENA ZENITA R   


Lampiran 8

RUBRIK PENILAIAN

  1. Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
AspekTampakBelum Tampak
Berdoa sebelum belajarMampu berdoa sebelum belajar dengan baikBelum mampu berdoa sebelum belajar dengan baik
Berdoa sesudah belajarMampu berdoa sesudah belajar dengan baikBelum mampu berdoa sesudah belajar dengan baik.
  • Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Aspek4321
Percaya diriMampu menyampaikan pendapat, mempresentasi-kan hasil pengamatan dengan inisiatif sendiriMampu menyampaikan pendapat, mempresentasi-kan hasil pengamatan setelah disuruh guruMampu menyampaikan pendapat, mempresentasi-kan hasil pengamatan dengan bantuan teman/guruKurang mampu menyampaikan pendapat, mempresentasi-kan hasil pengamatan
Tanggung jawabMengerjakan setiap tugas dan menyelesaikan-nya dengan tepat waktuMengerjakan setiap tugas namun tidak menyelesaikan-nya dengan tepat waktuMengerjakan sebagian tugas dan tidak menyelesaikan-nya denga tepat waktuMengerjakan sebagian tugas dan tidak menyelesaikannya tepatwaktu
  • Rubrik Penilaian Pengetahuan

PEDOMAN PENSKORAN

  • Jumlah seluruh soal : 10

Setiap jawaban benar yang dituliskan siswa skornya = 10

SMI = 10 x 10 = 100

SMA = Jumlah skor yang diperoleh

NH=  X Skala (100)

Text Box: Keterangan :
SMI		: Standar Maksimal Ideal
SMA		: Standar Minimal Aktual
NH		: Nilai Hasil


 

  • Rubrik Penilaian Keterampilan
  1. Rubrik penilaian menirukan nama anggota tubuh yang diucapkan siswa lain
AspekBaik sekali (4)Baik (3)Cukup baik (2)Perlu bimbingan (1)
Ketepatan pelafalanMurid mampu melafalkan minimal 5 anggota tubuh dengan tepatMurid mampu melafalkan 4 anggota tubuh dengan tepatMurid mampu melafalkan 3 anggota tubuh dengan tepatMurid mampu melafalkan 1-2 anggota tubuh dengan tepat

Catatan: berilah tanda centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria

Penilaian =  x 100

  • Rubrik penilaian menunjukkan letak anggota tubuh sesuai namanya
AspekBaik sekali (4)Baik (3)Cukup baik (2)Perlu bimbingan (1)
Ketepatan bagian tubuh yang ditunjuk dengan instruksi yang diberikan  Murid mampu menunjukkan letak minimal 5 anggota tubuhnya dengan tepat  Murid mampu menunjukkan letak 4 anggota tubuhnya dengan tepat  Murid mampu menunjukkan letak 3 anggota tubuhnya dengan tepat  Murid mampu menunjukkan letak 1-2 anggota tubuhnya dengan tepat  

Catatan: berilah tanda centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria

Penilaian =  x 100

Lampiran 9

RENCANA KEGIATAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN

  • Remidial Bahasa Indonesia
  • Siswa yang belum dapat menjodohkan dan menunjukkan letak anggota tubuh dengan tepat diberi bimbingan guru melalui video call pribadi.
  • Pengayaan Bahasa Indonesia
  • Siswa yang telah mencapai kompetensi yang diharapkan, ditugaskan untuk menjadi tutor sebaya bagi temannya yang dekat rumah

Tagged with:

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar