0

RPP (2) MATEMATIKA WAJIB TERBARU 1 LEMBAR PJJ SMA/SMK KELAS X TAHUN 2021 (0)

Adit Tristian January 17, 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BDR/PJJ

Satuan Pendidikan   : SMA YPKKP Bandung

Mata Pelajaran         : Matematika Wajib

Kelas/Semester        : XI IPA-IPS/1

Alokasi Waktu         : 4 JP (40 x Pertemuan)

KI 1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KD 3.2

Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel

KD 4.2

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel

I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi :

  • Siswa mampu mengembangkan rasa ingin tahu dan tanggung jawab,
  • Siswa mampu menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional satu variabel,
  • Siswa mampu menyelesaikan masalah berkaitan dengan penyelesaian pertidaksamaan rasional satu variabel. II.  KEGIATAN PEMBELAJARAN :
NoKegiatan/TahapDeskripsiNilai-Nilai Karakter/PPK/ 4C/HOTS/Literasi/Kecakapan Hidup/PHBS/Protokol Covid-19)Alokasi Waktu
1Pra Pembelajaran    Guru memetakan KI  dan KD berdasarkan Permendikbud No. 24 Tahun 2016.Memetakan anak dalam mengikuti pembelajaran selama BDR (daring).Guru menyiapkan BDR secara daring.Guru menyiapakan bahan ajar yang sesuai dengan jadwal mengajar. Dilengkapi dengan penugasan, penilaian, kemudian mengirimkan ke peserta didik (daring)  
2Proses Pembelajaran
aPendahuluan                    Memastikan semua siswa telah  mengaktifkan kontak WAMengucapkan salam Pembacaan do’a yang d pimpin oleh guru.Menyampaikan tujuan pembelajaranMengarahkan siswa untuk membuka materi di geogle class room.    Nilai-nilai karakter10”
bKegiatan Inti                                                      Stimulation (pemberian stimulus) Guru memberikan masalah (LAS ) yang di berhubungan dengan  pertidaksamaan rasional satu variabel untuk di baca dan dipahami (Literasi).Guru mempersilahkan siswa untuk menyampaikan pertanyaan terkait cara pengisian LK tersebut. Guru bertanya, Bagaimana kita menyelesaikan permasalahan tersebut? (Menanya) Problem Statement (Identitas Masalah) Siswa mengidentifikasi masalah agar dapat memahami dan menyelesaikannya dengan cara mengmati tabel dan menyatakan pada berbagai sumber baik kepada guru, teman atau internet dengan mandiri. Data Callectting (Mengumpulkan data) Siswa memfasilitasi siswa untuk melakukan curah pendapat dengan   mencari informasi dari bahan bacaan yang  tersedia atau berdasarkan pencarian dari berbagai sumber lainya untuk menyelesaikan stimulus yang diberikan. (Mengumpulkan informasi ) Data Processing (Mengolah Data) Siswa mengasosiasikan seluruh informasi yang di dapat, kemudian mengolah data yang di temukan, menyusun langkah-langkah penyelesaian dan menuangkannya pada LAS Setelah mengasosiasi antara masalah yang diberikan dengan proses pertidaksamaan rasional satu variabel,  berakhirlah pertemuan pertama dengan menghasilkan jawaban Verification (Menguji Hasil) Siswa melakukan verifikasi dan mengevaluasi penyelesaian masalah dengan mengasosiasikan berbagai pengetahuan untuk memecahkan masalah. Generalization (Menyimpulkan) Siswa mempresentasikan/mengkomunikasikan hasil diskusi kelompoknya dan yang lain menanggapi Dengan bimbingan guru, peserta didik membuat kesimpulan berkaitan dengan materi pertidaksamaan rasional satu variabel,  Nilai-nilai karakter   Literasi110”
cPenutup                               Melalui geogle class room siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya kemudian ditanggapi oleh guru, selanjutnya memperbaiki hasil kerjanya.Menyimpulkan hasil yang diperoleh dari pembelajaran tersebut Memberikan penugasan  Nilai-nilai karakter   Literasi35”
3Setelah Pembelajaran      Guru meberikan salam penutup lewat WAGuru mengecek hasil belajar siswaGuru mengevaluasi hasil belajar dengan siswa melalui chat pribadi 5”

III. PENILAIAN

NoAspek yang dinilaiTeknik PenilaianWaktu Penilaian
1.Sikap Menunjukkan sikap kerja sama dalam belajarMenunjukkan sikap disiplin dalam kegiatan kelompok dalam proses pembelajaran.Menunjukkan sikap bertanggungjawab terhadap proses dan penyelesaian pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.PengamatanSelama pembelajaran daring.
2.Pengetahuan Menerapkan rumus atau konsep dalam kasus sederhana atau serupa.  Tes dan penugasan  Penyelesaian individu
3.  Keterampilan Terampil merepresentasikan suatu langkah-langkah penyelesaian dari pertidaksamaan rasional. .  ProyekPenyelesaian tugas proyek  yang ditugaskan oleh guru.

Mengetahui                                                                          Bandung, 29 Juli 2020

Kepala SMA YPKKP Bandung                                                   Guru Mata Pelajaran

DRS. MIRWAN M.T. MASPOETRA                                     Liza Meiliana, S.Pd

  Nip. 196206092007011005

LINK DOWNLOAD RPP (2) TERBARU SATU LEMBAR MATEMATIKA WAJIB SMA/SMK KELAS X 2021>>https://userscloud.com/ka9vmh16x7f7

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar