2

RPP 1 Lembar Fisika SMA (0)

Supadilah S.Si October 23, 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                Satuan Pendidikan                  : SMA …….

                                                Mata Pelajaran                        : Fisika

                                                Kelas / Semester                     : XI / Gasal

                                                Materi Pokok                           : Elastisitas Bahan

                                                Alokasi Waktu                          : 3 pertemuan (6 x 45’)

  1. Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi) dan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik mampu memahami penerapan sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia industri yang ramah lingkungan dengan karakter religius, nasionalisme, mandiri, integritas, gotong royong dan peduli lingkungan.

  • Kegiatan Pembelajaran
LangkahUraian Kegiatan Pembelajaran
    PendahuluanGuru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksakehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin, menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran dan mengingatkan kebersihan lingkungan.Guru menanyakan apa yang disebut dengan elastis?Guru memberikan motivasi dengan menunjukkan contoh teknologi saat ini yang menerapkan bahan-bahan elastis.
Kegiatan IntiStimulation Guru memberikan demonstrasi secara langsung atau dengan media (PPT atau video) peserta didik diminta untuk mengamati demonstrasi yang diberikan. Data Collection Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok heterogen, peserta didik diminta untuk mengumpulkan informasi yang mengarah kepada persamaan-persamaan gelombang berjalan atau gelombang berdiri pada Lembar Kerja Peserta Didik  (LKPD)  yang berisi permasalahan dan/atau melakukan percobaan seri-paralel pada pegas.Peserta didik mengerjakan LKPD secara berkelompok dari hasil berdiskusi dan/atau hasil percobaan. Data Processing Guru  membimbing  peserta didik secara individu maupun kelompok dalam pengerjaan LKPD  yang diberikan kepada peserta didik dan mengasosiasi  informasi yang diperoleh. Verification Guru   menunjuk   kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi  atau hasil percobaan kelompoknya, kelompok terpilih harus mengkomunikasikanhasil diskusi kelompoknya. Generalization Bersama peserta didik merumuskan persamaan-persamaan pada topik elastisitas.Guru membagikan  Lembar Tugas Peserta Didik  (LTPD).
PenutupGuru bersama peserta didik mereview proses dan hasil pembelajaran, memberikan kuis,  memberikan  umpan  balik berupa karakter yang telah dilakukan selama pembelajaran, memberikan tugas terstruktur, menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pembelajaran berikutnya serta menutup pembelajaran dengan doa dan salam
  • Penilaian

Penialaian sikap diambil dari Jurnal sikap; penilaian pengetahuan dilakukan dengan penugasan dan penilaian harian dari modul, LKPD dan soal buatan guru  penilaian keterampilan dari keterampilan menyajikan hasil diskusi atau praktikum.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                Satuan Pendidikan                  : SMA ……..

                                                Mata Pelajaran                        : Fisika

                                                Kelas / Semester                     : XI / Gasal

                                                Materi Pokok                           : Fluida Statis

                                                Alokasi Waktu                          : 4 pertemuan (8x 45’)

  1. Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi) dan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik mampu memahami penerapan hukum utama Hidrostatis, hukum Pascal, dan hukum Archimedes dalam teknologi saat ini dengan karakter religius, nasionalisme, mandiri, integritas, gotong royong dan peduli lingkungan.

  • Kegiatan Pembelajaran
LangkahUraian Kegiatan Pembelajaran
    PendahuluanGuru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksakehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin, menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran dan mengingatkan kebersihan lingkungan.Guru menanyakan mengapa kapal dapat mengapung di permukaan air laut? Mengapa serangga-serangga kecil dapat mengapung di permukaan air?Guru memberikan motivasi dengan menunjukkan contoh teknologi-teknologi saat ini yang menerapkan hukum dan prinsip fluida statis dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan IntiStimulation Guru memberikan demonstrasi secara langsung atau dengan media (PPT atau video) peserta didik diminta untuk mengamati demonstrasi yang diberikan. Data Collection Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok heterogen, peserta didik diminta untuk mengumpulkan informasi yang mengarah kepada persamaan-persamaan gelombang berjalan atau gelombang berdiri pada Lembar Kerja Peserta Didik  (LKPD)  yang berisi permasalahan serta melakukan percobaan hukum Achimedes.Peserta didik mengerjakan LKPD secara berkelompok dari hasil berdiskusi dan/atau hasil percobaan Data Processing Guru  membimbing  peserta didik secara individu maupun kelompok dalam pengerjaan LKPD  yang diberikan kepada peserta didik dan mengasosiasi  informasi yang diperoleh. Verification Guru   menunjuk   kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi  atau hasil percobaan kelompoknya, kelompok terpilih harus mengkomunikasikanhasil diskusi kelompoknya. Generalization Bersama peserta didik merumuskan persamaan-persmaaan pada fluida statis.Guru membagikan  Lembar Tugas Peserta Didik  (LTPD)
PenutupGuru bersama peserta didik mereview proses dan hasil pembelajaran, memberikan kuis,  memberikan  umpan  balik berupa karakter yang telah dilakukan selama pembelajaran, memberikan tugas terstruktur, menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pembelajaran berikutnya serta menutup pembelajaran dengan doa dan salam
  • Penilaian

Penialaian sikap diambil dari Jurnal sikap; penilaian pengetahuan dilakukan dengan penugasan dan penilaian harian dari modul, LKPD dan soal buatan guru penilaian keterampilan dari keterampilan menyajikan hasil diskusi atau praktikum.

(Nama daerah), Juli 2020

Kepala SMA Terpadu Al-Qudwah                        Guru Mata Pelajaran

(Nama Kepala Sekolah)                                           (Nama Guru)

NIP : ……………………………………

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar