2

RINGKASAN MODUL PPKN KB 4 PPG DALJAB 2020 (0)

AQILA INDANA ZULFA March 5, 2021

KEGIATAN BELAJAR 4

PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL

  1. SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA DAN, NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM SILA PANCASILA, DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SD.
  2. HAKIKAT KEWARGANEGARAAN GLOBAL, TANTANGAN DI ERA GLOBALISASI, DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF GLOBALISASI, DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SD.

SEJARAH

PERUMUSAN

PANCASILA

PENGERTIAN PANCASILA SECARA ETIMOLOGIS

Berasal dari bahasa sansakerta, Menurut Mr. Muhammad Yamin dalam bahasa sansakerta perkataan Pancasila memiliki dua macam arti

  1. Panca artinya lima,Syila dengan vokal I pendek artinya “budi sendi”, atau “dasar”
  2. Panca artinya lima, syilla dengan vokal I panjang artinya “peraturan tingkah laku yang baik, yang penting atau yang senonoh

PANCASILA TELAH MEMENUHI EMPAT SYARAT SEBAB (KAUSALITAS) SEBAGAIMANA DIKEMUKAKAN OLEH NOTONAGORO (KAELAN, 2012:47-48),

  1. Causa Materialis (asal mula bahan)
  2. Causa Formalis (asal mula bentuk)
  3. Causa Efisien (asal mula karya)
  4. Causa Finalis (asal mula tujuan)

B) SIDANG GELOMBANG KEDUA (10 SAMPAI 17 JULI 1945)

tiga hal yang dihasilkan oleh panitia, yaitu: (1) Pernyataan Indonesia Merdeka yang rumusannya diambil dari tiga alinea pertama Piagam Jakarta dengan sisipan yang panjang. (2) Pembukaan Undang-Undang Dasar yang rumusannya diambil dari seluruh isi Piagam Jakarta. (3) Undang-Undang Dasar beserta batang tubuhnya.

A) SIDANG GELOMBANG PERTAMA (29 MEI 1945 SAMPAI 1 JUNI 1945)

  • Lima asas dasar negara Mr. Muhammad Yamin

Peri Kebangsaan , Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, Kesejahteraan Rakyat

  • Prof. Dr. Mr. Soepomo

(1) Persatuan (2) Kekeluargaan (3) Keseimbangan lahir batin (4) Musyawarah (5) Keadilan rakyat

  • Panitia Sembilan

(1) Ke-Tuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemelukpemeluknya menurut dasar (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab (3) Persatuan Indonesia (4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan (5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

  • Lima asas dasar negara Ir. Sukarno

Nasionalisme atau Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Perikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, Ketuhanan yang berkebudayaan

B. NILAI-NILAI PANCASILA

IDEOLOGI TERBUKA SECARA STRUCTURAL

  1. Dimensi Idealisme
  2. Dimensi normative
  3. Dimensi Realitas

KLASIFIKASI NILAI-NILAI PANCASILA

IDEOLOGI PANCASILA MENURUT KOMALASARI (2007:90)

  1. Nilai Dasar, yaitu hakikat kelima sila Pancasila: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, Keadilan
  2. b) Nilai instrumental, yaitu penjabaran lebih lanjut dari nilai-nilai dasar ideologi Pancasila.
  3. c) Nilai praksis, yaitu merupakan realisasi nilai-nilai instrumental dalam suatu pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

IDEOLOGI PANCASILA:

  1. Tidak bersifat utopis, yaitu hanya merupakan sistem ide-ide belaka yang jauh dari kehidupan sehari-hari secara nyata
  2. Bukan merupakan suatu doktrin belaka yang bersifat tertutup, melainkan suatu norma yang bersifat idealis, nyata dan reformatif yang mamapu melakukan perubahan.
  3. Bukan merupakan suatu ideologi yang pragmatis, yang hanya menekankan pada segi praktis-praktis belaka tanpa adanya aspek idealisme

2) MAKNA NILAI-NILAI PANCASILA

  1. NILAI KETUHANAN

Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pancipta alam semesta.

2 NILAI KEMANUSIAAN

Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya

C) NILAI PERSATUAN

 Nilai persatuan Indonesia mengandung makna usaha ke arah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

D) NILAI KERAKYATAN

Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, olehrakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembagalembaga perwakilan.

E) NILAI KEADILAN

 Nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur secara lahiriah ataupun batiniah.

NILAI-NILAI PANCASILA YANG BERSIFAT SUBJEKTIF) Nilai-nilai Pancasila timbul dari bangsa Indonesia sebagai hasil penilaian dan hasil pemikiran bangsa Indonesiab) Nilai-nilai Pancasila merupakan pandangan hidup, pegangan hidup, pedoman hidup, petunjuk hidup bangsa Indonesia

) Nilai-nilai Pancasila mengandung tujuh nilai kerohanian, yaitu nilai kebenaran, keadilan, kebaikan, kebijaksanaan, etis, estetis dan religius yang perwujudannya sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

NILAI-NILAI OBJEKTIF YANG TERKANDUNG DALAM PANCASILAa) Rumusan sila-sila Pancasila menunjukkan adanya sifat universal.

b) Nilai-nilai Pancasila terkait dengan hidup kemanusiaan yang mutlak (manusia dengan Tuhan, antara manusia dengan sesamanya, dan antara manusia dengan lingkungannya.

c) Pancasila dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945menurut ilmu hukum memenuhi syarat sebagai pokok kaidah negara yang fundamental, tidak dapat diabaikan oleh setiap orang atau badan. Dengan demikian nilai-nilai Pancasila akan tetap ada sepanjang masa

d) Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (yang memuat jiwa Pancasila) secara hukum tidak dapat diubah oleh siapapun termasuk MPR hasil pemilihan Umum.

e) Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945yang mengandung makna tidak dapat diubah (tetap) karena kemerdekaan (yang di dalamnya mengandung Pancasila) merupakan karunia Tuhan.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar