1

TRIK 5 Detik Libas Soal dengan CARA CEPAT materi Persamaan Garis (0)

widarso pep October 31, 2020
Cara Cepat Mengerjakan Soal Matematika [100 % BISA]

Matematika adalah pelajaran yang selalu ada di setiap sekolah mulai dari TK sampai ke perguruan tinggi dan berhubungan dengan angka sehingga ada banyak orang mempelajari cara cepat mengerjakan soal matematika. Di dalam hidup pun soal hitung menghitung selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi jika orang tidak paham dengan hitung menghitung pastinya hidupnya pun tidak akan berjalan dengan baik.

Soal matematika yang sulit dapat dikerjakan dengan cepat dan benar jika tahu cara mengerjakannya. Agar dapat menjawab dari tiap – tiap soal matematika maka Anda harus terlebih dahulu memahami soal.

“Apakah ada cara cepatnya?”

Pertanyaan semacam itu seringkali dilontarkan peserta didik kepada gurunya, terutama guru matematika.

“Cara cepat” adalah alasan utama mengapa lembaga bimbingan belajar kian menjamur di Indonesia. Memang kebanyakan itulah daya jual utama mereka. Sayangnya, tradisi ini dibawa peserta didik hingga ke sekolah.

Lebih parah lagi, banyak guru di sekolah yang menghalalkan penggunaan cara cepat. Mereka yang harusnya menjadi tameng dan mematikan maraknya penggunaan cara cepat justru memberikannya tanpa didahului pemahaman konsep dasar yang matang.

Apa, sih, sebenarnya bahaya penggunaan cara cepat? Mengapa dosen di universitas kekeuh melarang penggunaannya? Mengapa mereka rela menjelaskan panjang lebar hanya untuk mendapatkan satu rumus?

Jawabannya ada di pola pikir. Menggunakan cara cepat membuat peserta didik berpikir secara instan. Mereka tidak terlatih berpikir runut dan logis.

Seharusnya belajar matematika ibarat membaca buku cerita. Ada perkenalan tokoh berupa definisi. Kemudian pembaca dibawa mengenal latar belakang cerita berupa aksioma. Diajak menikmati konflik berupa manipulasi matematika hingga menemukan penyelesaian berupa rumus atau teorema.

Jika pada bab berikutnya dalam cerita tersebut kita menjumpai masalah yang lebih besar berupa soal, kita bisa menggunakan pelajaran berharga yang kita dapatkan dari konflik pertama. Mengerjakan soal tersebut dengan rumus atau teorema yang kita dapatkan. Yang terpenting sesuai konteks karena sudah mengenal penokohan dan latarnya.

Berbeda jika kita melompat ke masalah tanpa mengenal tokoh dan latarnya. Ibarat mencampuri urusan orang asing. Bisa saja solusinya tepat, tapi lebih sering justru menimbulkan masalah yang lebih besar.

So called “cara cepat” nyatanya hanya berlaku untuk satu jenis soal saja. Peserta didik produk pendidikan serba instan semacam ini akan tewas jika berhadapan dengan tipe soal yang berbeda, atau kebingungan membuka buku contekan untuk mencari rumus lain. Lebih parah lagi jika memaksakan rumus yang keliru pada soal tersebut. Bubrah!

Berbeda dengan peserta didik yang mengenal dasar dan alur untuk mendapatkan suatu rumus. Ia bisa menganalisis soal dengan tepat sehingga bisa memilih rumus dengan tepat pula. Mereka itulah dokter, penyembuh, pembawa keadilan, pembawa solusi bagi setiap masalah.

Mengerjakan sebuah soal matematika ternyata memiliki trik tersendiri. Meskipun soal yang tersaji cukup sederhana, namun bila kamu tak memahami bagaimana trik mengerjakan soal matematika tentu akan terasa sangat sulit.

Akan tetapi jika kamu telah memahami bagaimana mengerjakan soal dengan trik yang ada. Maka soal tersebut pun bukan menjadi masalah. Salah satu yang cukup membuat pusing dalam perhitungan matematika ialah sistem perkalian. Mungkin kamu bisa mengerjakan sistem perkalian sederhana dengan karena telah memahami dan juga mengahafal.

Semoga Bermanfaat Silahkan SUBSCRBE untuk mendapatkan Update terbaru dari Channel RUANG PINTAR

TRIK 5 Detik Libas Soal dengan CARA CEPAT materi Persamaan Garis

Part I https://youtu.be/Fq7k55M–lU

Part II https://youtu.be/U3yZH9eYFyU

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar