2

Review Morning Spirit Sekolah Al Qudwah (0)

Supadilah S.Si February 10, 2021

Pagi ini, Sabtu (16/1) sekolah Al Qudwah mengadakan Morning Spirit. Sebanyak 77 orang hadir di acara yang diadakan lewat zoom. Tema acara ini adalah Menumbuhkan Keimanan Anak.

Saya berkesempatan hadir bersama istri. Banyak hal yang disampaikan oleh pembicara yaitu KH. Samson Rahman, MA dan KH. A’la Rotbi, LC. Namun hanya beberapa yang dapat saya tulis karena saya asyik mendengarkan, dan diganggu anak yang minta ini itu. Hehe.. Dan berikut ini reviewnya.

#1 Ajarkan hal pokok daripada cabang. Pentingnya menanamkan hal pokok agar anak punya pondasi yang menjadi prinsipnya di mana pun berada.

#2 Pastikan menanamkan nilai-nilai itu dengan baik agar menjadi pondasi kuat bagi hidup anak.

#3 Para nabi pun pun diajarkan tentang tauhid dulu. Baru ibadah. Justru tauhid tak ada beban dengan penanaman tauhid. Maka demikian pula kita. harus mampu menempatkan prioritas pada yang kita ajarkan pada anak.

#4 Mendidik itu mudah. Tapi tantangannya yang berat. Tantangan kian hari kian berat. Terutama dari luar yang penuh dengan hal yang tidak bisa ditebak. mampukah kita mebesarkan anak dengan sukses? adakalanya kita bingung dengan apa yang hendak kita lakukan. Karena itu setiap hari harus kita bertambah ilmu.

#5 Ibaratnya kurma, Allah itu menanamkan biji kurma. Orang tua yang merawat biji sehingga jadi pohon kurma. Buahnya akhlak Karimah.

#6 Anak itu sebenarnya sudah jadi pohon tapi rentan mati. Maka dari itu, orang tua harus teliti merawatnya.

#7 anak-anak diajarkan nilai-nilai hingga tertanam pemahaman. Bukan sekadar tahu. Seperti begini, bukan sekedar tahu surga tapi sampai merindukan surga.

Ada empat hal yang bisa dilakukan orang tua dalam mendidik anaknya.

  1. Minta tolong kepada Allah. tantangan mendidik anak semakin hari semakin besar tantangannya. Akankah kita mengandalkan ilmu lama untuk kondisi yang baru dan tidak di prediksi? tentu tidak kan. Karena itu semakin hari seharusnya kita berminta pada Allah agar dilindungi anak kita.
  2. Minta perlindungkan kepada Allah agar anak tidak dijerumuskan setan. Setan tidak pernah diam untuk menggoda manusia. termasuk anak kita. Karena itu setiap ada kesempatan bermohonlah doa kepada Allah.
  3. Biasakanlah merancang tentang pendidikan anak dengan pasangan hidup. Mendidik anak merupakan tugas kedua orang tua. Bukan hanya tugas seorang istri saja. meski pun seorang ayah bertanggung jawab dengan mencari nafkah di rumah, seorang ayah tidak boleh lepas tanggung jawab mendidik anak.
  4. Istikamah dengan komitmen yang telah dibangun. Baik kepada Allah maupun dengan anak. Akan lebih baik jika sebuah keluarga konsisten menerapkan komitmen yang telah disepakati. Misalnya jika sebuah keluarga sudah menyepakati rapat keluarga di akhir bulan, maka nggak boleh diabaikan kesepatan ini. Harus diusakahan dilaksanakan dengan berbagai petimbangan yang ada.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar