0

Review Jurnal Pendidikan (0)

Alfina Nurcahyani March 16, 2021

Judul Artikel: Efektivitas Penggunaan Media Kartu Pantun Dalam Pembelajaran Menulis Pantun Di Kelas V Sdn Bangkingan II/442 Surabaya

Penulis: Alif Nur Faizah

Diakses dari jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Identitas Jurnal: JPGSD Volume 05 Nomor 03 Tahun 2017, 0 – 216

Isi Penelitian:

  1. Latar Belakang

Dalam pembelajaran, guru berperan penting menciptakan suasana belajar yang kondusif. Salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan memfasilitasi siswa dengan media pembelajaran yang sesuai dan mendorong minat siswa dalam belajar. Pembelajaran menulis pantun membutuhkan kreatifitas dan fokus siswa selama pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penulis menciptakan suatu media yang dapat mendorong keefektivitasan pembelajaran menulis pantun dengan media kartu pantun. Media kartu pantun digunakan selama pembelajaran menulis pantun dalam bentuk permainan. Pada permainan kartu pantun, siswa diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas menulis pantun dari pengalamannya berdasarkan tema yang telah ditentukan. Media kartu pantun tersebut juga berperan dalam proses penemuan ide menulis pantun dengan gambar yang tersedia pada kartu pantun berdasarkan tema yang ditentukan. Dalam permainan kartu pantun tersebut, bukan hanya guru yang aktif menilai siswa, melainkan siswa juga dapat diikutsertakan dalam menilai siswa lain dalam suatu kelompok. Sehingga siswa akan terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung.

  • Rumusan Masalah
  • Bagaimanakah kualitas pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media kartu pantun di kelas V SDN Bangkingan II/442 Surabaya?
  • Bagaimanakah kesiapan siswa dalam pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan kartu pantun di kelas V SDN Bangkingan II/442 Surabaya?
  • Bagaimanakah motivasi yang diberikan guru kepada siswa dalam pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media kartu pantun di kelas V SDN Bangkingan II/442 Surabaya?
  • Bagaimanakah waktu dalam dalam pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan kartu pantun di kelas V SDN Bangkingan II/442 Surabaya?
  • Tujuan
  • Untuk mengetahui kualitas pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media kartu pantun di kelas V SDN Bangkingan II/442 Surabaya.
  • Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan kartu pantun di kelas V SDN Bangkingan II/442 Surabaya.
  • Untuk mengetahui motivasi yang diberikan guru kepada siswa dalam pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media kartu pantun di kelas V SDN Bangkingan II/442 Surabaya.
  • Untuk mengetahui waktu dalam dalam pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan kartu pantun di kelas V SDN Bangkingan II/442 Surabaya.
  • Poin-Poin Kajian Pustaka
  • Kartu Pantun yaitu media berupa lembaran kertas tebal berukuran 11 cm x 17 cm berbentuk karakter kartun yang berisi pantun lengkap, bagian pantun, sepenggal kata, dan gambar.
  • Keterampilan Menulis Pantun yaitu suatu kecakapan yang dimiliki seseorang untuk menyampaikan pesan dalam bentuk karya sastra untuk menghindari ketersinggungan dalam penyampaian pesan.
  • Efektivitas dalam Pembelajaran yaitu ukuran ketersampaian informasi yang diberikan guru pada siswa yang diukur dengan empat aspek, meliputi kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, insetif, dan waktu.
  • Metode Penelitian

Metode penelitian menggunakan metode pre-experimental design. Dengan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik hasil belajar, dan teknik angket motivasi siswa. Teknik observasi yaitu teknik pengumpulan data dengan pengamatan langsung selama proses pembelajaran dengan kartu pantun. Teknik observasi menggunakan lembar observasi sebagai instrumen penilaian. Teknik hasil belajar terdiri dari  pretest dan posttest. Pretest dan posttest berupa soal uraian terbuka mengenai penulisan pantun untuk dapat menilai kreatifitas siswa dalam penulisan pantun. Pretest dilakukan sebelum sampel mendapat perlakuan berupa pembelajaran dengan kartu pantun, sedangkan posttest dilakukan sesudah mendapatkan pembelajaran dengan kartu pantun. Teknik angket motivasi berupa kuisioner tertutup untuk mengukur motivasi siswa selama pembelajaran.

  • Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen yang tergolong dalam penelitian kuantitatif. Termasuk dalam penelitian kuantitatif karena data yang diperoleh merupakan data berupa angka, dan diolah dengan statistik.

  • Rancangan Penelitian

Dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest. Sampel diberikan pretest dan posttest berupa uraian terbuka berbobot sama yang mengukur kreatifitas siswa dalam menulis pantun.

  • Ringkasan Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest sebesar 72,31 dan hasil perolehan nilai rata-rata posttest sebesar 88,93. Dari hasil perhitungan uji beda rata-rata antara nilai pretest dan posttest menulis pantun maka Ha diterima dan H0 ditolak karena 0,000  < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu pantun efektif digunakan dalam pembelajaran menulis pantun.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar