16

Resep Tetap Muda (+5)

Bu Etna @gurutematik November 22, 2013

Selamat pagi rekan Guraru yang selalu berbahagia. Setelah dua hari saya membuka dan membaca artikel-artikel Guraru yang hebat dan luar biasa, saya berusaha untuk meningkatkan diri dengan mengaplikasikan isi artikel tersebut dalam hidup saya. Alhamdulillah, hidup ini terasa makin indah tanpa beban, tanggung jawab sebagai guru rasanya tak ada yang berat dan sulit, tabungan dana sertifikasi tak tega untuk diri sendiri, penyebaran ilmu, ide, pengalaman hidup menjadi makin mudah. Allahu Akbar.

Diantara respon yang kuberikan kepada penulis-penulis handal Guraru, ternyata bapak Urip Kalteng, memintaku untuk memberi resep tetap muda. Alhamdulillah, saya dipercaya untuk menyebar luaskan resep hidup saya yang sederhana ini. Resep pertama yang kutulis melalui respon pada artikel pak Urip telah saya cantumkan di bawah ini. Insya Allah bermanfaat juga bagi Guraru yang lain, beserta keluarga dan masyarakat bangsa Indonesia, yang belum pernah melakukan seperti apa yang saya lakukan. Dengan cara tersebut, Alhamdulillah, saya tak pernah memakai bedak, lipstik, pensil alis, parfum dll.


Avatar of Urip Kalteng

Tahun 73 saya baru umur setahun Bunda :D  Jangan lupa request saya, tips awet mudah sebagai guru kimia itu

Urip KaltengKomentar pada November 21, 2013 10:44 am

 

Avatar of Subhan

He he he Pak Urip minta resep awet muda, muda gak bisa awet pak… tapi kalau tampak muda pak Urip sudah benar melakukan langkahnya… ceria, suka sedekah artikel dan cerita-cerita yang menyegarkan orang lain sebagaimana yang telah dilakukan Bunda Etna Rufiati itu… he he he semoga terus tampak muda baik teksturnya maupun semangatnya

SubhanKomentar pada November 21, 2013 3:11 pm

 

Avatar of Etna Rufiati

Hahaha, bagaimana ini pak Subhan, pak Urip ingin tetap muda kan? Bukan tampaknya saja yg muda pak. Nah daripada ditagih terus, saya jadi kepikiran donk. Nih paket resep pertamanya.

Guru kimia handalan bangsa harus dapat memanfaatkan kimianya, paling tidak untuk tetap muda jasmani rohani agar dapat diteladani oleh yang lain. Seperti yang kutulis di blog pribadi dan beberapa sdh kushare di sini, Aktifkan seluruh panca indra, aktifkan pula indra ke 6, untuk pertama kali duduk sila, kaki kanan menumpang kaki kiri, pejamkan mata, pusatkan pikiran dan perasaan ke hati sanubari, Kalbu, tenang, duduk tegap dan rileks, fokus, bersihkan Kalbu, kosongkan pikiran dan perasaan, doa, atur nafas segi 3 dengan hidung, tarik nafas pelan, hentikan sejenak, hembuskan pelan. Terus lakukan sambil doa. Berhenti sebelum terasa capek. Ambil air minum di gelas yang bersih dan transparan, tataplah air itu, doa, minum 3 teguk, atur lagi nafas segi 3.

Lakukan cara di atas secara rutin, Insya Allah seluruh otak besar kiri dan kanan, serta otak kecil terlatih terus. Senyum penuh kasih sayang akan terus menghiasi perilaku kita, otomatis pola hidup menjadi bagus, termasuk bicara teratur, sopan santun, pola makan bagus, Insya Allah tak pernah sakit apapun.

Nah tuh resepnya pak, banyak testimoninya, murid tak ada yang sampai remidi, kimia UN juga dapat terprediksi 95%, selalu ada nilai 100, nilai terbawah di kelas kita tak pernah ada, semua 80 ke atas, anak cucu kita sukses, anak didikpun melejit, murid jadul yg sdh doktor, profesor dll mengatakan cara di atas sungguh hebat, melakukannya mudah, amin YRA.

Hehehehe, sudah ya Guraru, Insya Allah semua kita dapat tetap muda jasmani rohani, hingga mampu menjadi guru sampai akhir hayat, amin YRA. Salam perjuangan.

Etna RufiatiKomentar pada November 22, 2013 3:11 am

 


Demikianlah sharing saya pagi ini Guraru, Insya Allah bermanfaat. Salam perjuangan.Oh ya Guraru, berikan VOTE untuk penyemangat, terima kasih, Insya Allah saya jika Allah SWT mengijinkan, saya selalu setia bersama Guraru.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (16)

  1. Alhamdulillah, akhirnya keluar juga rahasianya. Benar Guraru, tahukah guraru salah satu murid terbaik Bunda Etna Rufiati ini adalah Pakar Kelapa Indonesia bernama Wisnu Gardjito pemilik perusahaan http://thegreencocoisland.net/ (thegreencocoisland.net) yang sangat mengagumi, terisnspirasi dan termotivasi ketika belajar kimia di sekolah dengan gurunya Bunda Etna Rufiati. Wisnu Gardjito (Pendidikan : 1. Insinyur Agronomi IPB tahun 1983 2. MBA Finance dari Colorado University (AS) tahun 1993 3. MBA International Management dari International University of Japan tahun 1995), Seperti apa sosok Pak Wisnu? http://www.youtube.com/watch?v=N9kdD4A6Z1I
    benar hebat kan?

  2. judul yang diberikan menarik hingga penasaran ingin tuntas membacanya… mengingat usia saya yang baru 16 tahun (pada 10 tahun yang lalu)… 🙂
    semua pasti ingin awet muda supaya tetap semangat menularkan kebaikan…
    trims bunda Etna Rufianti atas sharenya…

    [ saya tidak bisa ikut kopdar terkait dengan persiapan sidang skripsi ]

  3. Terima kasih pak Irpan atas responnya. Insya Allah bapak dan keluarga akan melakukannya, hehehe. OKlah pak, tidak apa-apa. Persiapan skripsi amat penting bagi masa depan bapak. Insya Allah bapak tetap semangat mengerjakannya, selalu sehat jasmani rohani. Selamat berkarya, salam sukses selalu.

  4. Ow..ow…ow…ternyata ehh ternyata ini tohhh…rahasianya? Pantas saja Bu Etna semangatnya tetap terjaga untuk konsiten sharing ilmu di web ini. Patut dicoba nih… buat saya & bbrp teman guru yang bbrp tahun terakhir berjuang untuk mengatur energi fisik yang ingin bugar kembali…Ijin share yah! 🙂

  5. Hehehe Insya Allah bgtlah pak Taufik. Iya pak Kuswanto, memang meditasi. Kadang kalau ke siswa atau ibu-ibi PKK istilah meditasi terlalu keren, malah dikira ada unsur-unsur paksaan tertentu. Pada pak Tutuk, dan semuanya, silakan dishare atau disosialisasikan. Terima kasih responnya, Insya Allah bermanfaat. Salam sukses.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar