0

Resensi Buku : Ngantor Segan, Nganggur Tak Mau (0)

Elisa Kristiyanti May 4, 2021

Identitas buku

  • Judul buku : Ngantor Segan, Nganggur Tak Mau
  • Penulis : Rena Widyawinata
  • Ilustrasi : Sheanny Howanta
  • Penerbit : PT. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia
  • Tebal buku : 151 halaman
  • Tahun terbit : 2017
  • ISBN : 978-602-04-2245-9

Sinopsis buku

Buku Ngantor Segan, Nganggur Tak Mau ditulis oleh Rena Widyawinata seorang karyawan swasta di salah satu perusahaan di Jakarta dan buku ini dilengkapi dengan ilustrasi karya Sheanny Howanta. Rena Widyawinata juga berbagi informasi melalui tulisan yang ia bagikan dalam sebuah catatan di www.kompasiana.com/rennwidy. Buku ini ditulis dengan gaya bahasa anak muda, yang tidak kaku dan sangat relevan dengan kehidupan dunia perkantoran. Menceritakan bagaimana kehidupan sebagai seorang karyawan. Menyajikan sebuah bacaan ringan yang menyenangkan.

Buku ini terdiri dari beberapa bagian dengan cerita unik dari setiap bagiannya. Ada satu bagian yaitu “karena kita tidak hidup sendiri” yang dapat langsung membuat pikiran langsung membayangkan rekan kerja seperti yang digambarkan dan ternyata kita juga termasuk salah satunya hehehe….. Bagian ini menjadi refleksi tersendiri bagaimana menyikapi rekan kerja dengan sikap yang demikian dan juga merefleksi diri sendiri untuk tidak berperilaku demikian.

Buku ini menggambarkan bagaimana kondisi kehidupan sebagai seorang karyawan. Terkadang yang dibayangkan tidak seindah dikehidupan nyata, tetapi inilah realita yang harus dihadapi. Kehidupan sebagai karyawan kantor tidak selalu menyenangkan. Banyak orang dan banyak karakter yang akan ditemui dalam kehidupan dunia kerja. Mengenali rekan kerja dan pimpinan di awal menjadi seorang karyawan ternyata sebuah keterampilan yang perlu dimiliki.

Dengan bahasa yang ringan dan dilengkapi dengan ilustrasi yang lucu, menambah daya imajinasi dari pembaca untuk mengeksplore lebih jauh “dunia” seorang karyawan di kantor. Ilustrasi yang digambarkan melengkapi sajian dari pengalaman yang dituangkan dalam tulisan.

Apa yang sebenarnya kita alami di dunia kerja, bukan hanya kita yang mengalami tetapi sebenarnya banyak orang yang mengalami dan merasakan. Banyak hal yang diceritakan di buku ini yang memang sama keadaanya dengan yang ada di tempat kerja. Melihat keanehan dan keunikan dari pimpinan, rekan kerja, bahkan sampai “pemanfaatan” kantor sebagai tempat mencari jodoh.

Penutup

Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang ringan sesuai dengan penggunaan bahasa anak-anak muda masa sekarang. Menceritakan kehidupan di dunia kerja khususnya di perkantoran. Sangat direkomendasikan untuk yang baru memasuki dunia kerja karena akan sangat membantu untuk mengenali lingkungan kerja yang sesungguhnya. Untuk yang sudah memasuki dunia kerja alias sudah menjadi “tetua”, buku ini sebenarnya bisa menjadi refleksi kondisi kehidupan kantor yang sudah dijalani selama ini. Sangat menghibur dan apalagi kalau dibaca saat di kantor mungkin saat istirahat atau break, gambarannya akan semakin terpampang nyata hehehe…

Kelemahan pada buku ini terletak pada beberapa ilustrasi yang terpotong di bagian tengah jilid-an buku karena berada ada 2 halaman dan di halaman 24-25 tulisannya sangat “mepet” dengan lipatan di bagian jilid-an.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar