2

Resensi Buku : Contenplating Leadership – Pencerahan Baru untuk Mengelola Kekuasaan dan Menginvestasikan Passion (0)

Elisa Kristiyanti May 1, 2021

Identitas Buku

  • Judul buku : Contenplating Leadership – Pencerahan Baru untuk Mengelola Kekuasaan dan Menginvestasikan Passion
  • Penulis : Bambang Budijanto, Ph.D
  • Penerbit : Leadership as Discipleship
  • Tebal buku : 113 halaman
  • Tahun terbit : 2018
  • Cetakan : 1

Ringkasan Buku

Buku ini ditulis oleh Bapak Bambang Budijanto, Ph.D., beliau memperoleh gelar Ph.D. dalam bidang studi pengembangan dari University of Wales dan Oxford Centre for Mission Studies pada tahun 1997. Beliau merupakan CEO dari LAD ( Leadership as Discipleship)dan merupakan pendiri dari Pelayanan Desa Terpadu atau PESAT. Passion dan tujuan hidup beliau adalah membangkitkan pemimpin-pemimpin yang baik dan takut akan Tuhan yang selanjutnya memaksimalkan potensi dan dampak transformatif dari orang-orang miskin. Beliau juga telah menulis beberapa buku dengan tema kepemimpinan.

Buku Contenplating Leadership : Pencerahan Baru untuk Mengelola Kekuasaan dan Menginvestasikan Passion berisikan sebuah “pelajaran” dan perenungan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang memahami panggilannya. Buku ini terdiri dari 11 chapter yang dalam setiap bagian mengungkap sebuah perenungan menjadi seorang pemimpin.

Buku ini sangat menginspirasi dan meneguhkan sekali lagi untuk bagaimana menjadi seorang pemimpin yang berkenan kepada Tuhan. Pemimpin yang sepenuh hati mengikut Kristus, pemimpin yang melayani, hebat, dan memberdayakan. Kepercayaan yang diberikan oleh Tuhan menjadikan seorang pemimpin sebagai pengelola kepercayaan untuk juga dapat mempercayai orang yang dipimpin.

Tuhan mempercayakan dan percaya untuk setiap seseorang menjadi pemimpin, tetapi bagaimana menjadi seorang pempimpin yang dapat setia memelihara kepercayaan dari Tuhan tersebut.

Seringkali ketakutan dan fokus pada pribadi dan diri sendiri menjadi sebuah hambatan untuk menjadi pemimpin yang mampu memahami rencana Tuhan yang pada akhirnya akan menyerah dengan keadaan dan lari dari panggilan-Nya.

Seseorang harus meneguhkan dan menguatkan hati, meninggalkan setiap ketakutan yang membayangi dengan berpegang teguh pada janji Tuhan. Seorang pemimpin dapat mempersiapkan diri dan mempersiapkan generasi kepemimpinan kedepannya. Seorang pemimpin dapat menghidupi janji Tuhan dan merespon panggilan-Nya dengan mengubah fokus, prioritas, dan cara berpikir yang menyeluruh. Seorang pemimpin harus menjadi pemimpin yang berpikir strategis untuk tim yang dipimpinnya. Pemimpin yang menjadi pembela untuk kaum yang lemah dan terpinggirkan, memiliki hati untuk mereka dan berbaur dengan mereka.

Seorang pemimpin, hatinya harus mengarah pada Tuhan dan peduli kepada orang-orang disekelilingnya. Seorang pemimpin harus mampu mengispirasi orang lain untuk lebih banyak belajar, lebih banyak bertindak, dan menjadi lebih baik.

Tuhan melihat siapa orang yang dipercaya untuk memenuhi tugas panggilan-Nya menjadi seorang pemimpin. Tuhan yang memberikan dan orang yang terpanggil harus menggunakan kesempatan tersebut apapun kondisi dan keadaannnya. Jangan membatasi Tuhan untuk melakukan hal-hal besar.

Penutup

Buku ini mengulas sebuah perenungan menjadi seorang pemimpin dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami. Membawa kisah-kisah tokoh kempemimpinan yang ada dalam Alkitab. Memberikan penguatan untuk menerima dan memenuhi panggilan-Nya menjadi seorang pemimpin. Buku yang sangat menarik dan sangat menguatkan, terutama untuk para pemimpin muda yang mungkin baru memasuki fase untuk menduduki sebuah panggilan sebagai pemimpin. Sangat memberkati dan sangat menginspirasi. Kelemahan dari buku ini adalah tidak banyak tersedia dan hanya ada di beberapa toko buku saja.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar