0

Resensi Buku : Bisikan Perempuan dari Alam (0)

Elisa Kristiyanti May 6, 2021

Identitas buku

  • Judul buku : Bisikan Perempuan dari Alam
  • Penulis : Endang Christine Purba, Nova Maulidina Ashuri, Eka Hesdianti, Larissa Deviani Salaki, Meliza S. Worabai, Prescillia Rindang Putri, I Gusti Ayu Rai Sawitri, Revina Indra Putri
  • Penerbit : Agree Media Publishing
  • Tebal buku : 101 halaman
  • Tahun terbit : 2020
  • Cetakan : 1
  • ISBN : 978-623-93568-7-3

Sinopsis buku

Buku ini berisikan pengalaman dari para peneliti perempuan yang hebat yang mengabdikan diri untuk menjaga sumber daya alam Ibu pertiwi. Dedikasi dan perjuangan mereka sungguh luar biasa. Pengalaman mereka dituangkan dalam tulisan yang sungguh menginspirasi. Berkisah tentang pengalaman penelitian yang dilakukan oleh para penulis dalam menyelesaikan tugas akademisnya.

Sebagai seorang peneliti perempuan yang harus terjun ke lapangan dengan kondisi yang alam yang tidak bisa dipastikan menjadi sebuah pengalaman berharga dan tantangan tentunya. Salah satunya pengalaman dari salah satu penulis yang menceritakan bagaimana ia menjadi satu-satunya perempuan dalam tim penelitiannya dan menjelajah hutan di Kalimantan untuk mengamati Primata, pengalaman yang sungguh luar biasa, ada suka dan duka tetapi penulis menikmati perjalanan dan pengalamannya. Inspiratif!

Penulis menuliskan pengalaman mereka melakukan penelitian yang berkaitan dengan sumber daya alam yang ada di Nusantara. Pengalaman menjelajah daerah atau wilayah tertentu untuk penelitian mereka. Terkadang ada yang harus memasuki hutan belantara dengan perjalanan menuju lokasi penelitian yang tentunya tidak mulus alias tidak “lancar jaya”. Banyak halang rintang yang mereka temui. Namun, mereka menjalaninya dengan ikhlas dan pada akhirnya menjadi sebuah cerita yang menarik dan menginspirasi.

Pengalaman diulas dengan cerita yang menarik sehingga membawa pembaca (saya) seperti berada dalam cerita tersebut, bagaimana ketika salah satu dari penulis menceritakan sebuah insiden yang dialami saat dalam perjalanan menuju lokasi penelitiannya, ada kendala dengan sepeda motor yang tumpanginya saat melewati jalan berlumpur, tanpa sadar ikut membayangkan dan tertawa.

Selain membagikan pengalaman, di buku ini para penulis juga menyisipkan hal-hal yang memang harus dipersiapkan apabila akan melakukan penelitian yang harus terjun langsung ke lokasi (alam) dan ke tempat-tempat pedalaman yang mungkin jarang dikunjungi atau berada di pelosok negeri. Karena berada di tempat asing, para peneliti juga harus berbaur dengan masyarakat sekitar yang mungkin berbeda secara budaya dan bahasa. Keterampilan-keterampilan tertentu harus dikuasai dan persiapkan dengan matang untuk melakukan penelitian di tempat-tempat tersebut.

Penutup

Buku ini menjadi sebuah cerita ‘pertualangan”, yang menceritakan suka dan duka menjadi peneliti perempuan yang melakukan pengamatan/penelitian langsung di laboratorium alam. Membaca pengalaman para penulis membuat secara langsung seperti berada dalam cerita tersebut dan mengikuti perjalanan mereka. Buku ini dapat menjadi bacaan wajib untuk para mahasiswa/mahasiswi yang mungkin sedang bergelut dengan tugas akhir terutama mahasiswa/mahasiswi yang harus melakukan penelitian di daerah-daerah terpencil atau di alam terbuka yang mungkin jarang dikunjungi karena di buku ini memberikan beberapa tips yang dapat menjadi pedoman persiapan untuk melakukan penelitian di area/daerah tersebut. Kelemahan pada buku ini terletak pada beberapa kata yang salah ketik dan gambar/foto yang masih dicetak hitam putih sehingga ada beberapa foto/gambar yang terlihat gelap.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar