0

Resensi Buku : Arsitek Jiwa 1 (0)

Elisa Kristiyanti May 9, 2021

Identitas buku

  • Judul buku : Arsitek Jiwa 1
  • Penulis : Pdt. Dr. Stephen Tong
  • Penerbit : Momentum
  • Tebal buku : 90 halaman
  • Tahun terbit : 2020
  • ISBN : 978-602-1603-36-9

Sinopsis buku

Buku Arsitek Jiwa 1 ditulis oleh Bapak Pdt. Dr. Stephen Tong, beliau merupakan seorang penginjil dan pendiri dari gerakan Reformed Injili Indonesia, Gereja Reformed Injili Indonesia, Reformed Institute di Amerika, dan STT Reformed Injili Internasional. Selain sebagai pengajar/dosen di berbagai sekolah dan seminari baik di dalam negeri dan luar negeri. Beliau juga mendalami bidang seni diantaranya sebagai konduktor simfoni dan orkestra, selain itu beliau menjadi perancang gedung untuk pertemuan dan gereja.

Buku arsitek jiwa 1 terdiri dari 3 bagian yaitu Pentingnya Masa Kanak-Kanak, Membangun Pribadi Kristen, dan Guru Sebagai Arsitek Jiwa. Bagian pertama dalam buku ini menjelaskan bahwa anak-anak memiliki “karakter” yang dapat menjadi panutan untuk dicontoh. Menjadi seorang guru atau pendidik harus dapat mencintai anak-anak sebagaimana Tuhan Allah sangat menghargai anak-anak. Tuhan Allah sangat mencintai pendidikan, guru harus mampu melayani anak-anak sebagai jiwa yang butuh mengenal keselamatan. Mendidik anak-anak dengan iman secara benar dan baik.

Seorang guru bertugas untuk membangun dan membentuk anak-anak menjadi pribadi Kristen. Mengajar setiap murid untuk mempunyai karakter Kristen, dimana Kristus menjadi yang utama dalam hidup mereka. Pada bagian kedua dari buku ini dijelaskan empat hal yang merupakan unsur dalam pembentukkan seorang pribadi yaitu unsur hereditas, unsur tendensi, unsur lingkungan, dan unsur kebiasaan.

Di bagian terakhir dari buku yaitu bagian ketiga, menjadi sebuah pemahaman sepenuhnya untuk memahami prinsip panggilan sebagai seorang guru yaitu sebagai arsitek jiwa. Guru yang baik dapat mengenali setiap anak didiknya dan memperhatikan mereka sebagai seorang pribadi dan dapat mengidentifikasi perbedaan pada masing-masing pribadi. Dijelaskan juga dalam bagian ini adalah empat faktor penting yang harus berurutan dalam pendidikan anak, yaitu : 1). Guru sebagai pendidik; 2). Bahan pendidikan; 3). Murid sebagai penerima pendidikan; 4). Fasilitas untuk mendukung pendidikan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pendidikan anak yang diuraikan pada buku ini yang sekali dapat menjadi pedoman untuk setiap guru mengidentifikasi setiap pribadi anak didiknya, sehingga dapat melakukan tugas panggilannya sebagai seorang guru untuk membuat anak didik mendapatkan kebenaran yang sejati dan mampu hidup di dalamnya.

Melalui buku ini tugas untuk mendidik anak, baik sebagai orang tua atau sebagai guru Kristen merupakan sebuah tugas mulia yang Tuhan sudah tetapkan. Merancang jiwa-jiwa yang akan tumbuh dan menjadi generasi yang mengenal dan melakukan kebenaran Firman Tuhan. Pendidikan dapat bersinergi dengan penginjilan dan keselamatan. Guru harus banyak belajar dari pribadi seorang “anak” yang polos untuk menjadikan hidup lebih baik serta terus memperbaiki diri.

Penutup

Buku Arsitek Jiwa 1 memaparkan sebuah gambaran awal untuk memenuhi tugas panggilan sebagai arsitek jiwa. Diurai dengan gambaran yang jelas hal-hal yang harus dilakukan sebagai seorang arsitek jiwa. Walaupun terdiri dari halaman yang tidak banyak, tetapi isi dari buku ini sangat padat yang memberikan ulasan mendalam untuk memahami tugas dalam dunia pendidikan apapun peran kita, baik sebagai guru ataupun orang tua dalam membentuk jiwa.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar