2

Resensi Buku : Active Learning – 101 Cara Belajar Siswa Aktif (0)

Elisa Kristiyanti May 3, 2021

Identitas buku

  • Judul buku : Active Learning – 101 Cara Belajar Siswa Aktif
  • Penulis : Dr. Melvin L. Silberman
  • Penerbit : Nuansa Cendikia
  • Tebal buku : 301 halaman
  • Tahun terbit : 2018
  • Cetakan : XIV

Ringkasan

Buku dengan judul Active Learning – 101 Cara Belajar Siswa Aktif ditulis oleh Dr. Melvin L. Silberman yang merupakan seorang guru besar kajian psikologi pendidikan di Tempel University. Beliau spesialis dalam psikologi pengajaran dan memiliki reputasi internal dalam bidang proses belajar aktif. Beliau lulusan Brandeis University dan memiliki gelar A.M. dan Ph.D. di bidang psikologi pendidikan dari Universitas Chicago. Beliau telah menulis beberapa buku diantaranya The Psychology of Open Teaching and Learning, Real Learning, dan Experience of Schooling.

Buku ini merupakan cetakan ke XIV dengan cetakan pertama pada tahun 2004. Buku Active Learning – 101 Cara Belajar Siswa Aktif berisi tentang merancang cara belajar yang menyenangkan dan membuat siswa aktif di dalamnya. Belajar tidaklah cukup hanya dengan mendengar atau melihat sesuatu tetapi butuh suatu aktivitas yang dapat mengolah nalar siswa.

Belajar tidak hanya menghafal dan guru tidak harus memberi sesuatu kepada siswa, dalam belajar siswa mengkontruksikan apa yang mereka dengar dan lihat menjadi satu kajian yang bermakna. Guru harus mendekatkan siswa dengan materi yang akan dipelajari sebelum siswa dapat memahaminya. Bagaimana guru membangun kedekatan tersebut sehingga memunculkan ketertarikan dan keingintahuan dari siswa.

Sebuah pengajaran yang disajikan harus bersifat multisensori dan bervariasi, sesuaikan pengajaran dengan siswa masa kini. Siswa pada masa kini berada pada situasi pada sebuah pengetahuan yang luas, perubahan yang cepat, dan ketidakpastian. Hal ini memunculkan sikap defensif dari siswa. Pembelajaran diharapkan memunculkan rasa aman, salah satunya dengan pembelajaran kelompok untuk mendapatkan dukungan emosional dan intelektual. Kegiatan belajar bersama dapat memacu belajar aktif.

Muncul beberapa kekhawatiran dalam melaksanakan pembelajaran aktif, tetapi semua ada solusi atau jawaban dari beberapa kekhawatiran yang mucul dan diulas dalam buku ini. Dalam melaksanakan pembelajaran aktif perlu persiapan-persiapan terlebih dahulu dan jabarkan dengan baik dalam buku ini dengan memberikan gambaran sepuluh tata-letak untuk menyusun kelas, sepuluh metode untuk mendapatkan partisipasi kapanpun, sepuluh tugas mendapatkan mitra belajar, sepuluh pertanyaan untuk mengetahui harapan siswa, sepuluh saran untuk mengefektifkan pengajaran dengan ceramah, sepuluh strategi untuk membentuk kelompok belajar, sepuluh alternatif dalam menyeleksi ketua kelompok dan mengerjakan tugas lain, sepuluh kiat ketika memfasilitasi diskusi, sepuluh langkah dalam membantu kegiatan eksperiensial, sepuluh pilihan untuk seni peran, sepuluh penghematan waktu bila kegiatan belajar aktif menyita waktu, dan sepuluh cara penanganan ketika siswa menjadi sulit diatur.

101 cara dipaparkan dalam buku ini untuk mengelola pembelajaran aktif dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu strategi-strategi yang dapat digunakan untuk menjadikan siswa aktif sedari awal, strategi yang membantu siswa untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara aktif, serta strategi yang menjadikan belajar adalah sesuatu yang tidak terlupakan.

Penutup

Buku ini mengulas dan memberikan gambaran strategi-strategi atau cara yang dapat digunakan di dalam proses pembelajaran untuk menciptakan belajar aktif. Setiap strategi diberikan uraian singkat dengan prosedur serta variasi yang dapat dikembangkan sehingga mudah sekali untuk memahaminya. Buku ini memberikan banyak strategi untuk menciptakan pembelajaran aktif yang dapat diaplikasikan di kelas. Pembelajaran aktif menjadi sebuah kebutuhan saat ini untuk menyesuaikan kondisi belajar yang memang siswa butuhkan untuk bekal mereka di masa mendatang. Buku ini sangat membantu untuk mengembangkan ide-ide baru dalam pembelajaran aktif. Kelemahan buku ini terdapat pada beberapa kalimat hasil terjemahan yang terkadang harus dibaca dengan seksama untuk memahami maksudnya.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar