0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) : Notasi Algoritma : Variabel, Assignment, Kondisional, Loop (0)

oloan February 10, 2021

Satuan Pendidikan : SMA Negeri 13 Medan
Mata Pelajaran/Tema : Informatika / Algoritma dan Pemrograman
Kelas/Semester : X (Sepuluh) / I (Satu)
Materi Pokok : Notasi Algoritma : Variabel, Assignment, Kondisional, Loop
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 x Pertemuan)

A. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.8.1 Mengenal notasi algoritma
3.8.2 Mengenal struktur/templates program dalam bahasa yang diajarkan
3.8.3 Memahami variable,value, konstanta, ekspresi dan instruksi input/output

4.8.1. Menulis program sederhana dengan satu program utama yang memakai salah satu atau gabungan dari pengetahuan 3.8.1 sampai dengan 3.8.3.

B. Deskripsi Kompetensi yang Ingin Dicapai

Melalui kegiatan pembelajaran dan diskusi antara Guru dengan Peserta Didik menggunakan pendekatan Computational Thinking dan STEMA Informatika serta menggunakan model Fliped Classroom, Blended Learning dan Project Based Learning (PjBL), peserta didik diharapkan dapat Menulis program sederhana dengan satu program utama yang memakai salah satu atau gabungan dari pengetahuan Mengenal notasi algoritma [X_3.4.a], Mengenal struktur/ templates program dalam bahasa yang diajarkan [X_3.4.b], Memahami variabel, value, konstanta, ekspresi dan instruksi input/ output [X_3.4.c], Memahami mekanisme eksekusi kondisional dan loop [X_3.4.d], dan Memahami struktur dasar (array sederhana) [X_3.4.e], sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan prilaku disiplin, jujur, aktif, kreatif responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasama.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.1. Menjelaskan konsep logika dan algoritma komputer
3.1.2. Melakukan fungsi logika dan algoritma komputer
4.1.1. Mengoperasikan fungsi-fungsi perintah (Command)
4.1.2. Menerapkan fungsi-fungsi perintah (Command) ke dalam aplikasi komputer

D. Tujuan Pembelajaran

Melalui Diskusi Bersama antara Guru dengan Peserta Didik :
– Memahami konsep logika dan algoritma
– Memilih struktur atau templates program dalam bahasa yang diajarkan
– Memutuskan Memahami variabel, value, konstanta, ekspresi dan instruksi input/output
Melalui Demonstrasi, Peserta Didik dapat :
– Mengkontruksi fungsi-fungsi perintah (Command)
– Mendesain program sederhana memanfaatkan fungsi-fungsi perintah (Command)
– Mengembangkan fungsi-fungsi perintah (Command) ke dalam aplikasi komputer

E. Materi Pembelajaran

Standar Level :
– Konsep dasar Pemrograman Logika dan contoh aplikasinya
Sintaks : Fakta, Predikat dan Atom
Low Level :
– Semantik : Semantik Operasional, Contoh Interpreter sederhana, Semantik Deklaratif,
– Pragmatik : Logic Programming dan Software Engineering, Variabel Logika, dan Arithmetik.
High Level :
– Pemrograman Logika vs Pemrograman Fungsional.
– Prolog and logic : The logic or prolog, The Illogic or Prolog.

F. Metode Pembelajaran

Discovery Learning dipadukan dengan Project Based Learning dan Demonstrasi.

G. Alat, Media dan Sumber Belajar

Alat/Bahan :
• Spidol, papan tulis
• Laptop & LCD
• Laboratorium komputer dan Koneksi Internet
Media :
• Bahan ajar di http://classroom.google.com (smantilas account)
• Microsoft Teams sebagai media pembelajaran daring selama pandemi

H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan I (2 x 45 menit)
Langkah-Langkah Pembelajaran Waktu
1. Pendahuluan
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai proses pembelajaran 15
2. Melakukan pengkondisian
3. Melakukan budaya literasi
Menit
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5. Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
6. Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
7. Melakukan Pre test.

5 Menit

2. Kegiatan Inti

A. Pemberian rangsangan
(Stimulation); a. Guru menjelaskan konsep logika dan algoritma

95 menit
komputer
b. Guru mencontohkan / mendemonstrasikan
penerapan logika dan algoritma komputer
c. Guru menjelaskan penerapan fungsi-fungsi
perintah (Command)
d. Guru mencontohkan fungsi-fungsi perintag
(command)

B. Pernyataan/identifikasi

masalah (problem statement) Guru membuat contoh masalah untuk dibuat pemrogramannya algoritma dan menanyakan langkah-langkah proses algoritma

C. Pengumpulan data

(Data Collection) Guru memberikan kesempatan siswa untuk mencari fungsi perintah command selain yang dijelaskan oleh guru dan menerapkan pada aplikasi Guru memberikan kesempatan siswa untuk mencari fungsi perintah command selain yang dijelaskan oleh guru dan menerapkan pada aplikasi.

D. Pembuktian

(verification) Guru meminta peserta didik untuk menuliskan kegunaan fungsi command yang sudah dipraktekan

E. Menarik kesimpulan

(generalization) Guru meminta siswa untuk menjelaskan fungsi-fungsi perintah

3. Penutup (20 menit)

1. Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan dan menyebutkan macam-macam fungsi perintah (command) dan bisa menjelaskan penerapanya
2. Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3. Guru memberikan evaluasi (post test) berupa soal algoritma yang membutuhkan berpikir analisis
4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
5. Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.

H. Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar

1. Alat dan media pembelajaran : LCD, Laptop, whiteboard, bahan tayang (PPT)
2. Sumber belajar :
– Buku Modul Dasar Algoritma
I. Penilaian Hasil Belajar (PHB)
a. Teknik : Non Test dan Test
b. Bentuk :
Penilaian pengetahuan : Tes tertulis uraian
Penilaian keterampilan : Unjuk kerja

Tagged with: ,

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar