6

Rekomendasi Aplikasi untuk Edit Video Pembelajaran (0)

AfanZulkarnain January 23, 2021

Tulisan ke -40 Tahun 2021

Penulis : Moch Afan Zulkarnain

Pandemi yang membuat konsep aktivitas pembelajaran berubah dari tatap muka ke daring membuat para guru harus benar-benar putar otak untuk bagaimana caranya berhasil menyampaikan materi pelajaran. Salah satu hal yang kerap dilakukan oleh pendidik negeri ini adalah membuat video pembelajaran.

Banyak sekali manfaat video pembelajaran yang didapat baik oleh guru maupun siswa.

Manfaat Video Pembelajaran Bagi Guru

  1. Video pembelajaran dapat menjadi arsip dokumentasi materi yang diajarkan.
  2. Teknologi yang semakin canggih, membuat video pembelajaran sangat mudah dibuat bahkan hanya dengan telepon genggam.
  3. Video pembelajaran dapat diulang berapa kalipun dan itu menguntungkan guru karena tidak harus mengulang-ulang materi apabila ada siswa yang belum memahami.
  4. Video dapat diunggah diberbagai kanal media sosial sehingga dapat menjadi refrensi bagi guru-guru lain di berbagai daerah bahkan negara.
  5. Menghasilkan keuntungan pribadi bagi guru apabila diunggah di beberapa platform yang memberikan “balas jasa” bagi penggunanya.

Manfaat Video Pembelajaran Bagi Siswa

  1. Untuk mata pelajaran seperti matematika, fisika maupun kimia atau mapel apapun yang melalui proses perhitungan, video pembelajaran dapat lebih efektif membuat siswa memahami materi dan proses penyelesaian soal.
  2. Siswa dapat mengulang-ulang penjelasan dari video pembelajaran
  3. Dengan adanya video pembelajaran, siswa memperoleh intruksi yang jelas mengenai penugasan.

Menurut pendapat pribadi saya, video pembelajaran lebih efektif dibandingkan virtual meeting. Alasan mendasar adalah banyaknya kendala yang tak bisa diprediksi pada virtual meeting seperti gangguan sinyal atau kehabisan kuota data yang memungkinkan siswa akan ketinggalan pelajaran. Dengan menyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mempelajari materi secara virtual kapanpun dan dimanapun mereka berada tanpa ada waktu khusus seperti virtual meeting.

Berikut ini ada beberapa aplikasi edit video untuk pelajaran yang saya rekomendasikan untuk Bapak Ibu Guru.

Tik Tok

Aplikasi yang sedang naik daun ini memudahkan kita membuat video pembelajaran dengan efek dan filtrasi yang beragam sehingga membuat video pembelajaran kita menjadi lebih menarik. Karena merangkap sebagai sosial media memungkinkan video pembelajaran kita lebih mudah dijangkau semua kalangan apalagi siswa zaman sekarang yang mayoritas menggandrungi aplikasi tersebut. Namun, perlu diwaspadai bagi anak-anak untuk bijak dalam memilih tontonan di Tik Tok karena di aplikasi ini terlalu banyak variasi konten.

Selain itu, Tik Tok juga berpotensi menghasilkan uang bagi kita. Banyak orang sekarang yang mendapat benefit dari aktivitas unggah video mereka di Tik Tok.

Namun, yang perlu diketahui, Tik Tok sangat menyedot banyak kuota data. Sehingga kita perlu bijak dalam menggunakannya, kecuali kalau Bapak Ibu menggunakan wifi di rumah.

Inshot

Saya belakangan suka menggunakan aplikasi ini. Alasan utamanya adalah ada pilihan untuk menghapus watermark secara gratis, hanya saja kita harus menyaksikan terlebih dahulu iklan selama kurang lebih 15 detik. Inshot memiliki tampilan interface simple dan potrait, selain itu cukup mudah digunakan bagi para pemula. Kualitas gambar yang dihasilkan pun full HD. Gratis lagi. Namun bagi pengguna gratisan Inshot, fitur editingnya terbatas. Perlu untuk mendaftar premium apabila ingin mendapatkan fitru editing yang lebih menarik.

KineMaster

 KineMaster adalah salah satu aplikasi untuk profesional namun bisa juga digunakan untuk para pemula. Saya yakin banyak Bapak Ibu Guru yang menggunakannya. Salah satunya saya.

Ada banyak fitur andalan dari KineMaster . Di aplikasi ini kita dapat menggabungkan video dan beberapa layer video. Fitur lain yang menarik adalah handwriting, pengatur warna, voice over dan penyediaan greenscreen. Transisi dan efek untuk editing video pada aplikasi ini juga sangat beragam. Namun bagi pengguna gratisan, harus puas dengan watermark di ujung kanan atas video yang dihasilkan. Harus memiliki Kinemater premium agar dapat membuat video tanpa watermark.

Power Director

Saya memiliki kesan dengan aplikasi ini. Tampilannya yang landscpae membuat kita lebih mudah menggunakan fitur dan atur urutan transisi video. Efek transisinya pun beragam. Lebih futuristik, menurut saya. Selain itu Power Director dilengkapi dengan resolusi HD, real time effect, videastabilizer sampai greenscreen. Namun kita tak bisa begitu saja menghilangkan watermark. Satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah kita harus membeli versi premium. Selain itu, kekurangan aplikasi ini adalah terlalu berat untuk smartphone.

Bagaimana, apakah anda pengguna dari keempat aplikasi tersebut? Atau anda menggunakan aplikasi lain yang menurut anda lebih nyaman? Apapun aplikasinya, mari terus berkarya. Video pembelajaran adalah bentuk karya seorang guru bagi siswanya. Salam Semangat untuk para Penggiat Pendidikan!

tampilan Inshot saat saya membuat video pembelajarn tentang Pendidikan Lingkungan Hidup

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar