10

Rekan Guraruers yang Mau Mengajar Bahasa Inggris di SD…. (+4)

Botaksakti September 20, 2013

Maafkan sebelumnya. Saya menulis ini karena sepertinya postingan Anda tidak bisa dibuka. Barangkali Anda lupa menuliskan judul pada jendela title di kolom posting.

Begini, kalau tidak salah di SD itu bahasa Inggris masih menjadi pelajaran tambahan(?). Meski demikian, itu tetap saja penting karena konon anak masih di usia emas untuk mengenal kosa kata. Untuk itu, ada baiknya bila Anda mulai dengan mengenalkan kosa kata sebanyak mungkin. Mulailah dengan kosa kata yang lekat dengan keseharian mereka, anak-anak SD itu.

Bisa juga Anda memulai dengan mengajak mereka menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris yang sederhana. Pilih yang syairnya pendek-pendek saja. Atau bisa juga Anda mentranslate lagu-lagu anak-anak Indonesia yang sudah lekat di benak siswa, misalnya ‘Balonku Ada Lima’ ke dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, anak-anak akan dengan mudah mengasosiasikan kata bahasa Inggris dengan terjemahan dalam bahasa Indonesianya.

Akan tetapi, saya yakin, Anda lebih tahu soal itu. Mungkin yang Anda perlukan adalah bagaimana memulai tugas mengajar Anda.

Nah, anak SD, bagaimana pun juga masih sangat anak-anak. Perkaya diri Anda dengan permainan. Bisa saja misalnya Anda bawa boneka tangan ke dalam kelas. Mainkan boneka itu untuk berinteraksi dengan anak-anak. Hidupkan kelas dengan kelucuan-kelucuan Anda melalui boneka itu. Niscaya, anak-anak akan segera tertarik dan lengket dengan Anda. Dengan cara ini, insyaallah kesan guru bahasa Inggris angker akan hilang dari benak anak-anak.

Mungkin belum membantu, tetapi setidaknya ini akan membuka jalan untuk rekan guraruers lain yang lebih tahu untuk segera turun tangan. Salam!

 

Comments (10)

  1. Terimakasih pak Botaksakti atas sharingnya. Kalau anakku juga sudah diajarin bahasa Inggris sedikit demi sedikit oleh mamahnya walau usianya baru 3 tahun lebih. Sudah dilatih keberanian untuk tampil dan berinteraksi dengan orang lain dengan sekolah belajar Al Qur’an dan MacKid seperti menyanyi dan berhitung.

    Salam hormat,

  2. Ini maksudnya komentar atas postingan lain atau bagaimana ya, pak? Saya jd bingung. Hehe..

    Yep, betul banget. Utk English for Young Learners (EYL) pastinya metode belajar/mengajar disesuaikan dgn usia & psikologi anak didik. Penggunaan game & tidak terlalu menitikberatkan pd grammar salah satu contohnya.

    Utk guru bahasa Inggris yg ingin belajar bersama dgn guru-guru lain di Facebook, bisa bergabung dgn Indonesian English Teachers’ Club, klub non-profit utk guru-guru bahasa Inggris di Indonesia: https://www.facebook.com/groups/226896120770643/. 🙂

    Salam.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar