4

Rahasia Dua Dunia Bagian I (0)

oloan January 6, 2021

Selamat tahun baru 2021 untuk kita semua. Tidak terasa sudah hampir satu tahun penuh kita melakukan pembelajaran jarak jauh atau distance learning agar proses pembelajaran tetap berjalan di masa pandemi yang telah menyerang 216 negara di dunia, sehingga anak-anak kita yang kelak menjadi generasi penerus bangsa ini tetap memperoleh hak dasar mereka, yaitu hak untuk mendapatkan pendidikan.

Bagaimanapun caranya, anak-anak harus tetap memperoleh pendidikan di masa pandemi ini, sehingga kebijakan pendidikan harus disesuaikan dengan keadaan di masa pandemi, sehingga pemerintah lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan berbagai kebijakan dan inovasi, diantaranya, kebijakan belajar dari rumah dan pemberian subsidi kuota internet untuk belajar dari rumah.

Memang tidak dapat dihindari dan dipungkiri, pandemi ini menjadikan kita harus menemukan cara dan solusi agar tetap terjalin komunikasi dan pembelajaran walau tidak tatap muka. Dengan segala kekurangannya, pembelajaran jarak jauh menjadi solusi terbaik dan program-program pemerintah, lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar guru tetap produktif, diantaranya adalah lewat program guru belajar.

Salah satu program seri guru belajar yang masih saya ikuti adalah seri Pendidikan Keterampilan Hidup, dimana disini kita para guru yang ikut program ini diajarkan bagaimana kita mempersiapkan diri dalam mengajar tentang Pendidikan Keterampilan Hidup bagi anak-anak kita sebagai bekal mereka di masa yang akan datang atau dalam menghadapi hidup ini agar lebih baik dan berkualitas.

Saya kebetulan mengambil gelombang I dan ditempatkan di kelas C yang memulai pelatihannya mulai dari tanggal 04 Januari 2021 sampai dengan Minggu tanggal 24 Januari 2021.

Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) mendukung remaja untuk mengembangkan dan menggunakan berbagai keterampilan sesuai dengan konteks individu mereka. Dalam kurikulum PKH ini terdapat 22 pertemuan dengan tema-tema yang perlu diketahui oleh para siswa-siswi Anda sehingga dapat membentuk mereka menjadi remaja yang sehat dan bahagia.

Dalam setiap pertemuan tersebut, Anda diharapkan mampu memfasilitasi siswa-siswi Anda dalam menggunakan keterampilan hidup untuk menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari, seperti menjalin hubungan sosial, menyelesaikan masalah, mengelola risiko, membuat keputusan, dan bekerjasama dengan orang lain.

Demikianlah pembukaan dari konten pelatihan ini. Ada lima modul yang harus kita selesaikan dengan sub-sub modul yang harus kita pelajari secara perlahan-lahan. Namun, sebelum kita memasuki modul-modul tersebut, kita dihadapkan pada Pre Asessment atau lazim pretes. Lalu ada Pengantar Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH). Sesudah itu modul 1 Mengenal Diri sendiri dengan tujuh topik.

Lalu ada modul 2 Membentuk Kebiasaan Sehat dengan judul Rahasia Dua Dunia. Dalam modul ini apa yang sangat penting diketahui oleh anak-anak kita, terutama kaum remaja tanah air, seperti masa pubertas, masa dimana anak-anak kita yang akan menginjak masa remaja, mengenal apa yang namanya pergaulan, coba-coba akan hal-hal negatif seperti coba-coba merokok, dan lain sebagainya.

Apa itu Rahasia Dua Dunia? Mari kita simak di pertemuan selanjutnya…

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar