6

Quipper School Wujudkan Madrasah Jadi Kampus Online (+6)

susantochimi May 11, 2015

Kab. Banyuwangi – Jawa Timur. Tepat 28 April 2015 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pesanggaran Banyuwani Menunjukan Langkah serius untuk mewujudkan cita-cita menjadi Mercusuar. MAN Pesanggaran yang berdiri tahun 1997 ini mulai menunjukkan kelasnya menjadi madrasah penuh prestasi dan inovasi. Ini ditunjukan dengan adanya perhelatan kompetisi PORPROV JATIM 2015 dan MTQ yang ada dilaksanakan di Banyuwangi, beberepa atlit dan dan delegasi MTQ merupakan siswa/i MAN Pesanggaran. Sebut saja atlit Panjat dinding, 2 siswa Madrasah ini menjadi andalan banyuwangi untuk medapat juara. Dan pada Khafilah MTQ siswa-siswi madrasah ini mendapat bagian mewakili di bidang Fahmil Qur’an mulai dari 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz.

Inovasi di bidang Pembelajaran menjadi pilihan madrasah ini untuk menjadi unggul dibandingkan dengan madrasah ataupun dengan seklah yang lain. Diawali Sejak 2 tahun yang lalu Madrasah ini mulai mengenalkan Pembelajaran Online dalam kegiatan pembelajaran, sampai pada akhirnya menemukan aplikasi pembelajarn online yang mudah dipelajari dan diterapkan dalam pembelajaran. Aplikasi Pembelajaran online Quipperschool mulai dikenalkan Susanto, S.Pd. selaku Waka Kurikulum di madrasah ini pada pertengahan Februari dengan menerapkannya pada bidang studi yang di ampunya. Merasa yakin dan dapat dilaksanakan di madrasah ini, tepat jam 10.00 WIB Hari Selasa 28 April 2015 disela-sela kegiatan pembelajaran mulai mengenalkan dan Mengajari guru-guru untuk menggunakan aplikasi ini dalam pembelajaran.

Dalam pengenalan awal ini tercatat lebih dari 12 guru sudah memulai menggunakan aplikasi Quipperschool dalam Pembelajaran. Selanjutnya secara bertahap sebelum akhir tahun ajaran ini berakhir di targetkan seluruh guru dapat menggunakan aplikasi ini dalam pembelajaran. Dalam sosialisasi yang dilaksanakan hari ini banyak fakta unik dan luar biasa yang terungkap diantaranya ; seperti yang terjadi pada Drs. Mungat. Guru Fikih yang setahun sebelumnya bertugas di MTsN Srono dan Sekarang bertugas di MAN Pesanggaran Sangat antusias mengikuti dan mempelajari Quipper School. Meskipun dalam Aplikasi quipperschool tidak disediakan paket materi pelajaran di Madrasah khususnya materi Fikih, dalam kesempatan ini Drs. Muat mampu membuat 5 soal untuk bidang Fikih kelas X dan telah di publikasikan. Lain Halnya dengan Ahmad Mahmudi, S.Pd Guru Biologi yang telah mengajar dimadrasah ini lebih dari 12 tahun, merasa mendapat inspirasi baru untuk pembelajaran yang akan dilaksanakannya. Pada kesempatan yang sama Guru Penjaskes Okdiandra Agung W, S.Pd juga merasa menemukan solusi dan alternatif untuk memberikan materi kepada siswa tanpa harus mengurangi jam tatap muka untuk praktek olahraga (Penjaskes) dilapangan.

Dalam akhir pertemuan semua guru yang hadir dalam sosialisasi quipperschool mengharapkan ada tindak lanjut dan pertemuan rutin untuk evaluasi menjadi lebih baik. (Susantochimi)

 

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar